Peugeot 505 GR & GTi

Peugeot 505

Peugeot 505 merupakan large family sedan yang dibuat untuk menggantikan Peugeot 504. Walaupun dibuat untuk menggantikan Peugeot 504, namun mobil ini masih dijual bersamaan dengan Peugeot 504 sampai tahun 1983. Di Perancis, mobil ini sudah dijual sejak 1979 dan baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1981. Desain mobil ini masih ditangani oleh rumah desain Pininfarina yang juga membuat desain untuk 504 sebelumnya. Karena itulah sepintas desain kedua mobil ini masih mempunyai kemiripan.


Pada awalnya mesin yang digunakan mobil ini masih sama dengan Peugeot 504, yaitu PSA Peugeot Citroen XN1A. Mesin ini masih mengandalkan teknologi overhead valve 2 valve per silinder dengan penyuplai bahan bakar berupa karburator. Kapasitas mesinnya juga masih 1971cc yang berarti bagian dalamnya masih sama dengan 504. Sekitar tahun 1987 muncul pilihan mesin baru untuk Peugeot 505 dengan badge GTi. Mesin yang digunakan untuk versi GTi ini adalah PSA Peugeot Citroen ZDJL yang selangkah lebih maju dibanding mesin XN1A. Mesin 2165cc ini memakai teknologi OHC 8 valve dengan penyuplai bahan bakar injeksi L-Jetronic. Untuk penyaluran daya dari mesin ke roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan yang kemudian diganti dengan 5 percepatan. Pilihan transmisi otomatis sudah tersedia dengan transmisi otomatis 3 percepatan untuk tipe GR dan 4 percepatan untuk tipe GTi.

Pertama kali keluar, Peugeot 505 hanya hadir dalam tipe GR dengan ciri berupa interior berwarna coklat, jok bahan fabrik dengan anyaman seperti karung beras, dashboard berukuran kecil, antena berada di luar sebelah samping, transmisi manual 4 percepatan, dan rem depan cakram sedang belakangnya masih teromol. Model ini beredar antara tahun 1981 sampai 1984. Tahun 1984 sampai 1985 terdapat tambahan berupa transmisi manual 5 percepatan dengan perlengkapan lainnya masih sama.


Tahun 1985 akhir, muncul versi facelift dari Peugeot 505. Versi facelift ini kemudian dikenal dengan sebutan paus mungkin karena bentuk depannya yang besar menyerupai kepala ikan paus. Perbedaan dengan versi sebelum facelift ada pada side lamp didekat bumper depan dan belakang yang kini bentuknya lebih besar karena tebal. Versi tahun 1986 sampai 1988 kembali berubah pada bagian interiornya yang kini berwarna coklat dipadukan dengan warna biru dan abu-abu. Bagian joknya kini menggunakan suede dan dashboard membengkak seperti model GTi. Pada varian terakhir ini sudah dilengkapi dengan berbagai piranti elektronik seperti power window. Posisi antena sudah berubah ketengah dan kini tersedia varian otomatis 3 percepatan.

Pada tahun 1987 muncul varian lain selain GR dengan nama GTi. Berbeda dengan versi GR yang memakai mesin 2000cc, versi GTi ini menggunakan mesin bertajuk Douvrin ZDJL berkapasitas 2200cc. Tenaga maksimumnya mencapai 128Hp pada 5750Rpm dan torsi 188Nm pada 4250Rpm. Transmisi yang digunakan adalah manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Untuk fiturnya mirip dengan Peugeot 505 GR hanya saja ada tambahan berupa electric mirror dan adjusted headrest pada tahun 1988. Selain itu, rem belakang mobil ini sudah menganut model cakram seperti bagian depannya, spoiler depan, spoiler belakang, ducktail, foglamp belakang sampai LSD (Limited Slip Differential).


Selain sedan yang terbagi menjadi tipe GR dan GTi, sebenarnya masih ada tipe station wagon 5 pintu. Namun karena ATPM hanya menjual versi sedannya, versi station wagon tergolong sangat langka di jalanan Indonesia. Kebanyakan versi wagon dan pikap masuk melalui kedutaan asing yang berada di Indonesia. Selain itu, pilihan mesinnya juga sebetulnya banyak, namun lagi-lagi karena mementingkan reliability mesin yang dipakai masih sama dengan Peugeot 504 yang menjadi populer di Afrika.

Terlahir sebagai mobil kelas menengah keatas, tidak membuat Peugeot 505 ini menjadi mobil yang terlupakan begitu saja. Mobil ini malah termasuk Peugeot yang paling laris penjualannya. Kelebihan mobil ini ada pada kenyamanannya yang lebih yang jamak ditemukan pada mobil kelas menengah keatas yang lebih mahal. Desain ala Pininfarina membuat mobil ini tetap terlihat cantik walaupun usianya sudah menginjak 30an tahun. Fitur-fiturnya seperti power steering kalau masih berjalan akan sangat lengkap walaupun harga mobil ini hanya seharga motor bebek metik baru. Urusan sparepartnya juga masih lumayan banyak dibanding mobil Eropa lainnya. Kelemahannya untuk versi GTi ada pada kelistrikannya. Belum lagi karena harganya hancur, banyak yang kondisinya kurang bahkan tidak terawat yang membuatnya rentan rusak.

Spesifikasi Peugeot 505 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Peugeot 505
Jenis Sedan
Tipe 505
Mesin XN1A 2000cc (GR)
Douvrin ZDJL 2200cc (GTi)
Bore X Stroke 88.0 X 81.0 mm
88.0 X 89.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator (GR)
Injeksi L Jetronic (GTi)
Transmisi Manual 4 Speed (GR lama)
Manual 5 Speed
Otomatis 3 Speed (GR Paus)
Otomatis 4 Speed (GTi)
Wheelbase 2.743 mm
Panjang 4.579 mm
Lebar 1.737 mm
Tinggi 1.424 mm


Comments

  1. Pak Suryo posisi di Kota Jogja menjual Peugeout 504 tahun 1980, surat2 lengkap, pajak hidup, kabin plafon kulit merah. kondisi mantap. Harga nego 50jt Yang berminat serius dapat menghubungi WA 087705343051

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf ni saya masih awam saya punya 505 manual gan tau tipenya, bingung saya mau ganti oli dr mana ya, masukin olinuy, mohon pencerahannya para senior Peugeot, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Saya baru punya 505 gti, bagaimana mengatasi pompa bensin yg sering trouble?terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aplikasikan mobil sejenis atau pompa injeksi pakai mitsubishi eterna..sedikit perubahan untuk pemasangannya

      Delete
    2. Coba deh isi bensinnya , selalu dari full, lalu 3/4 turun isi lagi sd penuh... begitu seterusnya.. In Syaa Allah awet Mbak Leny fuelpumpnya.. juga, sering2 dibawa jalan atau dihidupkan setiap hari min 5 menit juga membantu...

      Delete

Post a Comment