Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13

Nissan Sentra Genesis B13

Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13 adalah sedan konpak yang dibuat Nissan untuk menggantikan generasi Sunny/Sentra B12 yang serba mengotak. Desain B13 ini cukup kontroversial karena pada jaman itu orang suka akan desain pipih membulat sementara Nissan masih mempertahankan desain agak mengotak Sunny B12. Di Meksiko sana, mobil ini bahkan masih diproduksi sampai tahun 2017 tanpa ada ubahan berarti dengan nama Nissan Tsuru dan tetap menjadi favorit disana.

Berbeda dengan wilayah lain di berbagai penjuru dunia dimana Nissan hanya menggunakan salah satu nama antara Sunny atau Sentra untuk mobil sedannya ini. Di Indonesia Nissan Sunny dan Sentra dijual bersamaan dengan perbedaan utama Nissan Sunny dipakai untuk armada taksi sementara Nissan Sentra untuk pribadi. Nissan Sentra dijual mulai akhir 1990 sampai sekitar 1995 sementara Nissan Sunny dijual oleh ATPMnya antara 1995 sampai 1997 untuk armada taksi. Trim level yang masuk masing-masing hanya satu dimana Nissan Sentra dijual dalam tipe SGX sementara Sunny dijual dalam tipe E yang merupakan tipe terendah dari lineup Nissan Sunny diseluruh dunia.

Karena berbeda peruntukan, fitur yang disematkan kedua mobil ini juga berbeda. Nissan Sunny yang dipakai untuk mobil taksi tidak dibekali dengan power steering dan power window dari pabriknya. Semua peralatan elektris untuk menunjang kenyamanan digantikan oleh peralatan manual. Material pembungkus jok dan doortrim menggunakan bahan kalep atau kulit sintetis dan cluster meter terasa hampa karena tidak adanya tachometer. Untuk Nissan Sentra Genesis, fiturnya lebih lengkap karena sudah ada power steering, central lock, electric mirror, tilt steering, adjuster jok depan dan power window. Bahan pelapisnya juga lebih mewah dengan material beludru. Di panel meter, terdapat tachometer disebelah speedometer yang membuatnya terasa seperti mobil sedan beneran.

Versi mewah dari Nissan Sentra generasi ini adalah Nissan Sentra Super Saloon yang muncul sekitar 1994. Sepintas, tidak ada perbedaanya dengan Nissan Sentra biasa. Namun jika dilihat dari eksteriornya, ada perbedaan berupa emblem Super Saloon, spoiler bagasi belakang serta lips bumper depan dan belakang. Sekitar 1996 atau 1997, Nissan menjual edisi perpisahan Nissan Sentra Genesis yang diberi nama Nissan Sentra Supreme Super Saloon. Perbedaanya dengan Sentra Genesis Super Saloon ada pada material interiornya yang terbuat dari kulit.

Mesin yang digunakan Nissan Sentra ini berbeda antara Sunny dengan Sentra. Nissan Sunny memakai mesin Nissan GA13DS yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1300cc dengan pasokan bahan bakar dari karburator. Sebagai mobil pribadi, Nissan Sentra memakai mesin Nissan GA16DE yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1600cc dengan injeksi elektronik. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 110Hp pada 6000Rpm dan torsi 146Nm pada 4000Rpm. Untuk menggerakkan roda depan, versi 1300cc dan 1600cc memakai transmisi manual 5 percepatan sementara khusus untuk varian 1600cc ada pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Handling mobil ini lumayan bagus untuk kelasnya. Bahkan rasanya mampu bersaing degan Civic yang terkenal akan handlingnya yang akurat. Ini mungkin dikarenakan rancangan sasisnya yang konon paling bagus diantara Nissan Sentra dan Sunny generasi lainnya karena Nissan berambisi membuat mobil homologasi reli Nissan Pulsar GTI-R yang sasisnya mirip dengan Sentra B13 serta aplikasi stabilizer berukuran besar.

Kelebihan Nissan Sunny adalah mesinnya yang badak dan cukup handal dipakai wira wiri. Untuk Nissan Sentra Genesis, mesin mobil ini terasa cukup bertenaga dibanding rivalnya saat itu karena sudah memakai mesin DOHC 16 valve sementara rivalnya masih SOHC 16 valve atau SOHC dengan 2 camshaft (twincam). Bila dirasa kurang puas, mesin SR20DE FWD masih bisa masuk kedalam engine bay mobil ini sehingga rasanya mobil ini terasa pas untuk iseng ikut balap ditunjang dengan handlingnya yang cukup mumpuni. Sayang karena image taksi membuat mobil ini berharga cukup murah dan pas untuk yang mereka yang berkantong pas-pasan namun menginginkan mobil yang cukup enak dikendarai.

Nissan Sunny B13

Kelemahan Nissan Sunny dan Sentra genesis ada pada sparepartnya yang tidak sebanyak mobil lain yang dipakai untuk taksi walau sebenarnya tidak masalah untuk jaman sekarang yang bisa berbelanja secara online. Mungkin ini dikarenakan mesin DOHCnya yang terasa janggal untuk dipakai sebagai mesin mobil taksi. Harganya yang murah membuat jarang mobil ini yang masih berkondisi mulus. Desainnya bagi banyak orang juga terasa biasa saja bahkan cenderung kurang.

Spesifikasi Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13
Jenis Sedan
Tipe B13
Mesin GA13DS DOHC 1300cc
GA16DE DOHC 1600cc
Bore X Stroke 71.0 X 81.8 mm (GA13DS)
76.0 X 88.0 mm (GA16DE)
Sistem Bahan Bakar Karburator (GA13DS)
Injeksi (GA16DE)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (Sentra genesis)
Wheelbase 2.431 mm
Panjang 4.326 mm
Lebar 1.669 mm
Tinggi 1.346 mm

29 Responses to "Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13"

  1. Malahan kalo diliat, desainnya mirip mobil tahun 80-an

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena masih kelihatan ngotak ya?

      Delete
    2. Iya Mas, lebih tepatnya akhir 80-an.

      Delete
    3. diliat dari mananya gan B13 keliatan seperti tahun 80 an??

      Delete
    4. diliat dari mananya gan B13 keliatan seperti tahun 80 an??

      Delete
  2. Overall enak bgt ini mobil, smp skrng pun iseng nyoba top speed msh bs 200 kpj... posisi msn standar, handling mantap dan satu lagi parts nya murah... moga2 ada rejeki buat beli ni mobil ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul .. saya miara 2 gan ..

      Delete
    2. betul betul betul .. saya miara 2 gan ..

      Delete
  3. Beberapa part dari sentra Subtitusi dengan mobil apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa contoh partnya aja ke toko onderdil. ntar yang jaga/yg punya tokonya bisa kasih alternatif

      Delete
  4. Pingin tau spek yg super salon 1.8

    ReplyDelete
    Replies
    1. super saloon 1.8 maksudnya yang sentra n16 (mulai 2002-2004) kan?

      Delete
  5. pernah punya enak banget handlingnya

    ReplyDelete
  6. Kalo nissan sunny gmn enak gak.ini kebetulan di tawari ada harga murah.service nya susah apa gampang.mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. IMHO dbanding sedan taksi lain sejaman (yg sekelas tentunya) enak sunny naikannya. part so so lah kalo di kota. masih karbu juga harusnya bengkel bawah pohon bisa nanganin mesin (lain cerita kalo kaki, transmisi). saran sih join komunitas pengguna sentra/sunny biar bisa saling sharing masalah mblnya/cari part. sedan yg dipake taxi udah dipertimbangkan punya kehandalan buat dipake kasar, jadi harusnya ini mobil bukan mobil manja (kecuali udah jadi bekas mobil)...

      Delete
    2. enak murah tahan banting nih mobil om ...

      Delete
  7. Sy punya nissan sentran n16 2003, sekarang stel klep nya seperti nya sudah rusak..bunyi sdh kencang bangett..gmn perbaikinya? Sudah self adjuster ama masih manual? Mohon pencerahan..

    ReplyDelete
  8. Another vital part of the turbocharger is its oil supply tube. Both mechanics and users must be sensitive with it see more

    ReplyDelete
  9. Saya senang Mobil Nissan sentra tapi suku cadangnya bikin pusing kepala gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan tinggal di planet mana kok cari spearpart sentra susah ?? di atrium berlimpah noh .. kalau gak mampu beli yang ori beli yang bisa dikanibal aja ..

      Delete
  10. Apa mungkin Nissan ngak ingin Mobil bekasnya ngak laku dipasaran ya, suku cadang paling susah mahal banget sudah lewat tangan ke tangan, harus pesan lewAt online udah 3 bulan ngak datang2 Nissan sentra saya, saya potong2 jual rosok

    ReplyDelete
    Replies
    1. gabung club B13 aja disana banyak part part ...

      Delete
    2. gabung club B13 aja disana banyak part part ...

      Delete
  11. Sudah buru suku cadang ke mana mana ngak dapat juga jual rosok lumayan gan 1 juta sama orang madura

    ReplyDelete
  12. Wah nyesel banget saya beli Nissan suku cadang bikin mumet kepala

    ReplyDelete
  13. Terpaksa ganti mobil jepun yang suku cadangnya ada yang jual bebas dipasarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, karena dari dulu nissan diindonesia gonta ganti pemilik. taon 70an nissan (datsun) yang punya namanya indokaya nissan, cuma karena suatu masalah diproduksinya akhirnya hak kepemilikannya dipindah ke wahana wirawan (bosnya pensiunan abri (CMIIW), jaman orba bekas tni ad banyak yang jadi bos bumn) sampai orba lengser ganti jadi indomobil sampai sekarang.

      berhubung atpmnya beda, masing-masing punya catatan, stok barang, strategi jualannya, standar kompetensi mekanik, standar peralatan dll bisa aja beda. pernah dulu teman punya nissan serena 2000cc mesin SR20 saja bengkel resminya nyerah nggak bisa / mau benerin padahal mobilnya baru 10 tahun.

      tapi ya itu tantangannya punya datsun/nissan tua (yang baru macam grand livina masih aman ya). mau nggak mau kalau sudah kepepet banget bisa pakai part persamaan mobil lain atau swap.

      mobil tua kalau mau sparepartnya dijamin sama atpm (bahkan buat produksi 1/2 abad yg lalu) dan kirim rongsokan buat direstorasi atpm biar jadi baru lagi di indonesia setau saya cuma mercedes-benz dan toyota. kijang super saya dikirim ke auto 2000 kata mbak-mbak yang jaga cukup 180 juta saja buat jasa dan ganti part biar baru. mahal karena dibengkel bodi teman saya 30 juta sudah sempurna walau partnya bukan ori.

      Delete
  14. saya pemakai ini mobil sunny 96 mantan dan sentra 91 matic.selama saya pakai mobil ini aman aman aja .. service juga mudah spearpart melimpah bisa di kanibal dengan merk lain jika kantong tipis .. banyak club nya juga nissan B13 orangnya pada care kalau mobil kita bermasah ada group WA juga .. salam nissan sunny

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mastahnya datang.

      kalo di amrik, mobil fleet kayak chevy caprice atau ford crown vic (bekas taksi, polisi, fbi) lumayan diminati karena sudah terbukti badak. institusi tadi kan bli mobil juga mikirin sparepart, murahnya, iritnya, ketangguhan, sama tenaganya sama kayak perusahaan taksi disini. Jadi ya harusnya jangan gengsi naik mobil lumayan enak macam sentra/sunny walau sodaranya ada yang dijadiin taksi.

      Delete