Fiat 131 Mirafiori, CL dan Brava

Fiat 131 Mirafiori sedan

Melanjutkan apa yang dicapai Fiat 124, pada tahun 1974 Fiat memperkenalkan pengganti Fiat 124 dengan Fiat 131. Nama 131 sendiri lebih kearah kode sasis karena pada itu Fiat ingin mengganti sistem pnamaannya yang sebelumnya berupa 3 angka menjadi nama kata. Oleh karena itu, semua Fiat 131 sendiri lebih dikenal sebagai Fiat Mirafiori di Indonesia dimana nama Mirafiori berasal dari nama desa di Turin Italia sana tempat dimana Fiat 131 dibuat dan dirakit.

Di Indonesia, Fiat Mirafiori pertama kali masuk pada tahun 1977. Bentuk dari Fiat Mirafiori ini begitu kotak. Pada model pertamanya, Fiat Mirafiori memiliki lampu depan bulat dan bumper depan model USDM yang lebih panjang dibandingkan dengan bumper versi Eropa dan menjadi mobil pertama di Indonesia yang memakai bumper model demikian. Untuk versi sedan, bagasi belakangnya agak membungkuk. Model awal ini memiliki ciri berupa  bisa dikenali dari lampu belakangnya yang kecil dimana bentuk susunannya menyerupai huruf T terbalik. Hanya ada 1 varian yaitu Mirafiori Special saja yang dijual di Indonesia. Diluar sana, model awal ini dikenal juga dengan nama Series I.

Pada tahun 1979, muncul versi faceliftnya dimana ciri khasnya adalah penggunaan lampu depan kotak. Selain itu, pada bagian belakangnya berubah menjadi lampu kotak bertumpuk dimana pada bagian tengahnya diletakkan emblem Fiat 131 disebelah kiri dan Mirafiori serta tipe CL disebelah kanan. Selain itu, terdapat pula sedikit perbedaan pada bagian mesinnya. Series II ini dikenal di Indonesia sebagai Fiat 131 CL

Fiat Mirafiori estate wagon belakang

Selain sedan, PT Daha Motor selaku ATPM Fiat di Indonesia juga memasarkan Mirafiori dalam bentuk station wagon 5 pintu. Bentuknya sama persis dengan versi sedannya kecuali bagian belakangnya yang memakai lampu belakang model vertikal. Ketika Fiat Mirafiori mengalami facelift pada tahun 1979 menjadi 131 CL, Mirafiori wagon ini juga mengalami ubahan yang sama seperti sedan kecuali bagian belakangnya yang ciri paling terlihat ada pada perbedaan rumah plat nomornya.

Memasuki tahun 1983, untuk memberikan perlawanan terhadap penjualan mobil merk Jepang yang menjamur, PT Daha Motor memperkenalkan versi baru dari Fiat 131 dengan nama Fiat 131 Brava atau yang diluar sana dikenal sebagai series III. Sepintas bentuknya mirip dengan Fiat 131 CL facelift hanya saja lampu belakangnya berbeda dengan tidak lagi memakai model split melainkan kotak besar sementara emblem Fiat berada dibagian bawah lampu. Fiat Brava ini dijual bersamaan dengan Mirafiori 131 CL sampai sekitar 1985 ketika PT Daha Motor bergabung bersama Astra.

Fitur yang ditawarkan Fiat 131 Mirafiori, CL maupun Brava cukup lengkap untuk jamannya. Joknya sudah bisa diatur naik turun begitu juga setirnya. Bagian mesinnya sudah memakai electric fan untuk kipas pendingin radiatornya. Untuk keselamatan, rem bagian depan sudah cakram sementara belakangnya teromol. Selain itu kolom setirnya memakai sistem collapsable seperti mobil modern. Keempat pintunya juga sudah dilengkapi dengan child lock. Penggunaan bumper model US juga berpengaruh dimana ketika terjadi benturan ringan, per yang ada dibalik bumper menekan balik bumpernya sehingga kerusakan bisa dimimalisir.

Fiat Mirafiori sedan

Mesin yang dipakai Fiat 131 adalah mesin Fiat 131A1.000 dengan konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve berkapasitas 1600cc. Dengan karburator Weber 32 ADF, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 75Hp pada 5600Rpm. Pada Fiat 131 Brava, terdapat sedikit ubahan pada sistem klep sehingga setting klep sudah dilakukan secara otomatis. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan. Khusus untuk Fiat 131 Brava, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Di Indonesia kini populasi Mirafiori sudah cukup langka. Wajar saja karena mengutip dari buku Arsip Mobil Kita, antara 1977 hingga 1985 masa produksi Mirafiori di Indonesia hanya tercatatat 933 unit Fiat 131 Mirafiori yang terjual. Fiat Brava yang lebih baru dan dijual antara 1983 sampai 1986 hanya mencatatakan penjualan sebanyak 130 unit saja diseluruh Indonesia. Lebih langka lagi varian station wagon dimana pada jamannya, mobil sedan akan selalu lebih diminati dibandingkan estate atau wagon di Indonesia.

Spesifikasi Fiat 131 Mirafiori, CL dan Brava ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat 131 Mirafiori
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe 131
Mesin i4 SOHC 1600cc
Bore X Stroke 84.0 X 71.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Manual 5 Speed (Brava)
 
Wheelbase 2.490 mm
Panjang 4.264 mm
Lebar 1.651 mm
Tinggi 1.381 mm


Comments