Opel Kapitän P2 (1959-1963)

Opel Kapitan P2

Pada awal dekade 1960an, ekonomi Indonesia ambruk setelah nasionalisasi asset Belanda dan pembubaran beberapa kerajaan di Riau dan Kalimantan pada 1957 sampai konfrontasi Indonesia Malaysia hingga negara-negara Afrika macam Nigeria, Chad dan Kenya bisa jauh lebih kaya dibanding Indonesia. Walau rakyatnya kebanyakan melarat, namun pilihan mobil mewah bukan berarti hilang begitu saja. Jaman 60an dulu, salah satu pilihan mobil mewah untuk orang kaya adalah Opel Kapitan P2 yang muncul antara 1959 sampai 1963.

Bentuk keseluruhan Opel Kapitan terlihat mirip dengan Opel Rekord sejaman yang sama-sama memili kode sasis P2. Perbedaannya terletak pada kaca depan dimana Opel Kapitan memakai bentuk panoramic melengkung ala mobil tahun 50an dengan pillar A menjorok kedalam. Bentuk grillnya pun juga terlihat berbeda sebenarnya dengan Opel Kapitan hanya terletak dibagian depan tidak membungkus sampai mendekati rumah roda depan seperti pada Rekord. Desain grill depannya yang melebar berlapis chrome yang membuatnya terlihat mewah sekaligus sangar. Mungkin karena itulah beberapa orang jaman dulu menyebut mobil ini dengan nama Opel Sagirsi yang entah apa artinya sagirsi itu.

Mesin yang dipakai Opel Kapitan adalah mesin Opel dengan konfigurasi 6 silinder segaris OHV berkapasitas 2600cc. Mesin dengan pemasok bahan bakar karburator single ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimum 150Km/jam. Tenaga yang dihasilkan sendiri mencapai 89Hp. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang digunakan transmisi manual 3 percepatan. Meski begitu, terdapat pula opsional manual 4 percepatan dan otomatik 3 percepatan dari General Motor yang disebut Turbo Hydramatic.

Di Indonesia, mobil ini dirakit di pabrik perakitan mobil PT Gaya Motor di Tanjung Priok Jakarta. Terdapat 2 pilihan tipe yang bisa dipilih antara standard dengan deluxe dengan perbedaan pada aksesoris kelengkapan seperti AC, kulit pada atap dan jok kulit. Tidak seperti Opel Rekord yang juga tersedia dalam bentuk sedan 2 pintu, Opel Kapitan yang secara ukuran sedikit lebih besar dibandingkan Opel Rekord hanya tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu saja.

Spesifikasi Opel Kapitän P2 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Opel Kapitän P2
Jenis Sedan
Tipe P2
Mesin Inline 6 OHV 2600cc
Bore X Stroke 85.0 X 76.5 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.800 mm
Panjang 4.831 mm
Lebar 1.812 mm
Tinggi 1.512 mm


Comments

  1. Mobilnya para .Ndoro. Tuan Nyonya
    Pada jamanya
    Classik toop lah

    ReplyDelete
  2. UPS... Yang ngirim siapa ya ? Kok gak ijin... Tapi ya gakpapa... Itu punyak saya...

    ReplyDelete
  3. Mohon izin letak no rangka kapitan tahun 1961 dimna ya saya mau cek fisik tuk bayar pajak

    ReplyDelete

Post a Comment