BMW Neue Klasse Sedan

BMW Neue Klasse

Pada dasawarsa 50an, BMW saat itu hampir saja bangkrut. Untungnya, datang seorang Herbert Quandt yang berinvestasi di BMW pada akhir tahun 1959 dan mulai menggerjakan proyek yang membuat BMW bangkit dan mampu bersaing dengan pabrikan Eropa lainnya. Hal ini dilakukan dengan meluncurkan BMW Neue Klasse sedan yang biasa disebut juga BMW New Class atau BMW Kelas Baru pada tahun 1962. Kelak, mobil ini akan berkembang menjadi BMW seri 5 yang kita kenal sekarang.

Tidak seperti mobil-mobil BMW lainnya sebelum itu yang kalau mobil mewah mesinnya terlalu besar dan sudah ketinggalan jaman sementara kalau mobil murah mesinnya memakai mesin sepeda motor yang terasa kurang cocok dipakai mobil. Karena itulah Neue Klasse dirancang untuk mengisi kelas diantara kedua jenis mobil tadi. Desain mobil ini dirancang oleh oleh Fritz Fiedler sebagai kepala projek bersama dengan Eberhard Wolff yang merancang sasis, Alex von Falkenhausen yang merancang mesin dan Wilhelm Hofmeister yang merancang desain mobil dengan bentuk pilar C unik yang kelak dikenal dengan nama Hofmeister Kink.

Sesuai dengan kodenya, BMW ini memiliki pilihan mesin mulai dari 1500cc, 1600cc, 1800cc sampai 2000cc. Yang populer di Indonesia sepertinya adalah varian 1800cc. Mesin bensin 4 silinder dengan konfigurasi OHC 8 valve dan karburator ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 90Hp pada 5250Rpm dan torsi 130Nm pada 3000Rpm. Mesin yang saat itu baru dengan kode M10 ini kelak masih akan terus dipakai sampai era BMW E30 akhir 1980an. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan dan opsional otomatis 3 percepatan yang entah ada atau tidak di Indonesia.

Selain itu, ada juga varian homologasi dengan embel-embel TI (Turismo Internazionale) dibelakang seperti 1800TI dan 2000TI. Versi TI ini memiliki karburator ganda dari Solex, kompresi lebih tinggi, anti roll bar lebih kuat, rem lebih besar, gearbox Getrag 5 percepatan dan tuning dari Alpina. Juga selain sedan 4 pintu, Neue Klasse juga tersedia dalam pilihan 2 pintu yang diberi nama Neue Klasse Coupe.

Hasil dari BMW Neue Klasse ini berbuah cukup manis. BMW akhirnya berhasil membayar dividen setelah 20 tahun berturut-turut sebelumnya selalu gagal bayar kepada para pemegang sahamnya. Ini dikarenakan publik Jerman Barat yang menyukai mobil dengan suspensi depan mac pherson strut dan independen semi trailing wishbone dengan per keong dibelakang. Desain baru yang kemudian diaplikasikan menjadi BMW baru lainnya juga berpengaruh. Memang ia tidak sebesar Mercedes-Benz yang 1 tingkat diatas ukurannya namun kelegaan ruangnya dirasa cukup. Ditambah lagi, pesaing sebenarnya dari BMW Neue Klasse yaitu Borgward Isabella yang setahun sebelum peluncuran Neue Klasse tutup.

Spesifikasi BMW Neue Klasse Sedan ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi BMW Neue Klasse Sedan
Jenis Sedan
Tipe Typ 115 (1500cc)
Typ 116 (1600cc)
Typ 118 (1800cc)
Mesin M10 SOHC 1800cc (typ 118)
Bore X Stroke 84.0 X 80.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.550 mm
Panjang 4.500 mm
Lebar 1.650 mm
Tinggi 1.420 mm


Comments

  1. Wah itu foto dapat darimana Min? Itu model BMW 2000 yang langka tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto sih dri macam² sumber... ada yg foto sendiri ada yg dapet dri medsos... yg ini dri medsos kyaknya, digallery hp ga ada...

      Delete

Post a Comment