BMW Neue Klasse Sedan

BMW Neue Klasse

Pada dasawarsa 50an, BMW saat itu hampir saja bangkrut. Untungnya, datang seorang Herbert Quandt yang berinvestasi di BMW pada akhir tahun 1959 dan mulai menggerjakan proyek yang membuat BMW bangkit dan mampu bersaing dengan pabrikan Eropa lainnya dengan meluncurkan BMW Neue Klasse sedan yang biasa disebut juga BMW New Class atau BMW Kelas Baru pada tahun 1962. Kelak, mobil ini akan berkembang menjadi BMW seri 5 yang kita kenal sekarang.


Tidak seperti mobil-mobil BMW lainnya sebelum itu yang kalau mobil mewah mesinnya terlalu besar dan sudah ketinggalan jaman sementara kalau mobil murah mesinnya memakai mesin sepeda motor yang terasa kurang cocok dipakai mobil. Neue Klasse dirancang untuk mengisi kelas diantara kedua jenis mobil tadi. Desain mobil ini dirancang oleh oleh Fritz Fiedler sebagai kepala projek bersama dengan Eberhard Wolff yang merancang sasis, Alex von Falkenhausen yang merancang mesin dan Wilhelm Hofmeister yang merancang desain mobil dengan bentuk pilar C unik yang kelak dikenal dengan nama Hofmeister Kink.

Pada bagian mesinnya, BMW memasukkan mesin baru dengan kode M10 yang kelak masih akan terus dipakai sampai era BMW E30 akhir 1980an. Sesuai dengan kodenya, BMW ini memiliki pilihan mesin mulai dari 1500cc, 1600cc, 1800cc sampai 2000cc. Yang populer di Indonesia sepertinya adalah varian 1800cc. Mesin bensin 4 silinder dengan konfigurasi OHC 8 valve dan karburator ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 90Hp pada 5250Rpm dan torsi 130Nm pada 3000Rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan dan opsional otomatis 3 percepatan yang entah ada atau tidak di Indonesia.

Selain itu, ada juga varian homologasi dengan embel-embel TI (Turismo Internazionale) dibelakang seperti 1800TI dan 2000TI. Versi TI ini memiliki karburator ganda dari Solex, kompresi lebih tinggi, anti roll bar lebih kuat, rem lebih besar, gearbox Getrag 5 percepatan dan tuning dari Alpina. Juga selain sedan 4 pintu, Neue Klasse juga tersedia dalam pilihan 2 pintu yang diberi nama Neue Klasse Coupe. Di Indonesia, populasinya cukup jarang karena hanya Neue Klasse sedan 4 pintu saja yang dirakit oleh pabrik perakitan mobil Gaya Motor bersamaan dengan BMW 02.

Spesifikasi BMW Neue Klasse Sedan ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi BMW Neue Klasse Sedan
Jenis Sedan
Tipe Neue Klasse
Mesin M10 SOHC 1800cc
Bore X Stroke 84.0 X 80.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.550 mm
Panjang 4.500 mm
Lebar 1.650 mm
Tinggi 1.420 mm

2 Responses to "BMW Neue Klasse Sedan"

  1. Wah itu foto dapat darimana Min? Itu model BMW 2000 yang langka tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto sih dri macam² sumber... ada yg foto sendiri ada yg dapet dri medsos... yg ini dri medsos kyaknya, digallery hp ga ada...

      Delete