Honda Accord Elegance SM

Honda Accord SM Elegance

Setelah cukup sukses dengan Civic sampai TN, Honda kemudian mulai menjual mobil sedan yang lebih terasa seperti sedan lagi di Indonesia pada tahun 1978 dengan hadirnya Honda Accord. Sebelumnya, sedan Honda di Indonesia hanya berupa hatchback tidak berbuntut saja yang dihadirkan. Di Indonesia, Honda Accord generasi pertama dengan kode bodi SM ini memiliki julukan Accord Elegance karena stiker elegance yang berada dibelakang kaca mobil ini.

Pertama kali muncul, mobil ini memiliki ciri berupa lampu depannya yang berbentuk bulat 4. Selain itu, spion yang digunakan adalah model tanduk yang tertempel pada fender depan mobil yang hanya ada disebelah kanan saja. Dibagian belakangnya, lampu belakang berbentuk polos rata dan karet bemper belakang pendek. Model ini dijual antara 1978 sampai sekitar 1979. Pada 1979 terjadi facelift lagi yang mengubah lampu belakangnya menjadi model belimbing serta karet bemper panjang yang dijual sampai awal pertengahan 1981. Pada pertengahan 1981, muncul facelift dengan lampu depan berbentuk kotak 4 buah dan spion yang kini dipindah kepintu sama seperti mobil modern pada umumnya. Selain itu terdapat ubahan berupa lampu belakang model belimbing, karet bemper panjang serta lampu plafon yang membesar ditengah atas spion. Model ini bertahan sampai sekitar 1982 ketika Accord generasi SY muncul.


Mesin yang digunakan mobil ini masih berupa mesin 4 silinder Honda seri E tepatnya EL. Mesin dengan konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve berkapasitas 1600cc dengan karburator 2 barrel ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 78Hp pada 5000Rpm dan torsi 125Nm pada 3000Rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan. Versi transmisi otomatisnya dengan transmisi Hondamatic juga ada beberapa yang terdampar di Indonesia dengan jumlah yang sangat sedikit dan masuk melalui kedutaan asing.

Fitur yang terpasang pada mobil ini cukup standar karena di Jepang, Accord yang dipasarkan di Indonesia ini merupakan tipe terbawah dengan trim level GF. Secara fitur, mobil ini cukup standar untuk kelasnya saat itu. Power window, power steering belum tersedia. Untuk keselamatan ada sabuk pengaman 2 didepan serta rem depan sudah cakram sementara belakang teromol. Interiornya terlihat ala sedan 80an awal dengan warna coklat ditambah armrest penumpang belakang dan stir palang 4 untuk versi awal dan palang 3 untuk versi selanjutnya. Tambahan aksesorisnya mungkin hanyalah lampu sein didepan bumper.

Kelebihan dari Accord Elegance ini mungkin ada pada pengendaliannya yang presisi dan tetap nyaman khas mobil Honda mungkin juga karena pengaruh suspensi macpherson strut depan dan belakang independennya. Kelemahannya sama seperti mobil Jepang seangkatannya yang kebanyakan menyerah karena karat dan keropos. Selain itu, mencari velg juga agak susah karena mobil ini memakai PCD 4x120 yang agak jarang untuk mobil seangkatannya.

Spesifikasi Honda Accord Elegance SM ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Accord Elegance SM
Jenis Sedan
Tipe SM
Mesin EL SOHC 8 valve 1602cc
Bore X Stroke 74.0 X 93.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 4.450 mm
Lebar 1.620 mm
Tinggi 1.360 mm

4 Responses to "Honda Accord Elegance SM"

  1. Kebanyakan mobil memang PCD-nya 4x100. Makanya kalo 4x120 jarang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, cari buat daihatsu zebra (4x110) yang masih agak umum saja lumayan susah

      Delete
  2. Yang versi Hatchback bakalan dirilis juga apa nggak nih? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indo DM cuma dapet sedan, yang hatchback disini biasanya bekasnya kedubes...

      Delete