Toyota Crown S80

Toyota Crown S80

Pada tahun 1974, Toyota memperkenalkan generasi kelima dari Toyota Crown untuk menggantikan Crown generasi keempat atau yang lebih dikenal dengan nama Crown lele. Namun karena beberapa hal, mobil ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 1976. Nama Crown sendiri sudah ada sejak 1953 dan sejak itu menjadi lineup mobil paling mewah dari Toyota. Nama Crown berasal dari bahasa Inggris yang berarti mahkota yang juga membuat logo mobil ini berbentuk mahkota kerajaan.


Berbeda dengan desain Crown lele, Crown dengan kode bodi S80 ini memiliki bentuk yang mengotak dengan 4 buah lampu depan berbentuk bulat serta lampu belakangnya kotak terpisah. Sekitar tahun 1976, Toyota melakukan sedikit ubahan pada Crown dengan mengganti model grill depan yang sebelumnya memakai garis vertikal menjadi horisontal  buah dengan aksen chrome. Versi Indonesia yang baru masuk pada tahun 1976 sempat memakai model pre facelift dan baru dilakukan facelift sekitar 1978/1979. Pada bagian interiornya, mobil ini punya ciri berupa warna interior hitam coklat krem tua dengan material vinyl.


Di Indonesia, mobil ini hadir dalam 2 varian yaitu Crown Deluxe dan Crown Super Saloon yang semuanya dibuat dalam pilihan bodi sedan 4 pintu. Ini menjadikan Crown wagon seperti pada generasi lele hilang dari showroom dealer Toyota saat itu. Varian terendahnya atau Deluxe sudah dilengkapi dengan AC opsional dan radio. Varian Super Saloon sendiri jauh lebih lengkap dengan adanya tambahan jam digital, AC double blower, tachometer dan central lock. Sayangnya pada facelift 1979, varian Super Saloon ditiadakan sehingga hanya ada varian Deluxe saja di Indonesia.

Masih sama dengan Crown Lele, mobil ini memakai mesin Toyota 4M. Mesin bensin ini memiliki konfigurasi inline 6 SOHC berkapasitas 2600cc dan masih memakai karburator untuk memasukkan bahan bakar. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sampai 108Hp pada 5600Rpm dan torsi 191Nm pada 3600Rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan.

Kelebihan Toyota Crown ini adalah kemewahan fitur dan kualitas yang ditawarkan tidak kalah dengan mobil Eropa seperti Mercedes-Benz ataupun BMW pada jamannya. Kaki-kakinya terasa nyaman namun mobil ini termasuk stabil untuk ukuran sedan besar yang masih memakai sasis ladder frame seperti mobil kuno. Kelemahannya mungkin ada pada rasanya yang belum bisa semewah Mercedes karena pada saat kemunculannya mobil Jepang masih dipandang sebelah mata.

Spesifikasi Toyota Crown S80 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Crown S80
Jenis Sedan
Tipe MS80
Mesin 4M SOHC 2600cc
Bore X Stroke 75.0 X 80.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.690 mm
Panjang 4.690 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.440 mm

0 Response to "Toyota Crown S80"

Post a Comment