Nissan Stanza T11

Nissan Stanza T11

Setelah sukses dengan penjualan 710 alias Datsun Violet alias Datsun 160J, Nissan kemudian mengenalkan Stanza untuk menghadapi Toyota Corona dan Honda Accord. Berbeda dengan Stanza generasi sebelumnya yang masih menggunakan gerak roda belakang, pada generasi T11 atau generasi ketiga ini Stanza mulai menggunakan sistem gerak roda depan.


Ciri khas mobil 80an dengan body serba mengotak juga terdapat pada mobil ini. Dari luar, mobil ini terlihat kecil bahkan dibandingkan dengan Sunny dan Sentra Genesis B13 yang 1 kelas dibawah Stanza. Walau lebarnya kurang lebih sama, namun panjang mobil ini lebih bila dibandingkan dengan Sunny dan Sentra. Sepertinya di Indonesia tidak ada versi facelift dari mobil yang populasinya cukup langka ini.

Mesin yang digunakan pada mobil ini sama seperti lawan mainnya dengan mesin bensin 4 silinder SOHC berkapasitas 1600cc Nissan CA16S karburator. Mesin seri CA ini tentunya berbeda dengan mesin seri GA pada Nissan Sunny dan Sentra Genesis. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 80Hp pada 5200Rpm dan torsi 123Nm pada 3200Rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, mesin ini digabungkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Meski asalnya bersaing dikelas sedikit lebih mewah dan bersaing dengan Corona dan Accord yang cukup sukses merajai jalanan Indonesia, lain cerita dengan nasib Stanza. Mobil ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan taksi sejak pertama kalinya diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1982. Salah satu perusahaan taksi yang setia memakai Nissan Stanza ini adalah Bluebird. Total ada sekitar 5000 unit Nissan Stanza di Indonesia pada awal 80an dengan spesifikasi Jepang (JDM). Mobil ini terus dipakai menjadi mobil taksi dari Nissan sampai sekitar 1990 ketika Nissan Sunny B13 hadir untuk menggantikannya bersamaan ketika ATPM Nissan, Wahana Wirawan berada dibawah Indomobil.

Berhubung lahir sebagai sedan taksi, jangan harap ada banyak kemewahan yang ditawarkan pesaingnya seperti Corona dan Accord seangkatannya pada mobil ini. Fitur-fitur yang tersedia sama persis dengan mobil taksi pada umumnya begitu juga dengan material-material interiornya. Meski begitu, setidaknya mobil ini sudah dilengkapi dengan rem cakram depan, sabuk pengaman depan, serta tachometer.

Spesifikasi Nissan Stanza T11 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Stanza T11
Jenis Sedan
Tipe T11
Mesin CA16S SOHC 1600cc
Bore X Stroke 78.0 X 83.6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.550 mm
Panjang 4.405 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.385 mm

0 Response to "Nissan Stanza T11"

Post a Comment