Ford M151 MUTT "Jeep Utility"

Ford M151 MUTT "Jeep Utility"

Memasuki dasawarsa 50an, pemerintah Amerika Serikat mulai memikirkan pengganti M38 yang desainnya sudah dibuat sejak perang dunia kedua serta kekurangan pasokannya untuk kebutuhan perang militer Amerika. Oleh karena itu, Ford pada tahun 1951 dipercaya oleh kongress Amerika untuk membuat mobil pengganti yang kemudian populer disebut dengan nama MUTT yang konon merupakan singkatan dari Mobile Utility Tactical Truck atau Military Unit Tactical Truck. Di Indonesia sendiri mobil ini lebih populer dengan julukan Jeep Utility atau Jip Vietnam.


Sebagai kendaraan militer, bentuk bodi mobil yang sempat disuplai oleh Fruehauf dan Hunter Body Manufacturing adalah hal yang paling tidak penting disini. Ukuran mobil ini sedikit lebih besar dibandingkan M38 dengan sasis unibody dan desain yang lebih lega dibandingkan dengan pendahulunya. Desain kecil mobil ini dimaksudkan agar muat kedalam badan helikopter CH-53 heavy transport.

Ciri khas dari M151 ini terletak pada grill depannya yang dibuat horisontal berjumlah 6 karena grill vertikal berjumlah 7 telah dipatenkan oleh Willys sehingga Ford tidak bisa memakainya meski ide grill vertikal pada jip Willys MB dan Ford GPW era perang dunia kedua adalah dari Ford. Selain itu pada bagian kaki-kakinya meski masih menganut live axle seperti Willys MB dan Ford GPZ, namun sudah menganut sistem suspensi independen dengan per keong. Untuk strategi perang, pada bagian tertentu sasis mobil ini ketika diledakkan dengan TNT maka mobil menjadi tidak bisa dipakai lagi sehingga tidak bisa digunakan oleh musuh ketika ditinggalkan.

Sebagai kendaraan perang, fitur-fitur yang tersedia pada mobil ini juga bukan fitur umumnya mobil penumpang. Fitur mobil ini antara lain converter listrik DC ke AC lengkap dengan steker yang disuplai listrik 24 volt dan propeller di bagian bawah belakang mobil yang difungsikan sebagai pendorong tambahan kala menerobos banjir atau sungai. Mobil ini sudah tersedia Peralatan tambahan yang disediakan pada mobil ini antara lain sekop, selang, winch, kapak, stasiun radio mini dengan amplifier dan repeater, kompresor mandiri, alat las serta pendeteksi senjata kimia. Ini belum termasuk senjata yang ditempel pada mobil ini.

Mesin yang digunakan mobil ini masih mirip dengan mesin jip-jip perang Amerika sebelumnya dengan mesin 4 silinder segaris 2300cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 71Hp pada 4000Rpm dan torsi 174Nm pada 1800Rpm. Mesin ini dipadukan dengna transmisi manual 4 percepatan dan sebuah transfercase 1 speed untuk menyalurkan tenaga keempat rodanya. Meski kecil seperti ukuran bodinya, namun mesin ini sangat handal untuk kebutuhan perang yang mana kadang tidak ada suplai bahan bakar sehingga baik bensin, minyak kerosin sampai alkohol bisa digunakan oleh mesin ini.

MUTT pertama kali bertugas pada tahun 1959 tepatnya pada perang Vietnam yang membuatnya mendapatkan julukan jip Vietnam. Iterasi pertama yang dibuat oleh Ford memiliki nama M151A1 dan terus dipakai hingga 1969 ketika diperkenalkan varian pembaruannya yang dikenal dengan nama M151A2. Perbedaan utama antara A1 dengan A2 ada pada sistem suspensi belakangnya yang pada A1 dikritisi karena tidak aman melalui buku "Unsafe at Any Speed" karya Ralph Nader. Karena itulah di Amerika sendiri mobil ini tidak road legal karena tidak memenuhi unsur keselamatan minimum mobil jalan raya yang sebenarnya tidak perlu untuk mobil perang. Pada iterasi M151A2, selain Ford ada pula Kaiser dan AM General Corp (AMC) yang mendapat tender pembuatan mobil ini. Tugas mobil ini berakhir sekitar dasawarsa 80an ketika militer Amerika mengenalkan HMMWVE "Humvee" meski terus dipakai sampai perang teluk, perang Balkan dan Kosovo.

Di Indonesia, ketika perdagangan dengan Uni Soviet dikurangi setelah G30S PKI tahun 1965 pemerintah kemudian mulai membeli Land Rover untuk menggantikan jip GAZ 69 yang dipakai ABRI. Selain itu memasuki perang Indonesia Portugis atas Timor Timur, mobil ini masuk melalui hibah pemerintah Amerika Serikat. Total ada sekitar 49 unit saja yang dihibahkan kepada pemerintah Indonesia dan mobil ini tidak dijual bebas seperti Jeep Wilys. Tidak heran kalau kemudian harga mobil ini bisa sangat mahal bahkan mungkin untuk menurunkan harga, sempat ada hoax bahwa pemerintah Amerika Serikat akan mengambil kembali MUTT yang ada di Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Spesifikasi Ford M151 MUTT "Jeep Utility" ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford M151 MUTT "Jeep Utility"
Jenis Jip
Militer
Tipe M151A2
Mesin 4 silinder OHV 2319cc
Bore X Stroke 98.425 X 76.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.160 mm
Panjang 3.370 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.350 mm (tanpa atap)
1.800 mm (atap terpasang)

1 Response to "Ford M151 MUTT "Jeep Utility""