Calon Mobil Indonesia, Texmaco Macan / Carnesia

Texmaco Macan / Carnesia

Selain membuat truk Perkasa, Texmaco yang menjadi perusahaan induk juga membuat mobil penumpang dengan bentuk favorit rakyat Indonesia. Mobil minibus dengan kapasitas muat 7 penumpang lengkap dengan moncong yang membuat bentuknya tidak seperti roti tawar. Mobil yang dimaksud ini adalah Texmaco Macan atau Carnesia.

Bentuknya sendiri hampir bisa dibilang Toyota Kijang dengan Kia Carens melakukan cinta satu malam dan hasilnya terlihat seperti mobil ini. Bagian moncongnya tidak landai seperti Kijang namun sedikit menurun dengan bentuk lampu yang entah mengapa malah terlihat seperti Mercedes-Benz ML-Class W163 bercampur dengan Kia Carens. Baru kemudian dibagian tengah kebelakang terlihat seperti Toyota Kijang bercampur dengan Isuzu Panther. Karena pertama kali dikembangkan pada 1998, model keseluruhan mobil ini membulat khas mobil 90an akhir dan awal 2000an.

Untuk mesinnya sendiri digunakan mesin yang mirip dengan target utama pesaing mobil ini yaitu Toyota Kijang 1800cc. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder 1800cc karburator. Entah mesin ini buatan mana karena konon mesin ini merupakan buatan Perancis. Opsi lain, mobil ini sempat diisukan akan menggunakan mesin Orbital yang sama dengan mesin Maleo.

Texmaco Macan / Carnesia

Kondisi akhir, mobil ini sempat diperkenalkan dibeberapa pameran otomotif nasional seperti Jakarta Motor Show 2002 atau Gaikindo Auto Expo misalnya. Mobil ini rencanaya akan dijual dengan harga dibawah 100 juta dimana saat itu baik Toyota Kijang, Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda sudah dijual dengan harga diatas 100 juta untuk tipe terbawahnya. Meski begitu, rasanya mustahil untuk mobil ini dijual dengan harga segitu karena kandungan lokal pada Carnesia hanya berkisar antara 40% saja sementara Toyota Kijang misalnya sudah mencapai lebih dari 55%.

Nasib Texmaco juga menjadi tidak jelas setelah hutang Texmaco yang membengkak ketika krisis moneter 1998 dimana mereka berhutang menggunakan mata uang dollar yang naik secara tiba-tiba sementara pendapatannya menggunakan mata uang rupiah. Karena utang inilah meskipun truk Perkasa cukup laris dipakai kalangan sipil dan militer dikemudian hari tetap tidak bisa menyelamatkan perusahaan. Mungkin juga karena inilah finalisasi Carnesia yang tinggal sedikit lagi bisa diproduksi massal karena sudah dites beberapa jurnalis membuatnya batal dan entah bagaimana nasib prototype mobil ini. Padahal, Texmaco sendiri juga sempat sangat ambisius untuk sekalian menghidupkan kembali proyek mobil Maleo.

referensi : Gatra (http://arsip.gatra.com/2002-11-09/majalah/artikel.php?pil=23&id=36985)

Spesifikasi Carnesia / Texmaco Macan ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Carnesia / Texmaco Macan
Jenis Minibus
Tipe Carnesia
Mesin 1800cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang 4.100 mm
Lebar 1.600 mm
Tinggi 1.400 mm

Comments