Toyota Land Cruiser "Commando" FJ55

Toyota Land Cruiser "Comando" FJ55

Toyota Land Cruiser modern yang nyaman terlihat begitu berbeda dengan Toyota Land Cruiser awal yang didesain serba utilitarian. Selain itu, penggunaan sasis panjang dan meninggalkan varian sasis pendek membuat Toyota Land Cruiser terlihat seakan-akan merupakan model yang berbeda jauh dibandingkan varian originalnya. Semua hal itu terjadi dengan diperkenalkannya Toyota Land Cruiser FJ55 atau yang biasa dikenal dengan nama Commando di Indonesia. Land Cruiser Commando ini dijual antara 1967 hingga 1980 di Jepang bersamaan dengan Land Cruiser FJ40.

Diluar sana, mobil ini lebih dikenal dengan julukan "Iron Pig" (babi besi) karena bentuk muka depannya yang mirip moncong babi. Di Indonesia sendiri, mobil ini lebih dikenal dengan nama Toyota Land Cruiser Commando (Komando). Diberi nama demikian karena bentuk pintu belakangnya yang memakai model bukaan setengah-setengah seperti mobil angkut personel militer begitu juga bentuk bangku belakangnya yang didesain berhadapan agar tentara bisa keluar dengan cepat. Bahkan karena itulah muncul Toyota Kijang karoseri dengan bentuk belakang yang mirip Land Cruiser Commando ini dengan nama Kijang Comando.

Mulai Land Cruiser seri 50 ini, Toyota Land Cruiser dibagi menjadi 2 bagian yaitu Land Cruiser untuk kebutuhan off road murni yang serba utilitarian dan spartan melalui Land Cruiser seri 40 dan Toyota Land Cruiser yang beradab dan nyaman pada seri 50. Desainnya sendiri masih mirip dengan FJ45 Kayami yang diperhalus agar terlihat lebih rapi sehingga cocok untuk digunakan sebagai mobil penumpang. Berhubung ia diciptakan sebagai mobil penumpang sebagai fokus utama, Land Cruiser FJ 55 Commando hanya tersedia dalam bentuk sasis panjang 7 penumpang. Di Indonesia, bentuk pintu belakangnya hanya tersedia model belah tengah vertikal yang mirip dengan ambulans jadul atau FJ45 Kayami.

Mesin yang digunakan masih sama dengan FJ40 alias hardtop pra 1975 dengan mesin Toyota F atau yang bisa juga disebut 1F. Mesin ini memiliki konfigurasi 6 silinder segaris OHV berkapasitas 3900cc dan pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dihasilkan sebesar 125Hp pada 2000Rpm dan torsi 289Nm pada 2000Rpm. Untuk menggerakkan roda belakang digunakan transmisi manual 4 percepatan serta transfercase 2 percepatan untuk menggerakkan roda depan.

Selain itu sebenarnya Land Crusier FJ55 ini punya pilihan bodi maupun mesin lainnya. Selain pilihan bodi dengan pintu belakang belah tengah, terdapat juga pilihan dengan pintu belakang model bukaan kebawah dengan jendela belakang yang bisa dibuka melalui power window mirip station wagon jaman 60an. Pilihan mesinnya juga berganti pada tahun 1976 dengan mesin 2F 4200cc yang sama dengan mesin Land Crusier FJ40 bensin terakhir di Indonesia. Varian dengan mesin 2F ini di Jepang disebut dengan FJ56 sementara dinegara lainnya tetap FJ55. Meski begitu sayangnya varian yang bermesin 4200cc maupun pintu belakang bukaan kebawah sepertinya tidak ada yang masuk ke Indonesia.

Sebagai mobil yang didesain untuk mobil penumpang dengan tambahan kemampuan off road, beberapa fitur untuk mobil penumpang hadir dalam mobil ini. Jok penumpang tengah dan depannya terdapat per untuk memberikan kenyamanan lebih dan jok tengahnya bisa dilipat maju untuk memberikan ruang bagasi lebih luas. Konsol meternya lengkap meski hanya tersedia speedometer, odometer, amp meter, indikator suhu mesin, tekanan oli, indikator bensin, lampu sein dan lampu jauh. Lainnya standar dengan tambahan ventilasi saja.

Land Cruiser Commando ini masuk sekitar 1971 atau 1972 sebagai hibah pemerintah Australia dengan warna putih dan two tone antara merah dan biru yang juga memberikan hibah Land Rover. Land Cruiser Commando saat itu banyak digunakan kementerian seperti kementerian pertanian, kehutanan, pekerjaan umum bahkan pendidikan dan TNI sebagai kendaraan survey dan tugas lapangan. Tidak seperti seri 40 yang dijual resmi oleh Toyota Astra Motor, seri 50 ini hanya masuk melalui hibah pemerintahan saja sehingga populasinya cukup langka. Tidak heran kalau kemudian harganya cukup mahal sama gilanya dengan Toyota Land Cruiser BJ40.

Spesifikasi Toyota Land Cruiser "Commando" FJ55 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Land Cruiser "Commando" FJ55
Jenis Jip
Tipe FJ55
Mesin F OHV 3878cc
Bore X Stroke 90.0 X 102.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.700 mm
Panjang 4.675 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.865 mm


Comments