Toyota Land Cruiser GX, VX, dan VXR J80

Toyota Land Cruiser VX turbo J80

Setelah absen sekitar 10 tahun, Toyota Astra Motor kembali menjual Toyota Land Cruiser pada 1995 setelah diperbolehkannya impor kendaraan secara CBU dengan kuota terbatas serta pajak impor sebesar 200% dari nilai jual yang berlaku mulai 1992. Tidak seperti generasi Hartop atau J40 yang sangat spartan, Land Cruiser J80 ini meneruskan seri nyaman dari Land Cruiser melompati generasi J50 yanf dikenal sebagai Land Cruiser Commando serta Land Cruiser J60.

Terlahir sebagai Toyota Land Cruiser yang berorientasi terhadap kenyamanan penumpang, Land Cruiser ini memiliki bentuk yang lebih humanis meninggalkan kesan spartan generasi sebelumnya. Desainnya juga lebih modern dibandingkan pesaingnya seperti Mitsubishi Pajero dan Nissan Patrol dengan tidak memasang ban cadangan dipintu belakang. Bodi yang membulat dengan lampu depan menyipit khas 90an meninggalkan gaya kotak besar pada Land Crusier sebelumnya. Meskipun hadir di Indonesia pada pertengahan 90an, namun sebenarnya Land Cruiser J80 ini sudah ada di Jepang sejak 1989 dan dijual hingga 2000. Pilihan bodinya sendiri hanya ada SUV 5 pintu karena varian short wheel base 3 pintu hanya ada untuk Land Cruiser dengan orientasi off road seperti J40 yang dikenal di Indonesia sebagai Hardtop serta J70 atau yang dikenal dengan nama Bundera.

Secara umum, ada 4 tipe yang dijual di Indonesia saat itu. Perbedaan antara tipe Land Cruiser ini antara lain Land Cruiser VX memakai transmisi manual 5 percepatan, velg kaleng untuk tahun awal sampai sekitar 1996, dan beberapa amenitas. Tipe kedua adalah Land Cruiser VX-R yang merupakan Land Cruiser VX hanya saja memakai transmisi otomatik 4 percepatan dan semuanya menggunakan velg alloy. Tipe yang cukup terbatas adalah Land Cruiser VX Limited dimana ia sama saja dengan Land Cruiser VX-R hanya saja memakai mesin yang berbeda dan lebih bertenaga.

Tipe terakhir dari Land Cruiser ini adalah Land Crusier GX atau standar. Ciri khasnya adalah penggunaan pintu belakang model barn door atau buka belah tengah seperti ambulans tidak seperti tipe lainnya yang memakai model hatchback. Velgnya masih kaleng 16 inch, tanpa over fender, hanya tersedia transmisi manual dan segala amenitas yang ditemukan pada Land Crusier VX hilang. Sebagai gantinya, pada tipe GX sudah tersedia factory differential locker serta gardan belakang model full floating tidak seperti tipe VX yang masih semi floating. Model GX ini banyak digunakan pada area pertambangan dan atau perkebunan di Indonesia.

Pada bagian mesin, terdapat perbedaan antara tipe Land Cruiser. Pada Land Cruiser VX dan VX-R, mesin yang digunakan adalah Toyota 1HD-T diesel 6 silinder segaris SOHC 12 valve berkapasitas 4200cc. Tenaga yang dihasilkan mesin turbo diesel direct injection ini mencapai 136Hp pada 3600Rpm dan torsi 380Nm pada 3500Rpm. Pada Land Cruiser VX Limited digunakan mesin Toyota 1HD-FT yang mana merupakan mesin 1HD-T hanya saja DOHC 24 valve. Tenaga yang dihasilkan lebih besar dengan 168Hp pada 3400Rpm dan torsi 380Nm pada 2500Rpm. Terakhir pada Land Cruiser GX digunakan mesin Toyota 1HZ dengan konfigurasi diesel naturally aspirated SOHC 12 valve berkapasitas 4200cc. Kurang lebih mesin ini merupakan 1HD dengan penyesuaian untuk digunakan pada truk dan bus seperti Toyota Coaster. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 133Hp pada 4000Rpm dan torsi maksimal 279Nm pada 2500Rpm. Untuk transmisinya digunakan manual 5 percepatan atau otomatik 4 percepatan dengan transfercase karena semua Land Cruiser 4WD atau 4X4.

Lahir sebagai salah satu mobil Toyota termahal di Indonesia karena pajak 200% nya, tidak mungkin Land Cruiser dihadirkan dengan kondisi miskin fitur seperti jip lain yang lebih murah pada masanya. Berbagai amenitas pelengkap setara sedan sudah dipasangkan pada mobil ini sebut saja power window, power steering, central lock, electric mirror, defogger, kursi elektrik, head unit 2 din dengan CD changer, opsional jok kulit sampai AC double blower. Untuk keselamatan, hanya tipe VX-R dan VX Limited saja yang dibekali dengan double airbag dan ABS selain juga cooler pada console box.

Meskipun terlahir sebagai jip Toyota paling mewah di Indonesia, namun kemampuan off road dari Land Cruiser tidak perlu dipertanyakan lagi. Memang tipe VX tidak sehardcore tipe GX yang memang dirancang untuk kebutuhan off road namun tetap saja semua mengakui kehandalannya. Meskipun sempit, namun Land Cruiser dengan bodi wagon memang terbukti bisa mengangkut 7 penumpang yang digemari rakyat Indonesia. Mesin dieselnya bisa bertahan dengan kualitas Pertamina Solar yang jelek dan cukup irit dengan torsi yang melimpah. Kelebihan inilah yang akhirnya membuat Land Cruiser VX harganya malah semakin mahal selain karena digoreng harganya juga peminatnya yang masih banyak. Apalagi cukup sulit mencela mobil ini karena sulit menemukan kelemahannya.

Spesifikasi Toyota Land Cruiser J80 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Land Cruiser J80
Jenis Jip
Tipe HDJ80
HZJ80

Mesin 1HD-T SOHC 12 valve turbodiesel 4200cc
1HD-FT DOHC 24 valve turbodiesel 4200cc
1HZ SOHC 12 valve diesel 4200cc
 
Bore X Stroke 94.0 X 100.0 mm
Sistem Bahan Bakar Diesel direct injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatik 4 Speed
 
Wheelbase 2.850 mm
Panjang 4.820 mm
Lebar 1.930 mm
Tinggi 1.870 mm


Comments