Ford Fairlane 1957, 1958, 1959

Ford Fairlane 1958 Indonesia

Memasuki tahun 1956, Ford mulai memperkenalkan model tahun 1957 untuk sedannya yang berukuran semakin besar. Salah satunya adalah Fairlane yang namanya diambil dari nama kediaman pendiri Ford yaitu Henry Ford di Fairlane, Michigan. Berbeda seperti generasi sebelumnya, nama Fairlane yang tadinya digunakan sebagai mobil full-size paling mewah kini menjadi nama untuk mobil dengan kelengkapan menengah. Tipe termewah dari sedan Ford saat itu adalah Fairlane 500 dimana pada tahun 1959 terdapat Ford Galaxie yang menjadi tipe termewah.

Ciri khas pada sedan Ford tahun 1957 untuk trim Fairlane adalah penggunaan lampu depan bulat sepasang. Pada tahun 1958, lampu depannya berubah menjadi 4 buah lampu bulat dengan grill dibawahnya melebar dan terdapat ornamen tambahan dibawah lampu depannya. Tahun terakhir Fairlane pada 1959 masih memakai 4 buah lampu bulat namun grill dibawah lampu penuh menutupi bagian depan mobil tanpa tambahan ornamen.

Bagian belakangnya sendiri juga unik dan berbeda disetiap tahunnya. pada tahun 1957, lampu belaknagnya memakai model bulat kecil yang menyerupai mulut turbin jet. Pada tahun 1958, lampu belakangnya menjadi oval dengan dikelilingi rumah lampu chrome oval dan lampu mundur ditengah antara lampu rem dan sein yang menyatu seperti pada gambar dibawah. Memasuki tahun 1958, lampu belakangnya kembali menjadi model bulat 2 buah hanya saja ukurannya lebih besar daripada model 1957 dengan lampu mundur berada diatas lampu rem dan berada diujung sayap mobil.

Ford Fairlane 1958 rear Indonesia

Mesin yang tersedia pada mobil ini cukup beragam. Mulai dari mesin 6 silinder segaris dengan nama Mileagemaker, V8 Thunderbird sampai V8 Interceptor yang menggantikan Thunderbird. Untuk tipe standar, digunakan mesin bensin dengan konfigurasi OHV 6 silinder segaris berkapasitas 223cu in atau sekitar 3700cc dengan karburator tunggal. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakang, tersedia pilihan transmisi otomatik maupun manual. Transmisi otomatik yang digunakan pada awalnya adalah Fordomatic 3 percepatan yang digantikan oleh Cruise O Matic 3 percepatan mulai 1958 atau pilihan Fordomatic 2 percepatan. Untuk transmisi manual, hanya ada pilihan 3 percepatan saja.

Ford Fairlane merupakan trim level tertinggi dari Ford sebelum akhirnya diperkenalkannya Ford Fairlane 500 pada 1957 serta Ford Galaxie pada 1958. Pada tahun 1957, untuk membedakan tipe-tipenya, Ford Fairlane 500 memiliki ciri berupa tulisan di spakbor belakang, ornamen bodi dengan lis chrome dari depan sampai kebelakang dengan bentuk hampir segitiga dengan sisi yang melebar berada dibelakang, dop velg jari-jari, serta bodi berwarna two tone.

Tipe menengahnya atau Fairlane memilki ciri khas yang mirip dengan tipe Fairlane 500. Hanya saja ornamennya berbeda dengan bentuk peluru besar dimana ujungnya menghadap kesebelah belakang sampai spakbor belakang selain juga penggunaan dop velg polos. Tipe terbawah diberi nama Ford Custom 300 dengan ciri-ciri tidak memiliki emblem dibagian belakang serta bentuk ornamennya berbentuk peluru kecil dengan ujungnya menghadap kedepan yang letaknya hanya sampai tengah pintu depan saja.

Identifikasi sedan Ford 1958

Sebagai salah satu mobil yang populer di Amerika sana pada awal dekade 1960an, ada banyak sekali varian dari mobil Ford ini. Varian sedan 2 pintu yang biasa disebut Tudor diberi nama Club Sedan. Varian sedan 4 pintu yang biasa disebut Fordor diberi nama Town Sedan. Varian lainnya juga tersedia seperti hardtop 2 pintu bernama Club Victoria, hardtop 4 pintu bernama Town Victoria, convertible 2 pintu bernama Sunliner, cabriolet hardtop bernama Skyliner, station wagon, van yang bernama Courier sampai pickup ute yang diberi nama Ford Ranchero.

Sama seperti mobil lain seangkatannya. Populasi Ford Fairlane di Indonesia sekarang sudah cukup jarang. Padahal, pada generasi inilah Ford bisa mengalahkan penjualan Chevrolet pertama kalinya sejak 1935 yang menunjukkan bahwasannya mobil ini cukup laris dijamannya. Memang selain karena kondisi perekonomian Indonesia dimasa orde lama yang morat marit, banyak mobil-mobil era 50an dan 60an yang dikampak pada era 80an dan 90an sehingga membuat populasinya semakin jarang lagi.

 Spesifikasi Ford Fairlane ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Fairlane
Jenis Sedan
Tipe Fairlane
Mesin Mileagemaker i6 OHV 3700cc
Thunderbird V8 OHV 3800cc
Thunderbird V8 OHV 5100cc
Interceptor V8 OHV 5400cc
Interceptor V8 OHV 5700cc
Bore X Stroke 90.0 X 91.0 mm (Mileagemakaer)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatis 2 Speed
Otomatis 3 Speed
Wheelbase 2.946 mm
Panjang 5.169 mm
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments