Plymouth Belvedere (1960 - 1961)

Plymouth Belvedere Custom Suburban 1960

Memasuki dasawarsa 60an, mobil-mobil berpenampilan futuristis ala pesawat jet mulai ditinggalkan konsumen mobil di Amerika. Meski begitu, ada saja desainer dan pabrikan mobil Amerika yang masih mempertahankan desain ini pada era 60an. Salah satunya adalah Chrysler Corporation dengan berbagai merk dan tipe seperti misalnya Plymouth Belvedere yang diperkenalkan pada 1960 dan sudah memasuki generasi keempat.

Desain dari Belvedere ini bisa dibilang agak tertinggal pada awal dilahirkannya. Ini karena desainer Chrysler Coorporation, Virgil Exner masih terobsesi dengan desain futurisme ala pesawat terbang dan luar angkasa yang populer pada mobil Amerika era 1950an. Padahal diawal 1960 orang sudah mulai bosan dengan desain futurisme dan mulai menyukai desain sederhana elegan yang lebih sederhana. Tidak heran kalau kemudian Belvedere memiliki julukan jukebox berjalan dan untuk model tahun 1961 dijuluki salah satu mobil terjelek karena desainnya yang terkesan berlebihan.

Meski begitu, ada 1 hal yang benar dari Belvedere ini yaitu ukurannya. Belvedere generasi keempat ini menjadi sedan full size terakhir sebelum akhirnya diperkecil karena blunder dari bos Chrysler saat itu yang memperkecil mobil-mobil full size merk dibawah Chrysler pada 1962. Meskipun berbagi platform dengan Dodge Dart atau Chrysler Windsor, namun pilihan bodi yang tersedia untuk Belvedere hanya tersedia sedan 4 pintu, sedan 2 pintu, hardtop 2 pintu serta station wagon 4 pintu. Khusus untuk varian station wagon, mobil ini disebut juga dengan nama Plymouth Custom Suburban.

Lain cerita pada bagian mesin. Ada berbagai macam pilihan mesin mulai dari Slant Six 255 cubic inch 6 silinder segaris sampai V8 350 cubic inch dengan karburator twin 4 barrel yang disebut sebagai Golden Commando V8. Di Indonesia, sepertinya kebanyakan Belvedere yang beredar memakai mesin Slant Six yang juga kelak dipakai oleh Dodge Dart 1962 yang digunakan sebagai kendaraan dinas menteri. Mesin ini memiliki konfigurasi OHV inline 6 silinder berkapasitas 225 cu in atau 3700cc dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 145Hp pada 4000Rpm dan torsi 535Nm pada 3000cc. Untuk menyalurkan tenaga mesin keroda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan sebagai standar atau opsional otomatik 2 percepatan yang disebut Torqueflite.

Dalam struktur model Plymouth, Belvedere merupakan sedan fullsize kelas menengah. Dibawahnya terdapat Plymouth Savoy sementara diatasnya terdapat Plymouh Fury. Selain bentuk, pembeda sesungguhnya ada pada fitur dan interiornya. Pada Belvedere, Plymouth meletakkan arm rest depan serta pemantik selain fitur standar Savoy seperti filter oli, sun visor sisi penumpang dan pengemudi sampai ban tubeless black wall 5 buah.

Salah satu fitur menonjol dari Plymouth Belvedere adalah penggunaan sasis unibodi dimana para pesaingnya saat itu masih memakai sasis tangga. Chrysler sendiri mengklaim bahwa penggunaan sasis unibodi membuat mobil memiliki ketahanan terhadap twist dan bending pada sasis lebih kuat 150%. Inilah yang membuat Belvedere dipuji karena memiliki handling yang baik dan performa yang baik karena berat yang ringan. Memang meski begitu, pada pertengahan 1950an sudah ada Plymouth hardtop yang memakai sasis ini namun baru diaplikasikan kedalam model lainnya pada generasi ini.

Spesifikasi Plymouth Belvedere ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Plymouth Belvedere
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe PP/RP
Mesin Slant Six 225 OHV 3700cc
Bore X Stroke 86.4 X 104.8 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatis Torqueflite 2 speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. Kemaren, sy liat di olx ada yg jual mobil ini di harga 1 M

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mobilnya sudah terjual ya? sudah tidak ada iklannya

      Delete

Post a Comment