Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition

Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition samping

Win on sunday, sale on monday. Istilah tersebut bisa dibilang menjadi motivasi banyak pabrikan mobil diseluruh dunia untuk mengikuti perlombaan balap selain juga riset dan pengembangan produk misalnya. Bahkan ketika sukses dalam sebuah perlombaan, tidak jarang sebuah produk dibuatkan edisi khusus sebagai memento untuk memperingati kemenangan dalam perlombaan tersebut. Adalah Mitsubishi yang memenangkan kejuaraan reli dunia, WRC bersama pembalapnya Tommi Makinen yang kemudian membuat sebuah Lancer Evolution edisi khusus untuk itu.

Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition namanya yang merupakan nama yang cukup panjang untuk sebuah mobil. Semenjak bergabung dengan tim Mitsubishi Ralliart sejak 1995, Tommi Makinen terus memenangkan gelar pengemudi untuk Mitsubishi Ralliart sejak 1996 hingga 1999. Uniknya, meski Mitsubishi mempersembahkan mobil ini untuk merayakan namanya namun Tommi Makinen sendiri dalam sebuah wawancara majalah Road and Track mengaku tidak pernah memiliki mobil ini sama sekali.

Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition samping belakang

Pada dasarnya, Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition ini adalah sebuah Lancer Evolution VI yang diberikan berbagai aksesoris tambahan. Karena kemiripannya dengan Lancer Evolution VI standar, akhinrya banyak fans menyebutnya sebagai Lancer Evolution 6.5 atau sekedar singkatan Lancer Evo TME. Sama seperti Lancer Evolution standar, Lancer Evo TME tersedia dalam 2 tipe yaitu RS dan GSR dengan pilihan warna putih, biru, hitam, silver dan yang paling ikonik berwarna merah dengan tambahan decal khusus yang membuatnya mirip dengan Lancer Evo yang berlaga di ajang WRC dan sedang dikemudikan Tommi Makinen sendiri.

bumper Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition

Apa perbedaanya dengan Lancer Evo 6 standar? sebenarnya perbedaanya sendiri tidak terlalu banyak. Sebut saja penggunaan gearbox 5 percepatan manual close ratio, mobil yang lebih ceper dengan suspensi khusus, bumper sedikit berbeda dari Ralliart dimana rumah foglamp depan dibuat menjadi lubang hawa utuk mendinginkan rem, dan turbo yang sedikit berbeda dengan material titanium. Sisanya sama saja untuk tipe RS termasuk penggunaan velg kaleng. Untuk tipe GSR sendiri sama seperti tipe RS namun mendapat tambahan berupa velg standar Enkei 17 inch berwarna putih dan jok Recaro dengan logo T. Makinen.

velg Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition

Mulai dijual pada Januari 2000 dengan total produksi mencapai 2705 unit saja. Memang terbatas seperti halnya mobil spesial lainnya meskipun memang jumlahnya banyak. Sebagai perbandingan, Lancer Evolution VI standar diproduksi sebanyak 7594 unit baik dalam trim RS maupun GSR. Karenanya jika dibandingkan dengan seterunya, Subaru Impreza 22B yang lebih langka Lancer Evolution TME ini kalah "berharga". Meski begitu, ketika Mitsubishi UK gulung tikar dan menjual koleksinya yang berupa Lancer Evolution TME bulan Mei lalu, mobilnya laku sampai sekitar 200 ribu USD dalam pelelangan.

 Spesifikasi Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi Lancer Evolution IV Tommi Makinen Edition
Jenis Sedan
Tipe CE9A
Mesin 4G63T DOHC 2000cc
Bore X Stroke 85.0 X 88.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed close ratio
Wheelbase 2.510 mm
Panjang 4.350 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.405 mm


Comments