Chery Transcar & Transcab Q22

Chery Transcar minibus depan

Chery masuk ke Indonesia pada tahun 2006 dibawah naungan Indomobil. Namun sayangnya pada tahun 2009, Chery sudah bukan bagian dari Indomobil karena dianggap kualitasnya yang kurang. Tidak menyerah, pada tahun 2012 Chery kembali ke Indonesia setelah setahun sebelumnya tutup dan menjual sisa stock dan bersamaan dengan itu, Chery langsung menjual 8 produk sekaligus termasuk minibus Chery Transcar dan Chery Transcab untuk versi pickupnya.

Di negara asalnya, Chery Transcar dan Transcab dikenal juga dengan nama Chery Q22 atau Karry Youyou dimana Karry sendiri merupakan anak usaha dari grup Chery yang memfokuskan menjual mobil-mobil komersil seperti pickup dan van. Penamaan Youyou sendiri terkadang juga di ubah sesuaikan menjadi Yoyo. Mobil ini sendiri sudah dijual sejak 2007 di negara asalnya dengan model semi cab over dimana mesinnya berada dibawah bangku depan dan bonnet depan hanya berisi radiator dan reservoir cairan untuk mempermudah perawatan.

Diluncurkan dengan harga jual 125 juta pada saat itu, Chery Transcar menyasar pasar yang diisi Suzuki APV dan Daihatsu GranMax dengan menawarkan harga yang lebih murah. Varian minibus Chery ini sudah dilengkapi dengan sliding door, radio dengan cd player dan 4 speaker, sabuk pengaman 3 titik ditengah dengan bangku tengahnya 2 titik, AC, power window 4 jendela, power steering hidrolik sampai foglamp. Meski dinegara asalnya terdapat 2 pilihan panjang sasis, namun yang dihadirkan di Indonesia hanyalah varian sasis pendek saja.

Chery Transcar minibus belakang

Mesin yang digunakan Chery Transcab dan Transcar sama dengan mesin bensin berkonfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1100cc yang memiliki nama dagang ACTECO. Tenaga mesin yang sudah dilengkapi dengan electronic fuel injection ini mencapai 73Hp pada 6000Rpm dan torsi maksimal 98Nm pada 3500Rpm. Mesin ini sendiri diletakkan dibawah bangku depan seperti halnya minibus cab over yang populer pada dasawarsa 90an. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Selain varian minibus, Chery juga menghadirkan varian pickup yang diberi nama Chery Transcab. Varian yang tersedia hanyalah varian bak flat deck saja. Untuk urusan mesin, mesin yang digunakan sama dengan mesin yang digunakan versi minibusnya. Meski begitu, fiturnya dikurangi sewajarnya untuk mobil barang. Namun setidaknya, Chery Transcab sudah memiliki radio dengan USB, speaker 2 buah, power steering hidrolis, rem depan cakram, rem belakang teromol, AC sampai fog lamp depan. Varian pickup ini juga memiliki kembaran dengan munculnya Esemka Bima 1.2 pada 2019 silam dengan sedikit perbedaan kosmetik serta mesin yang lebih besar dengan 1200cc.

 Spesifikasi Chery Transcar Q22 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chery Transcar Q22
Jenis Minibus (Transcar)
Pickup (Transcab)
Tipe Q22
Mesin ACTECO DOHC 1100cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.600 mm
Panjang 3.993 mm
Lebar 1.607 mm
Tinggi 1.908 mm


Comments

  1. Pernah saya liat nih mobil (punya tetangga) wara wiri didepan rumah daerah bojongsoang, Tapi akhirnya ngejogrog nggak terawat dikebon, pas saya tanya sama pemiliknya, katanya udah hampir 2 kali servis sama turun mesin tetep rusak, terakhir kaki kakinya kek offset bergeser gitu. Jadilah ditelantarkan. katanya kalau ada waktu mau diloakin aja, memang bermasalah nih mobil (>_<) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bisa dimengerti kenapa dulu Indomobil mengeluarkan merk ini dari jajaran merknya dengna alasan kualitas ya.

      Delete

Post a Comment