Mazda Bongo Brawny

Mazda Bongo pickup Indonesia

Di Indonesia, Mazda lebih terkenal sebagai pembuat mobil penumpang yang menyenangkan untuk dikemudikan. Namun sebenarnya, Mazda juga membuat mobil-mobil niaga yang tangguh bahkan juga truk. Di Indonesia sendiri sebenarnya Mazda pernah mencoba peruntungan dengan menghadirkan mobil minibus berbasis pikap seperti Mazda B600 alias Kotak Sabun, Mazda Bongo dan Mazda E2000. Pada akhir dasawarsa 90an, sempat ada pickup Mazda yang hadir ke Indonesia. Pickup itu adalah Mazda Bongo Brawny.

Pada dasarnya Mazda Bongo adalah Mazda E2000 yang dijual di Indonesia namun berbentuk pikap. Karenanya bagian kaca, pintu dan atapnya ada kemiripan dengan E2000. Meski begitu, bentuk fascia depannya berbeda jauh karena dibuat lebih sederhana sesuai peruntukannya sebagai mobil barang yang lebih mementingkan murahnya ongkos produksi dan penggantian part. Lampu depannya hanya sepasang sealed beam kotak dengan grill padat yang terbuat dari plastik yang tidak dicat. Pun begitu dengan interiornya yang hanya terbuat dari plasti tanpa material-material lainnya seperti pada Mazda E2000 yang dijual sebagai minibus mewah.

Varian yang cukup banyak hadir di Indonesia adalah varian Brawny. Mazda Bongo Brawny ini pada dasarnya adalah Mazda Bongo yang diperbesar. Ciri fisiknya yang bisa dilihat dari luar adalah sasis long wheelbase serta penggunaan ban belakang ganda seperti truk. Di Indonesia, paling mudah membandingkan ukurannya dengan Mazda E2000 yang pada dasarnya merupakan Bongo standar namun dengan bodi minibus. Meskipun lebih besar, namun tetap saja Mazda Bongo Brawny ini tidak lebih besar dibandingkan dengan truk engkel macam Mazda Titan. Selain itu ciri Mazda Bongo Brawny bisa dilihat dari moncong depannya dimana Bongo Brawny tidak pernah mendapat moncong yang lebih maju macam E2000.

Meskipun lebih besar, namun mesin yang dipakai tidak bertambah besar juga karena skema pajak di Jepang yang juga menghitung kapasitas mesin. Mesin yang digunakan Mazda Bongo Brawny ini adalah mesin diesel Mazda RF dengan konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 8 valve berkapasitas 2000cc. Mesin diesel direct injection ini secara dasar merupakan mesin Mazda FE yang digunakan Capella di Indonesia namun dibuat sebagai mesin diesel. Untuk menggerakkan keempat rodanya, digunakan transmsi manual 5 percepatan.

Di Indonesia, mobil ini tidak dijual resmi oleh ATPM Mazda. Mazda Bongo generasi ketiga ini masuk melalui instansi pemerintah seperti misalnya Telkom, Dinas Perhubungan serta PLN. Mazda Bongo Brawny ini dipilih karena memiliki manlift atau skylift kecil buatan Aichi Coorporation yang memudahkan untuk teknis pemelihataan jembatan penyebrangan, tiang kabel listrik atau telekomunikasi dan lainnya. Selain itu, sistem gerak 4WD miliknya mempermudah untuk menjangkau wilayah-wilayah yang belum baik kondisi jalannya.

Spesifikasi Mazda Bongo Brawny ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda Bongo Brawny
Jenis Pickup
Tipe J80
Mesin RF diesel SOHC 1998cc
Bore X Stroke 86.0 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Diesel Direct Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. Gunakan keberuntungan kamu di sini ya, btw artikel di atas sangat bermanfaat banget.

    Gogototo

    ReplyDelete
  2. Thank you for creating a beautiful article to read today, the information really helped me. I hope you can also visit my site
    GENK88 Thanks guys.

    ReplyDelete
  3. This is a great article i ever read. Please visit my page konoha88 Thanks.

    ReplyDelete
  4. saya sangat beruntung bisa menemukan artikel ini. Kunjungi artikel saya juga ya https://dprttoto.com/

    ReplyDelete

Post a Comment