Jeep Wrangler YJ

Jeep Wrangler YJ

Pada tahun 1987, PT Djakarta Motor sebagai ATPM Jeep di Indonesia menghentikan produksi Jeep CJ-7 yang pamornya mulai luntur. Apalagi penerus dari CJ-7 sudah muncul sejak 1986 di Amerika sana dan belum ada tanda-tanda akan kemunculan penggantinya di Indonesia. Namun tidak sampai 1 dekade kemudian, Djakarta Motor sebagai importir sekaligus perakit Jeep mulai menghadirkan kembali 2 Jeep yang kemudian mendongkrak popularitas Jeep dengan Jeep Cherokee dan Jeep Wrangler seri YJ. Meskipun telat, namun pada akhirnya penerus dari seri CJ dengan nama Wrangler generasi YJ ini hadir di Indonesia pada tahun 1995.

Apabila seri CJ (Civilian Jeep) merupakan suksesor langsung dari Willys MB yang digunakan ketika perang dunia kedua dimana seri CJ ini dipakai untuk keperluan sipil, seri Wrangler ini merupakan penerus dari seri CJ untuk menghadirkan mobil yang lebih civilized lagi. Secara desain, bentuk Jeep YJ ini sangat mirip dengan Jeep CJ-7. Satu-satunya hal yang membuatnya berbeda dan mudah dikenali ada pada bagian depannya dimana CJ-7 memakai lampu bulat sementara Jeep YJ memakai lampu kotak.Bagian lain seperti fender, grill dan kap mesinnya sedikit berbeda karena menyesuaikan bentuk muka depannya yang kotak sementara sisanya masih mirip bahkan ada yang bilang bisa saling tukar dengan CJ-7. 

Meskipun bentuknya mirip dengan Jeep seri CJ, namun Wrangler menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik dibandingkan seri CJ. Mungkin belajar dari Jeep Cherokee XJ, Wrangler kini selain dapat digunakan untuk rekreasi off road diakhir pekan juga bisa digunakan sebagai mobil harian untuk bekerja. Pilihan sasisnya sendiri hanya ada short wheel base dimana pilihan bodinya ada 2 yaitu soft top dan hard top. Namun dengan konstruksinya macam pintu hanya setengah dan adanya roll bar belakang seperti pada Jeep CJ-8 membuat konfigurasi atapnya bisa saling tukar dan bisa diganti dengan mudah.

Jeep Wrangler YJ soft top

Meskipun dinegara asalnya ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin seperti 6 silinder 4200cc dan 4 silinder 2500cc, namun sepertinya Wrangler YJ di Indonesia hanya ditawarkan dalam pilihan mesin AMC inline 6 dengan konfigurasi 6 silinder segaris OHV 12 valve berkapasitas 242cu atau 4000cc yang sama seperti yang dipakai Jeep Cherokee. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 190Hp pada 4600Rpm dan torsi mencapai 305Nm pada 3000Rpm. Untuk menyalurkan tenaga mesin keempat roda, digunakan transmisi manual 5 percepata dan tersedia juga opsional otomatik 3 percepatan.

Bicara fitur dan kenyamanan, antara CJ dengan Wrangler sudah jauh berbeda. Dibagian interiornya Wrangler YJ sudah dilengkapi dengan dashboard plastik yang hampir penuh untuk menaruh dial indikator ditengah, head unit single din dan lubang ventilasi AC yang memakai model gantung. Indikator yang tersedia juga lengkap dengan indikator bensin, oli, volt meter, sampai indikator 4WD dan 4L yang jadi satu. Fitur lainnya masih serba manual baik untuk pengaturan spion, jendela sampai tilt steering. Untuk membuka kap mesinnya sendiri bisa dilakukan dengan membuka 2 pengait disamping kanan dan kiri kap mesin dan membuka kunci yang berada dibelakang grill depan.

Meskipun secara konstruksi masih sama seperti generasi CJ dengan sasis tangga dan per daun, namun pengendaliannya berbeda jauh dan terasa lebih nyaman. Ini dikarenakan per daunnya lebih lebar serta terdapat tambahan anti roll bar dan stabilizer. Untuk pengeremannya sudah lebih modern dengan rem depan cakram dan belakang teromol. Bahkan kalau di Amerika sendiri terdapat juga opsional dengan ABS meski rakitan Indonesia tidak ada.

Dulu pada awalnya desain lampu kotak pada Jeep Wrangler YJ ini kurang diminati orang karena terlihat aneh tidak seperti Jeep pada umumnya. Namun begitu, pasca tutupnya merk Jeep pada tahun 1987 sampai sebelum kembalinya merk Jeep pada tahun 1995, mobil semacam Jeep CJ-7 harga bekasnya jatuh karena dianggap mobil yang boros dan tidak praktikal. Namun ketika Jeep kembali ke Indonesia dan menjual YJ, harga bekas Jeep CJ-7 kembali menguat dengan permintaan yang naik. Berhubung Jeep YJ ini termasuk mahal dan tidak terjangkau bagi banyak orang Indonesia membuat banyak CJ-7 yang dikonversi menjadi YJ tampilan luarnya apalagi memang banyak part yang sesuai dan tinggal pasang. Menurut buku Arsip Mobil Kita, ada sekitar 1500 unit Jeep YJ saja yang terjual di Indonesia antara tahun 1995 sampai 1998.

 Spesifikasi Jeep Wrangler YJ ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Jeep Wrangler YJ
Jenis Jip
Tipe YJ
Mesin AMC inline 6 OHV 4000cc
Bore X Stroke 98.4 X 86.7 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatik 3 Speed
Wheelbase 2.372 mm
Panjang 3.860 mm
Lebar 1.700 mm
Tinggi 1.830 mm


Comments