Holden Monaro HK, HT, HG

Holden HT Monaro

Pada awalnya Holden dibuat sebagai mobil yang ukurannya lebih besar dibandingkan mobil Inggris tapi juga lebih kecil dari mobil Amerika. Selain itu disesuaikan juga sasis dan kaki-kakinya untuk bisa kuat melewati jalanan outback Australia yang keras dan tidak kenal ampun. Tidak cuma sedan, station wagon dan ute saja, Holden juga bisa membuat mobil sport dengan kondisi Australia dengan menghadirkan Monaro. Nama Monaro sendiri berasal dari salah satu tempat di New South Wales.

Desain Monaro mengambil inspirasi dari muscle car dan personal luxury car yang populer di Amerika dan juga Australia saat itu. Karena adanya perminataan dan restriksi impor, akhirnya Holden menawakan mobil yang mirip dengan selera Australia dimana mobil Holden ini jauh lebih kecil dibandingkan mobil Amerika. Desainnya memakai model coke bottle styling dimana jika dilihat dari samping terlihat seperti botol coca cola dengan bagian belakang membungkuk. Kaca sampingnya juga memakai model hardtop coupe 2 pintu tanpa pillar B seperti Chevrolet Camaro, Nova dan Corvair coupe. Dibagian depannya sendiri grill depannya menjorok kedalam dengan bumper depan mengikuti kontur depannya.

Untuk pilihan bodynya sendiri, Monaro generasi pertama hanya tersedia dalam bentuk coupe 2 pintu saja.  Tidak seperti generasi penerusnya seperti Monaro HQ yang selain tersedia dalam bentuk coupe 2 pintu juga tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu seperti Holden Premier, Kingswood dan Belmont.

Pada tahun 1968, Holden pertama kali memperkenalkan Monaro generasi pertama dengan generasi HK. Ciri khasnya adalah grill depan yang memakai model 3 palang horisontal ditambah 1 palang vertikal. Grill depan Monaro HK ini memakai bahan besi. Pada bagian interiornya, speedometer yang dipakai memakai model strip memanjang dengan takometer yang berada pada konsol tengah. Dibagian belakang, lampu sein dan lampu belakangnya menyatu dengan lis chrome ditambah pembatas dengan lis chrome yang lebih kecil didalamnya.

Memasuki tahun 1969 hadir Holden Monaro HT mengikuti generasi Holden HT sedan. Perbedaan antara Holden Monaro HK dan HT bisa dilihat pada grill depan dimana HT memakai bahan plastik dengan bagian tengah polos hitam hanya terdapat 1 palang vertikal ditengah. Pada bagian interiornya kini Monaro HT memakai speedometer bulat dan tachometer dipindah kedalam konsol speedometer tidak lagi di konsol tengah. Untuk lampu belakangnya dibuat split atas bawah dan ukurannya sedikit lebih besar.

Holden HT Monaro

Generasi HG muncul pada tahun 1970 mengikuti generasi Holden HG. Perbedaan antara Holden Monaro HT dan HG ada pada grill depan yang mana pada Holden Monaro HG memakai model 2 buah kotak hampir mirip seperti punya BMW memenuhi grill depan ditambah 1 palang vertikal ditengah yang lebih tebal. Untuk lampu belakangnya menjadi model menyatu yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan generasi HK. Sisanya hampir tidak ada perbedaan dengan Monaro HT selain opsional seperti decal dan cat.

Untuk mesinnya sendiri Monaro ditawarkan dalam beberapa pilihan. Monaro tipe paling bawah memakai mesin 6 silinder Holden Red engine dengan konfigurasi 6 silinder segaris OHV 2600cc. Untuk Monaro GTS mendapat mesin Holden Red dengan konfigurasi 6 silinder segaris OHV 3000cc. Keduanya jug abisa dipesan untuk opsional mesin V8 dengan Chevy small block GM 307 dengan konfigurasi V8 OHV 5000cc. Pada generasi HT, mesin GM 307 ini digantikan dengan mesin Holden V8 dengan konfigurasi V8 OHV 4100cc. Transmisi yang digunakan untuk menggerakkan roda belakangnya digunakan transmisi manual 4 percepatan atau pilihan otomatik 3 percepatan.

Edisi spesial dari Holden Monaro generasi pertama ini juga cukup banyak. Pada generasi HK terdapat Monaro GTS 327 dengan mesin GM 327 V8 OHV 5400cc yang menghasilkan tenaga sebesar 250Hp dn hanya menggunakan transmisi manual 4 percepatan. Monaro GTS generasi HK ini tadinya dikabarkan tidak jadi muncul karena Holden mengatakan bahwa mesin GM 327 tidak muat kedalam kap mesinnya. Pada generasi HT, Monaro GTS 327 diganti menjadi Monaro GTS 350 dengan mesin GM 350 V8 OHV 5700cc yang menghasilkan tenaga sebesar 300Hp untuk melawan Ford Falcon GTHO Phase I. Transmisinya sendiri selain manual 4 percepatan juga ada otomatik 2 percepatan dengan GM Powerglide.

Monaro sendiri tidak pernah dirakit di Indonesia seperti halnya Holden lainnya yang kebanyakan beredar di Indonesia. Monaro hanya menjadi opsional untuk pesanan khusus dan diimpor langsung dari Australia yang membuat populasinya langka. Karena statusnya yang langka ini membuat banyak Monaro di Indonesia yang selamat dari kampakan tidak seperti Holden klasik yang pada era 90an sangat tidak diminati dan lebih banyak berakhir di kampakan. Meski begitu, tidak sedikit Holden Monaro yang diekspor keluar Indonesia pasca krismon 98 yang akhirnya membuat populasinya semakin jarang di Indonesia.

Spesifikasi Holden Monaro HK, HT, HG ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Monaro HK, HT, HG
Jenis Sports
Tipe HK, HT, HG
Mesin Holden Red i6 OHV 2600cc
Chevy Small Block V8 OHV 5700cc
Bore X Stroke 88.9 X 76.2 mm
101.6 X 88.39 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Otomatik 3 Speed
Wheelbase 2.819 mm
Panjang 4.694 mm
Lebar 1.824 mm
Tinggi 1.390 mm


Comments