Chevrolet El Camino (1959-1960)

Chevrolet El Camino Jogja

Di Australia, ada sebuah jenis mobil gabungan antara sebuah pickup dengan sedan yang diberi nama coupe utility atau lebih sering disingkat sebagai ute. Mobil ute ini begitu populer di Australia dan menjadi identitas otomotif Australia meski pada awalnya merknya adlaah merk mobil Amerika. Melihat kesuksesan ute, Ford Amerika kemudian mulai menjual ute untuk Amerika dengan menghadirkan Ford Ranchero. Sebagai pesaing berat, Chevrolet tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan ute versi Amerika mereka sebagai respon Ranchero dengan menghadirkan Chevrolet El Camino.

Sejarah ute sendiri cukup unik. Pada tahun 1932, seorang istri petani di Australia mengirimkan surat kepada Ford Australia untuk membuatkan mobil yang kalau hari minggu bisa dibawa ke gereja tapi hari senin bisa dipakai ke pasar untuk angkut babi. Perlu diingat pada jaman itu antara mobil barang dengan mobil penumpang punya gengsi serta kenyamanan yang sangat berbeda.

Chevrolet El Camino ini mengambil basis dari Chevrolet sedan berukuran penuh atau full size. Karenanya desainnya sendiri sangat artistik seperti halnya Chverolet Biscayne atau varian mewahnya yang bernama Chevrolet Bel Air atau Impala. Ciri khas dari desain mobil Amerika pada jaman ini adalah penggunaan sayap belakang yang besar mencirikan ketertarikan warga Amerika saat itu akan hal-hal yang berbau pesawat jet dan luar angkasa.

Chevrolet El Camino pickup

Mengikuti ubahan yang dilakukan untuk model Chevrolet tahun 1960, El Camino juga mengalami ubahan tersebut. Bagian belakangnya tidak lagi menganut model "stonned vampire" atau yang di Indonesia lebih dikenal sebagai mata setan. Lampu belakangnya sendiri menjadi bulatan 2 buah untuk tiap sisinya. Bagian depannya sendiri sedikit berubah untuk bagian lampu depan serta grill. Tidak lupa, bagian bumper juga mengalami ubahan menjadi lebih melekuk tidak lagi polos.

General Motor selain menjual merk Chevrolet juga menjual mobil bermerek GMC yang fokus menjual mobil pickup. Mobil-mobil GMC ini kebanyakan juga berasal dari Chevrolet termasuk seharusnya Chevrolet El Camino ini. Namun mungkin karena El Camino berbasis mobil sedan dan bukannya pickup betulan, akhirnya GMC tidak menjual El Camino generasi ini. Baru sekitar tahun 70an GMC menjual varian El Camino dengan nama GMC Sprint dan kelak berubah nama menjadi GMC Cabalero.

Mesin yang dipasang untuk El Camino sendiri ada 3 pilihan. Paling kecil ada 6 silinder 3900cc dengan konfigurasi 6 silinder segaris OHV. Pilihan tengah ada V8 4700cc serta pilihan paling besar ada Chevy Small Block V8 5700cc yang keduanya OHV. Untuk pemasok bahan bakarnya, semuanya menggunakan karburator dimana mesin 6 silinder ada pilihan karbu 2 barrel, V8 mendapat pilihan 4 barrel bahkan untuk mesin 350 cubic inch alias 5700cc dapat karburator 3 biji. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 3 percepatan meski ada juga pilihan manual 4 percepatan atau otomatik 2 percepatan yang disebut sebagai Powerglide Automatic.

Perlu diketahui bahwasannya mobil pikap pada jaman itu sama sekali tidak nyaman dan hanya digunakan untuk bekerja. Karenanya, El Camino menawarkan kenyamanan akan sebuah sedan namun tetap memiliki kepraktisan dan daya angkut ala mobil pick up. Nilai lebih dari mobil pikap lainnya adalah lantai baknya yang terbuat dari besi dimana mobil pikap pada jaman itu masih banyak yang memakai kayu selain juga baknya yang tidak terlalu tinggi sehingga mempermudah untuk mengangkut barang.

Sayangnya, El Camino ini kalah laku dibandingkan Ford Ranchero. Apalagi bila dibandingkan penjualannya dengan mobil pickup normal seperti Chevrolet Apache. Generasi pertama dari Chevrolet El Camino hanya bertahan setahun saja antara 1959 sampai 1960. Setelahnya, Chevrolet menghentikan produksi dari mobil ini. Chevrolet El Camino baru kembali pada tahun 1964 ketika El Camino berbasis Chevrolet Chevelle muncul.

Spesifikasi Chevrolet El Camino (1959-1960) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet El Camino (1959-1960)
Jenis Ute
Tipe GM B platform
Mesin i6 3900cc
V8 4600cc
V8 5700cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Manual 4 Speed
Otomatik 2 Speed
Wheelbase 3.023 mm
Panjang 5.357 mm
Lebar 2.021 mm
Tinggi N/A


Comments