Honda Dax ST70

Honda Dax ST70

Meski berukuran kecil, namun Honda Monkey cukup sukses dan punya penggemarnya tersendiri. Namun karena Honda Monkey dirasa terlalu kecil apalagi untuk tubuh bule Amerika, akhirnya dibuat pengembangannya dengan munculnya Honda ST series atau yang lebih populer disebut Honda Dax di Eropa dan Jepang. Honda Dax sendiri ketika diperkenalkan pada tahun 1969 diluncurkan dalam beberapa varian yaitu ST50, ST70 dan CT70.

Sesuai namanya, Honda ST70 menggunakan mesin OHC 1 silinder pendingin udara berkapasitas 72cc. Mesin ini kurang lebih mirip dengan mesin Honda Super Cub maupun C70 alias Pitung yang beredar di Indonesia. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 5,5Hp pada 8000Rpm dan torsi 5Nm pada 7000Rpm. Untuk transmisinya sendiri digunakan transmisi manual 3 percepatan.

Salah satu hal yang unik dan ikonik pada sebuah Honda Dax ada pada bentuk rangkanya yang memakai rangka monokok yang bentuknya sendiri menyerupai huruf T. Rangka Honda Dax ini dibuat dengan cara melakukan press pada plat besi di stampling plant bukannya dari pipa besi yang kemudian di las seperti pada Honda Monkey. Ukurannya juga jauh lebih besar karenanya Honda Dax bisa muat 2 orang dengan 1 pengendara dan 1 pembonceng meski sangat memaksa. Meskipun sepintas seperti tidak punya tangki, namun tangkinya sendiri tersembunyi dibalik rangka tengahnya dengan kompartemen tersendiri.

Ciri khas lainnya dari sebuah Honda Dax adalah mesinnya menggunakan mesin model horisontal seperti motor bebek, jok rata seperti bangku warung, stang model lipat seperti sepeda BMX, knalpot menjulang keatas, ban berukuran 10 inch dengan velg model palang 4, sampai spakbor yang tinggi ala motor trail. Namun karena paten Honda Dax yang asli sudah kadaluarsa sejak 1998, akhirnya banyak copyan motor ini utamanya dari Tiongkok meski ada sedikit pembedanya.

Sama seperti Honda Monkey, Honda Dax ini juga banyak variannya yang dibedakan dari nama dan tambahan suffix pada belakang namanya. Salah satu varian Honda Dax ini adalah CT90 yang mana tidak ada hubungannya dengan Honda CT series yang merupakan bebek trail. CT90 ini khusus dijual di Amerika dan Kanada saja dimana mesin besar lebih disukai dibandingkan mesin kecil. 

Di Indonesia, Honda Dax tidak dijual resmi oleh Federal Motor selaku ATPM sepeda motor Honda di Indonesia. Namun begitu, pada tahun 2022, PT Astra Honda Motor ikut serta menjual Honda Dax ST125 menemani Honda Monkey 125 yang sudah terlebih dahulu diluncurkan. Honda Dax ST125 CBU ini dijual mulai dari 82 juta rupiah saja.



Comments