Honda Monkey Z50 series

Honda Monkey Special Edition 1990

Selain membuat sepeda motor berukuran normal, Honda juga membuat motor kecil bernama Honda Monkey. Nama resmi motor ini pada mulanya adalah Honda Z50 series dimana dibelakangnya terdapat tambahan huruf sebagai kode generasi atau varian untuk dijual dinegara tertentu. Namun kemudian motor ini mendapat julukan Honda Monkey karena penunggangnya terlihat seperti monyet yang mengelantung dengan stangnya yang tinggi.

Pada mulanya, Honda membuat Honda Z100 yang digunakan hanya untuk atraksi serta transportasi di taman Tama Tech utamanya ketika dinaiki oleh anak kecil walaupun motor ini juga bisa dinaiki orang dewasa pada tahun 1961. Ketika sirkuit Suzuka baru saja dibuka pada tahun 1962, Honda juga membuat sepeda motor kecil yang mirip sebagai transportasi antar pit. Ternyata Honda Z100 ini populer dikalangan pengunjung taman dan sirkuit yang kemudian membuat Honda memproduksi motor kecil dengan nama Z50 atau yang populer disebut Honda Monkey.

Motor kecil seperti Honda Monkey sendiri sebenarnya bukanlah ide yang baru. Pada perang dunia kedua, pasukan penerjun Inggris dibekali dengan sepeda motor mungil seperti Honda Monkey yang bisa dilipat dan dimasukkan kedalam tabung untuk diterjunkan bersama tentara pasukan penerjun dengan nama Welbike. Setelah perang, Welbike kemudian dikembangkan lagi menjadi skuter Corgi yang sempat dijual di Amerika sebagai Indian Papoose.

Sesuai namanya, Honda Monkey menggunakan mesin bensin dengan konfigurasi 1 silinder 49cc OHC pendingin udara yang kurang lebih mirip dengan mesin Honda Super Cub seangkatan. Sistem pemasok bahan bakarnya sendiri menggunakan karburator. Sebagai motor 50cc yang dibeberapa negara bisa dikemudikan tanpa SIM motor penuh, kecepatan maksimal yang seandainya sanggup bisa dicapai dengan motor semacam ini hanyalah 60 km per jam saja. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual kopling otomatis 3 atau 4 percepatan seperti Honda Super Cub dan ada varian yang menggunakan transmisi manual 4 percepatan dengan kopling manual.

Pada awalnya, Honda menghadirkan CZ100 sebagai versi produksi dari Z100 yang dipakai di taman hiburan Tama Tech pada tahun 1963. Ciri khasnya adalah rangka berwarna merah body, tanpa sistem suspensi serta body berwarna putih. Tangkinya pun memakai tangki Honda C110 yang membuatnya tampak tidak proporsional. Motor ini muncul sampai tahun 1966 dan digantikan oleh Z50M sampai tahun 1967. Pada tahun 1968 muncul Honda Z50A yang cirinya adalah menggunakan ban berukuran 8 inch menggantikan ban ukuran 5 inch. Model awalnya masih sama dengan tidak memiliki shockbreaker namun pada tahun 1972 Honda memberikan tambahan shockbreaker belakang.

Setelahnya, Honda memisah varian Monkey ini dengan Honda Z50J untuk pasar Eropa dan Jepang dengan bentuk yang berbeda sedikit dengan Monkey Z50A dimana joknya menggunakan sadel sepeda sampai stang menggunakan stang sepeda BMX. Untuk pasar Amerika, diluncurkan Honda Monkey Z50R yang mana bentuknya lebih ke arah motor trail mini dengan ban gendut berhubung Honda Monkey ini lebih ditujukan untuk sepeda motor yang dipakai di kebun atau sawah. Di Amerika produksi Honda Monkey dihentikan tahun 1978 sementara versi Jepang dan Eropa ini terus diproduksi sampai 1999 dimana pada tahun itu muncul edisi terbatas sebagai tanda penghentian produksinya.

Honda Gorilla

Selain varian-varian yang sudah disebutkan diatas, Honda juga mengembangkan varian Honda Monkey ini dengan bentuk tangki dan jok yang lebih besar meski ukuran motornya sendiri tetap mungil dan hanya muat 1 orang. Motor pengembangan ini diberi nama Honda Gorilla. Secara garis besar, tidak ada perbedaan antara Honda Monkey dengan Honda Gorilla dibagian mekanikalnya selain bentuk bodinya saja.

Honda Monkey Gorilla

Di Indonesia, Honda Monkey tidak dijual resmi oleh Federal Motor selaku ATPM sepeda motor Honda ketika Honda Monkey masih diproduksi sampai 1999. Namun pada tahun 2022, PT Astra Honda Motor akhirnya menjual Honda Monkey di Indonesia yang dijual secara CBU dengan harga 82 juta rupiah. Berbeda dengan Honda Monkey klasik yang dibahas sejak tadi, Honda Monkey baru ini memakai mesin 125cc yang kurang lebih mirip dengan mesin yang dipakai Honda Supra X sampai Groom dan Dax. Selain itu, secara ukuran Honda Monkey 125 ini lebih besar dibandingkan dengan Honda Monkey Z50 series.

Comments