Jeep Wrangler TJ

Jeep Wrangler TJ Indonesia

Demam mobil dengan nuansa retro menjamur pada awal dekade 2000an. Semua merk mobil berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil modern dengan bentuk jadul. Salah satunya adalah Chrysler dengan membuat Chrysler PT Cruiser serta Chrysler Prowler. Namun begitu, dibawah naungan Chrysler sendiri Jeep sudah lama menerapkan model retro utamanya pada lini Wrangler yang merupakan penerus langsung dari Willys Jeep yang melegenda sejak perang dunia kedua. Pada tahun 1996, Wrangler mendapat pembaruan dengan munculnya generasi TJ.

Mobil ini tidak seperti pendahulunya, Jeep Wrangler YJ yang dirakit di Indonesia meskipun telat karena di Amerika sendiri ketika Jeep Wrangler YJ mulai dijual di Indonesia, Chrysler selaku induk perusahaan Jeep sudah mulai bersiap memasarkan Wrangler TJ. Jeep Wrangler TJ masuk secara CBU dan dijual oleh importir umum. Tidak heran kalau kemudian populasinya cukup langka meskipun tipe-tipe langka yang ada di luar negeri juga ada yang masuk Indonesia.

Lahir di era 90an akhir dimana demam desain retro pada mobil mulai menggeliat membuat Jeep kembali membuat Wrangler memiliki lampu depan bulat meninggalkan desan lampu kotak pada YJ. Selain itu, ciri khas dari Jeep TJ bisa dilihat pada lampu seinnya yang berpindah kebagian fender serta moncong grillnya yang lebih lebar dibandingkan generasi YJ meski tidak selebar generasi JK. Proposal desain dari Wrangler TJ ini dibuat oleh Michael Santoro pada 1992 dan dipilih oleh manajemen Chrysler saat itu untuk menjadi penerus dari seri Wrangler.

Tidak hanya desain saja yang berubah. Bagian mekanikal dari Wrangler ini mengalami penyempurnaan dengan beberapa ubahan. Salah satu yang paling mencolok adalah dengan penggunaan suspensi model per keong meninggalkan sistem per daun dibagian depan dan belakang. Meski begitu, tetap saja kaki-kakinya belum independen karena masih menggunakan gardan solid axle. Konon sistem suspensinya diambil dari Jeep Grand Cherooke yang membuatnya jauh lebih nyaman dibandingkan Jeep generasi sebelumnya.

Sebagai Jeep, mobil ini punya beberapa tipe yang ditawarkan kepada konsumennya. Tipe tertinggi dari generasi Jeep TJ ini adalah Rubicon. Rubicon diambil dari nama Rubicon Trail, sebuah jalur off road di Sierra Nevada, Amerika Serikat. Selain tipe standarnya, Jeep juga menghadirkan beberapa tipe-tipe langka dengan perbedaan ada pada aksesoris. Tipe-tipe ini antara lain Tomb Rider yang muncul pada tahun 2003, Willys Edition yang hadir antara 2004 dan 2005, Rocky Mountain yang dijual antara 2003 sampai sekitar 2005, Rubicon Unlimited Sahara yang hanya muncul pada tahun 2003 dan tipe langka seperti Golden Eagle yang hadir pada tahun 2006 saja.

Mesin yang diusung oleh Jeep Wrangler TJ ini bervariasi mulai dari mesin 4 silinder serta mesin 6 silinder. Mesin 4 silinder yang digunakan adalah AMC straight 4 dengan konfigurasi 4 silinder segari OHV 2500cc sementara mesin 6 silinder yang digunakan adalah AMC straight 6 dengan konfigurasi 6 silinder segaris OHV berkapasitas 4000cc. Kedua mesin ini masih merupakan mesin yang dirancang oleh American Motor Coorporation yang pada akhir 80an perusahaannya dibeli oleh Chrysler. Pada tahun 2003, Chrysler selaku induk dari merk Jeep menggantikan mesin usang 4 silinder dari AMC menjadi Chrysler PowerTech dengan konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 2400cc. Untuk menggerakkan keempat rodanya digunakan transmisi otomatik Torqueflite 3 percepatan, otomatik Ultradrive 4 percepatan, manual 5 percepatan dari Aisin atau New Venture Gear serta manual 6 percepatan dari Chrysler tergantung pilihan dan tahun pembuatan yang digabungkan dengan transfercase Dana.

Wrangler Unlimited

Pada tahun 2004, Chrysler kembali memperkenalkan turunan dari Jeep Willys dengan sasis panjang mengingat popularitas mobil SUV termasuk Jeep Wrangler yang terus naik. Terakhir kali Jeep memiliki varian sasis panjang adalah ketika diperkenalkannya Jeep CJ-8 pada tahun 1981 dan dijual sampai 1986 saja dan itupun memakai bentuk pickup. Wrangler sasis panjang ini diberi nama Jeep Wrangler Unlimited. Kode sasisnya sendiri juga berganti menjadi LJ. Meski lebih panjang sekitar 30,8 cm, namun Wrangler Unlimited pada generasi TJ ini masih tetap dibekali dengan 3 pintu saja. Atapnya pun juga masih soft top sama seperti versi SWB.

 Spesifikasi Jeep Wrangler TJ ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Jeep Wrangler TJ
Jenis Jip
Tipe TJ
Mesin AMC inline 4 OHV 2500cc
AMC inline 6 OHV 4000cc
Chrysler PowerTech 4 cyl DOHC 2400cc
Bore X Stroke 81.0 X 98.0 mm (AMC inline 4)
87.0 X 99.0 mm (AMC inline 6)
100.0 X 87.0 mm (PowerTech)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Manual 6 Speed
Otomatik 3 Speed
Otomatik 4 Speed
Wheelbase 2.370 mm (SWB)
2.630 mm (LWB)
Panjang 3.947 mm (SWB)
4.343 mm (LWB)

Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.340 mm


Comments