Dodge Dart PD3 (generasi 1 1960-1961)

Dodge Dart 1960

Memasuki dasawarsa 60an, Dodge memperbarui lini mobil besarnya bersamaan dengan restrukturisasi lini dan merk mobil dibawah Chrysler Coorporation dimana lini sebelumnya seperti Coronet, Royal dan Custom Royal digantikan menjadi Dodge Dart, Matador dan Polara. Nama Dart ini sendiri berasal dari mobil konsep bernama Dart buatan Carrozzeria Ghia dari Italia pada tahun 1956 yang kemudian diganti nama jadi Dart Diablo.

Selain nama, generasi terbaru dari mobil Dodge yang juga menjadi mobil Plymouth seperti Belveldere dan Fury juga menggunakan sasis baru dengan konstruksi unibody atau yang juga dikenal sebagai sasis monokok. Sasis jenis ini kemudian dipakai oleh seluruh lini Chrysler kecuali Imperial yang masih menggunakan sasis ladder frame. Pembaruan lain juga ada pada sistem kaki-kaki dimana bagian depan kini menggunakan batang torsi yang disebut Torsion-Aire sementara bagian belakang masih menggunakan per daun.

Untuk mesinnya sendiri, standarnya diberikan mesin Slant 6 dengan kofigurasi 6 silinder segaris OHV berkapasitas 225 cubic inch atau sekitar 3700cc dan pemasok bahan bakar karburator. Selain itu, terdapat juga opsional dengan tambahan biaya berupa mesin V8 318 cu in atau sekitar 5200cc dengan konfigurasi V8 OHV dan pemasok bahan bakar karburator dual downdraft yang diberi nama Red Ram. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 3 percepatan atau terdapat pilihan transmisi otomatik TorqueFlite Six 3 percepatan untuk versi mesin 6 silinder dan TorqueFlite 3 percepatan atau Powerflite 2 percepatan untuk versi mesin V8.

dodge dart phoenix 1960 model

Dodge Dart generasi pertama ini diperkenalkan dalam 3 trim level. Trim level paling murah adalah Dodge Dart Seneca. Cirinya adalah tanpa aksesori seperti chrome stripe besar. Selain itu pada tipe ini hanya tersedia pilihan bodi sedan 4 pintu, sedan 2 pintu dan station wagon. Tipe tengah dari Dodge Dart atalah Pioneer dimana dari luar ciri khasnya adalah aksesori chrome yang lebih besar daripada trim Seneca. Pilihan bodinya sendiri ada sedan 4 pintu, sedan 2 pintu, hardtop 2 pintu, serta station wagon. Tipe paling tinggi dari Dart generasi ini adalah Dodge Dart Phoenix. Secara tampilan, ia mirip dengan tipe Pioneer dengan hiasan aksen chrome disekujur body. Untuk pilihan bodinya sendiri, Dodge Dart Phoenix tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu, convertible 2 pintu, hardtop 2 pintu serta hardtop 4 pintu.

Yang spesial dari Dodge Dart Phoenix adalah mesinnya dimana untuk tipe standar mobil ini dipasang mesin V8 318 cu in atau sekitar 5200cc dan tidak ada pilihan mesin 6 silinder. Khusus untuk trim level Phoenix, dipakai karburator four barrel. Namun begitu terdapat opsional mesin V8 yang dinamai D-500 Ram Inducted berkapasitas 361 cu in atau sekitar 5900cc. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan yang diberi nama Easy Shift atau terdapat pilihan transmisi otomatik 2 percepatan yang diberi nama PowerFlite atau otomatik 3 percepatan TorqueFlite.

Dengan desain ala space age lengkap dengan sayap belakang atau tailfin rancangan Vergil Exneer yang sebetulnya masyarakat Amerika sudah mulai bosan karena sudah diperkenalkan sejak pertengahan 1950an, rasanya kurang afdol bila tidak punya party trick tersendiri untuk fitur canggihnya. Dengan opsional extra, pembeli Dodge Dart bisa menambah aksesori berupa tuas transmisi berupa tombol di dashboard yang disebut push button driving. Selain itu jok depan mobil ini juga bisa berputar ketika pintu dibuka untuk memudahkan keluar masuk pengemudi dan penumpang. Untuk menutup pintu, disediakan juga sistem vakum sehingga memastikan pintu selalu tertutup rapat seperti pada mobil-mobil mewah.

Pada tahun 1960, Chrysler menutup merk mobil De Soto yang diposisikan sebagai merk mobil menengah. Ketika De Soto tutup, Dodge kemudian dialihfungsikan menjadi pengganti peran De Soto sebagai merk mobil menengah dari Chrysler. Karena itu pada tahun 1961 lini dari Dart termasuk 3 trim levelnya ditambah lagi dengan Dodge Polara yang sedikit lebih besar sebagai varian paling mewah sementara Dodge Matador dihentikan produksinya. Bentuk bodinya berubah meski secara sasis masih sama seperti tahun 1960. Lampu depannya masih tetap bulat 4 buah namun kini menyatu dengan grill dan peletakannya lebih rendah. Lampu belakangnya juga mengalami ubahan dimana untuk versi sedan berbentuk kotak tepat diatas bumper mengikuti lengkungan bodi. Untuk versi wagon meski sama-sama bulat namun letaknya miring mengikuti kontur bodi sementara mikanya berbentuk cone.

dodge dart 1961 model

Mobil ini juga punya versi setir kanan selain juga setir kiri. Yang spesial dari versi setir kanan adalah merupakan mobil rakitan Australia. Mobil ini sendiri asalnya merupakan buatan Kanada yang diekspor ke Australia dalam bentuk CKD. Namanya juga berbeda karena versi Australia ini dinamakan Dodge Phoenix dengan kode sasis PD4. Nama Phoenix sendiri diambil dari trim level Phoenix pada Dodge Dart berhubung Dodge Phoenix ini menjadi mobil Dodge produksi Australia yang paling mewah. Selain posisi setir, perbedaan antara Phoenix dengan Dart adalah dashboard yang digunakan karena Dodge Phoenix menggunakan dashboard Plymouth yang berbeda dengan apa yang digunakan Dart. Untuk desain keseluruhannya, Dodge Phoenix sama persis dengan Dart di tahun yang sama.

Spesifikasi Dodge Dart (generasi 1 1960-1961) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Dodge Dart (generasi 1 1960-1961)
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe PD3
Mesin Slat Six OHV 3700cc
318 V8 OHV 5200cc
361 V8 OHV 5900cc
Bore X Stroke 86.36 X 104.77 mm (slant 6)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatik 2 Speed
Otomatik 3 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.810 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.340 mm


Comments