Reynolds Boughton RB44

Reynolds Boughton RB44

Pada tahun 1978, cabang Chrysler di Eropa melakukan divestasi dan aset, paten, teknologi bahkan utangnya kemudian dibeli oleh PSA Peugeot untuk divisi mobil dan divisi kendaraan komersil oleh Renault. Meskipun tutup pada 1978, namun karena kontrak Renault masih harus menjual beberapa mobil seperti Dodge 50 dengan merk Dodge sampai 1987 dan setelahnya diganti menjadi Renault. Meskipun platform dari Dodge 50 ini sudah tua pada tahun 1989, namun sebuah perusahaan asal Inggris bernama Reynolds Boughton masih menggunakan basis mobil ini sebagai salah satu mobil militer hasil konversinya.

Posisi Dodge 50 di Eropa sendiri cukup unik. Secara kelas mobil ini masuk kedalam kelas M atau Light Commercial Vehicle tapi memiliki ukuran yang besar termasuk kapasitas angkutnya dibandingkan LCV lainnya. Kemudian karena keperluan untuk menggunakan produk buatan Inggris membuat militer Inggris masih menggunakan mobil ini berhubung kapasitas angkutnya yang lebih besar daripada Land Rover yang paling besar. Oleh karena itu dengan kontrak yang diberikan kepada perusahaan seperti Reynolds Boughton akhirnya tercipta mobil seperti RB44.

Secara kasar, bisa dibilang RB44 merupakan Dodge 50 yang dibuat pickup dengan tambahan gardan depan supaya jadi 4x4. Kapasitas angkut atau payload rating-nya sendiri mencapai 2,5 ton. RB44 bisa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari roop carrier, shelter carrier, light artillery tractor, sampai anti-tank missile carrier tergantung kebutuhannya. Model bodinya sendiri juga tergantung keperluannya. Bisa bak terbuka, bisa double cabin, dan lainya bahkan menjadi van termasuk dengan trailer.

Mesin yang dipakai masih mirip dengan Dodge 50. Hanya saja pada RB44 mesin yang dipakai hanyalah mesin diesel Perkins 110MT. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder berkapasitas 4000cc dan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 109Hp. Seperti yang dijelaskan, mobil ini sudah menjadi 4x4 dimana sistem gerak yang digunakan adalah full time all wheel drive. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Total ada sekitar 1000 unit Reynolds Boughton RB44 yang dibuat. Meski begitu, pada akhir masa produksinya ternyata ada hampir 2000 unit Reynolds Boughton RB44 yang dibuat dan dipesan. Angkatan darat Inggris pertama kali memesan pada tahun 1989 dan mobil ini mulai digunakan pada 1992. Pada tahun 2010 mobil ini dipensiunkan oleh Inggris. Meskipun diciptakan sebagai kendaraan militer, namun penggunaan sipil juga ada seperti biasanya digunakan untuk ambulans sampai kendaraan untuk recovery.

 Spesifikasi Reynolds Boughton RB44 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Reynolds Boughton RB44
Jenis Truk
Militer
Tipe RB44
Mesin Perkins 110MT diesel 4000cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Indirect Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang 6.030 mm
Lebar 2.100 mm
Tinggi 2.350 mm


Comments