Mazda 626 Capella GD

Mazda 626 Capella adalah mid size sadan yang dikeluarkan oleh Mazda antara tahun 1988 hingga 1992. Mazda 626 Capella ini menggunakan basis platform Mazda GD yang didesain oleh Hiroshi Yamamoto pada tahun 1985. Mobil in terbagi menjadi 2 pilihan bodi yaitu Hatchback 5 pintu dan Sedan 4 pintu. Mazda 626 Capella menggunakan mesin 2000cc karburator.

Mazda 626 Capella depan


Mirip dengan saudaranya yang terkesan terlahir di jaman yang salah, Mazda 626 Capella ini dibekali dengan fitur fitur canggih yang baru lazim dipakai di mobil baru saat ini. Misalnya saja suspensi belakang bisa diatur melalui 3 tombol yang berada di samping kanan setir. Ada 3 mode yang bisa dipilih, yaitu Soft, Normal dan Sport. Selain suspensi elektronik, speedometer yang digunakan mobil ini juga sudah menganut sistem digital.

Berbeda dengan fitur fiturnya yang canggih ala mobil masa kini. Untuk urusan mesin, Mazda 626 Capella ini masih menganut karburator untuk memasok bahan bakar ke mesin FE SOHC 12 valve berkapasitas 2000cc berkonfigurasi square bore. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 109hp. Untuk urusan konsumsi BBM rata rata untuk penggunaan dalam kota sekitar 1:8 sedangkan pada jalur luar kota bisa sekitar 1:11.

Mazda 626 Capella belakang


Kelebihan Mazda 626 Capella ini adalah tenaganya yang lumayan besar karena didukung mesin 2000ccnya. Selain itu karena didesain untuk menjadi mobil nyaman dari Mazda, kenyamanan Mazda 626 Capella ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Ditambah dengan suspensi independen elektronis yang membuatnya bisa diatur tingkat kekerasannya membuat mobil ini bisa dipakai nyaman namun tidak meninggalkan handling yang baik. Untuk urusan akomodasi, jok belakang Mazda 626 Capella bisa dilipat untuk memaksimalkan ruang barang. Untungnya semua kelebihan ini bisa didapat dengan harga yang murah karena kebanyakan Mazda 626 Capella dijual antara 15 hingga 30 juta rupiah saja di pasar mobil bekas.

Mazda 626 Capella samping

Kelemahan Mazda 626 Capella kebanyakan ada di area elektronik. Hal ini wajar karena pada saat itu, kebanyakan orang indonesia belum tau cara merawat perangkat elektronik canggih seperti speedometer digital dan suspensi elektris. Akibatnya jika kedua piranti tadi rusak, maka biaya perbaikannya akan menjadi sangat besar. Selain itu mobil ini terkenal haus bensin alias boros. Hal ini disebabkan mesin yang digunakan adalah mesin 2000cc karburator pula. Walau begitu konsumsi BBMnya masih lumayan wajar untuk mobil sekelas Mazda 626 Capella ini. Selain itu karena umurnya yang mulai menua dan populasinya tidak banyak, untuk urusan sparepart lengkapnya mungkin hanya bisa ditemui di kota besar.

Spesifikasi Mazda 626 Capella GD ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda 626 Capella GD
Jenis Hatchback / Sedan
Tipe GD
Mesin FE SOHC 12v 2000cc
Bore X Stroke 86 X 86 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.575 mm
Panjang 4.515 mm (hatchback)
4.610 mm (sedan)
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.370 mm (hatchback)
1.410 mm (sedan)


Comments

  1. Terima kasih...
    Sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. gan ane pengen pengetahuan ni, apakah mazda capella 626 tahun 1980 bisa dimodif tidak lagi menggunakan karburator alias dialihkan ke injeksi

    ReplyDelete
  3. gan ane pengen pengetahuan ni, apakah mazda capella 626 tahun 1980 bisa dimodif tidak lagi menggunakan karburator alias dialihkan ke injeksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua mesin bensin mau dibikin injeksi sebenarnya bisa aja sih. tinggal ganti karbu dkk ke throtle body, injector dkk cuma pertanyaanya ngapain? kalo buat balap tapi terbentur regulasi nggak boleh swap engine ya siapin uang yg banyak buat pasang injeksinya mazda MX6 lengkap sama ECU dkk yang masih sebasis sama mesinnya capela tapi sudah injeksi dan riset nyari settingan yang pas. secara ekonomis kalau mau pasang injeksi buat irit bbm juga jatohnya sama aja buat biaya ini itu, toh kebanyakan mobil jadul kalau karbunya bermasalah malah ganti ke karbu kijang

      Delete
  4. Hehehe...udah punyaku tuh,dah ak ganti karbu kijang K" tapi ko d rasa borosnya ko y mnta ampun dach..
    Ko ga sprti artikel d atas y???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sya sendiri paling males nulis konsumsi bensin karna beda ada banyak faktor yg mempengaruhinya sperti cara mengemudi, kondisi mesin, kualitas bbm, kondisi ban, jalur yang dilalui, kondisi lalulintas, suhu udara di sekitar kendaraan, berat, coefisient of drag dsb.. makanya dari pada repot, mnding nanya teman aja terus dibandingkan sama artikel lain

      Delete
  5. Gan.. saya tinggal di Tangsel.. kalau mau cari sparepart Capella 626 dimana yha. Thankz gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak tau gan... ane bukan orang jabodetabek soalnya...
      sekarang kan jamannya online, coba cari komunitas pengguna capella di facebook misalnya. biasanya disitu ada yang jual part baru (new old stock) sampai copotan buat capella

      Delete
  6. Gan... capella sy ko bensin nya sering lambat suplay ngisi ke karbu nya... di cek pompanya secara manual baik baik ajj... apa ada saran ?. Trims

    ReplyDelete
  7. gan apakah sparepart capella 626 dari tahun 1988 ampe 1992 itu sama semua gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan masih 1 generasi jadi ya harusnya sama semua. (kecuali untuk part bodi versi facelift sama prefacelift yang sedikit beda)

      Delete
  8. Full tang mazda capella brpa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapasitas tanki bbm capella yang ini 60 liter

      Delete
  9. regulator kaca belakang apa sama dgn 323 y?

    ReplyDelete
  10. regulator kaca belakang apa sama dgn 323 y?

    ReplyDelete
  11. Saya pernah punya capella ini. Sekitar 1 tahun lebih pakainya.
    Sangat puas dengan performanya. Pernah 2 hari dua malam berjalan menembus kemacetan mudik jakarta semarang. Masih awet.
    Sparepart, murah, tp ya ga ori. Katane susah cr sparepat ori, paling copotan.
    Paling banyak biaya itu paa ganti timing belt. 600 ribu. Sisanya, standar2 aja.
    Trus yg agak menganggu tuh, karena dah usia, perseneling oblak. Sudah ganti part tp cuma bertahan bentar, maklum ga ori.
    Pokoknya mazda ini menyenangkan buat dibawa. Sayang sudah di jual. Audah ganti haluan ke negeri eropa

    ReplyDelete
  12. klw dijaman skarg, capella yg kluaran 92 kisaran harga berapa ya gan.?
    trims

    ReplyDelete
  13. berapa kapasitas tangki mazda 626

    ReplyDelete
  14. May nanya gan, takaran Oli buat Mazda Cappella nya berapa liter yah?

    ReplyDelete
  15. Sy mau jual mazda tahun 89 apa ada nya ...

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Saya punya mobil Mazda tahun 87 626 Capella siapa tau ada yg minat, wa 081286142470

    ReplyDelete
  18. Sy rencana mau beli mobil, ada 2 pilihan yaitu mazda capella dan mazda interplay. Kira" ada masukan buat saya bang pilih yang mana antara 2 itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbandingannya cukup jauh, Interplay kelasnya dibawah Capella. Istilah sekarang mungkin paket hematnya. Kalau cari nyaman tentu Capella sementara kalau mau irit sudah pasti Interplay.

      Delete
  19. Gan katanya kalo pake karbu kijang bisa lebih irit, bener ga?

    ReplyDelete
  20. Saya mau jual Capelka 626 Tahun 89 masih jalan, pajak lunas. Lokasi Bangka Tengah. Ada yg minat. 081367051376

    ReplyDelete

Post a Comment