Ford Laser Sonic dan Laser Gala KF

Ford Laser Gala

Setelah sukses dengan Ford Laser Ghia dengan kode bodi KE, ATPM Ford di Indonesia saat itu kemudian meluncurkan generasi penerusnya dengan Ford Laser Sonic dan Gala yang memiliki kode bodi KF pada 1989. Masih sama seperti generasi sebelumnya, Ford Laser generasi ketiga ini merupakan kembar dari Mazda 323 yang di Indonesia lebih dikenal sebagai Mazda Interplay. Di Amerika, Ford Laser Gala dan Sonic dikenal juga sebagai Ford Escort sedan dengan grill yang berbeda serta Mercury Tracer yang diposisikan lebih mewah.

Tidak seperti Mazda Interplay yang terkesan bantet, Ford Laser Sonic dan Gala terkesan lebih pipih dengan penggunaan lampu depan yang melebar dengan bentuk trapesium yang sedikit membulat. Grill depannya berbentuk kotak kecil dengna logo Ford ditengah. Dibagian belakang, lampu belakangnya memakai garnish berwarna oranye diatas dan merah dibawahnya mengikuti kontur lampu belakang. Sekitar tahun 1993 muncul facelift ringan dimana perbedaan utama dibagian eksterior yang terlihat ada pada grill depan yang kini berubah menjadi trapesium kecil dengan sudut membulat dan masih dengan logo Ford ditengahnya. Pada bagian belakang warna garnish berubah menjadi abu-abu dengan bentuk masih mengikuti kontur lampu belakangnya.

Secara bentuk, desain keseluruhan Ford Laser Gala dan Laser Sonic masih sama seperi pendahulunya dengan desain mengotak sedikit membulat khas akhir 80an dan awal 90an. Bagian paling menonjol dari sedan Ford ini adalah pillar C yang digelapkan untuk varian dengan cat non hitam sehingga terkesan memiliki atap yang mengambang. Ditambah lagi frame jendela yang dicat hitam makin menampakkan kesan atap mengambang tadi.

Selain sedan 4 pintu, ada pula varian hatchback 5 pintu dengan kaca belakang landai dan sedikit ekor bagasi dengan kode bodi KH yang pertama diperkenalkan pada 1991. Meskipun masih 1 rancang bangun dengan Mazda Astina, namun varian hatchback yang diberi nama Ford Laser Champ tidak memakai muka depan yang dilengkapi dengan lampu pop up melainkan lampu depan menyipit seperti Ford Laser Gala dan Sonic. Selain bodi, bagian yang paling berbeda pada Laser Champ adalah mesinnya yang memakai mesin 1800cc DOHC. Lebih lanjut mengenai Ford Laser Champ bisa dibaca disini.

Mesin yang digunakan Ford Laser Gala dan Ford Laser Sonic berbeda satu sama lain. Ford Laser Sonic menjadi varian termurah dengan mesin terkecil menggunakan mesin Mazda dengan kode B3 dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 16 valve 1324cc dengan pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dihasilkan mencapai 74Hp pada 6200Rpm dan torsi mencapai 102Nm pada 3700Rpm dengan rasio kompresi 9,4:1. Untuk menggerakkan roda depan, tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Pada Ford Laser Gala, mesin yang digunakan adalah mesin Mazda dengan kode B6. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 16 valve berkapasitas 1598cc dengan pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dihasilkan mencapai 90Hp pada 6000Rpm serta torsi maksimal 125Nm pada 3100Rpm dengan rasio kompresi 9,2:1. Untuk menggerakkan roda depan, tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan serta pilihan otomatik 4 percepatan yang langka.

Dengan sasis monokok yang memiliki tambahan sub frame sebagai penguat, Ford Laser Gala dan Sonic sudah dibekali dengan suspensi independen mcpherson strut per keong dengan batang stabilizer diseluruh rodanya. Sistem steering nya sudah memakai rack and pinion yang dilengkapi dengan sensor kecepatan pada power steeringnya. Untuk bagian rem, bagian depan sudah memakai rem cakram berventilasi untuk Ford Laser Sonic dan Gala. Perbedaannya Ford Laser Gala memakai rem belakang cakram solid seperti Ford Laser Champ sementara Ford Laser Sonic memakai rem teromol dibelakang. Ukuran standar ban keduanya juga berbeda dimana Laser Sonic memakai ukuran 175/75 R13 sementara Laser Gala 185/60 R14.

Dengna posisi harga yang berbeda, fitur kelengkapan kedua mobil ini tentu berbeda. Ford Laser Sonic dilengkapi dengan jam digital Quartz, sabuk pengaman depan, velg kaleng dan sistem pembuka jendela yang masih manual menggunakan engkol begitu pula spionnya. Untuk Ford Laser Gala fiturnya sama seperti Laser Sonic dengan tambahan power window, power steering, central lock, electrick mirror, foot rest, arm rest jok belakang, choke otomatis, child lock, console box dan velg kaleng dengan dop. Bagi konsumen yang menginginkan, terdapat opsional AC serta radio AM/FM Cassete dengan 4 buah speaker bagi kedua mobil tersebut.

Kelebihan Ford Laser Gala dan Ford Laser Sonic adalah harga bekasnya yang murah. Ini dikarenakan setelah dipekenalkannya Laser Gala dan Laser Sonic, IRMC selaku ATPM Ford kemudian menjual Ford Laser generasi sebelumnya menjadi mobil taksi dengan nama Ford Laser GL. Meskipun Ford Laser Gala dan Sonic tidak menjadi mobil taksi, namun cap buruk masyarakat akan mobil taksi juga mempengaruhi kedua mobil ini. Khusus untuk Ford Laser Gala, onderdil mesin dan kaki-kakinya bisa saling tukar dengan Mazda Interplay, Astina, sampai Kia dan Timor yang menjadikan perawatannya cukup mudah dan murah selain juga karena masih menggunakan karburator.

Kelemahan Ford Laser Gala dan Ford Laser Sonic ada pada onderdil bodi yang sudah mulai langka begitu juga interiornya mungkin kecuali lampu yang bisa dicari di kota-kota besar. Khusus untuk Ford Laser Sonic, mesin yang dipakai berbeda dengan mesin mobil lainnya sehingga mencari onderdilnya akan cukup sulit meskipun sudah ada toko online dimasa sekarang.

Spesifikasi Ford Laser KF ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Laser KF
Jenis Sedan
Tipe KF
Mesin B3 SOHC 16 Valve 1300cc (Sonic)
B6 SOHC 16 Valve 1600cc (Gala)
Bore X Stroke 71.0 X 83.6 mm (B3)
78.0 X 83.6 mm (B6)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.270 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.375 mm


Comments

  1. Pengen ford gala

    ReplyDelete
  2. Mantab infopedia nya...

    Saya Ford Sonic user, dan yang ditulis di atas memang ada benarnya... hihihi...

    Tapi itu jadi tantangan, dan juga di jalan sudah mulai jarang varian ini...

    Senangnya adalah ketika di jalan begitu ketemu orang yg ngerti dan paham, biasanya akan melihat dan mulai bertanya-tanya jika ada kesempatan untuk chit chat...

    Saya pribadi penggemar 2 brand saudara itu, Mazda dan Ford..
    Brand yang biasanya selalu lebih unggul di kelasnya, tp di Indonesia tidak menjadi favorit, padahal fitur2 mobil sekelas dan seangkatannya masih di bawah fitur fitur 2 brand mobil ini...

    Hihihi...
    * cmiiw *

    ReplyDelete
  3. Aq pingin ford laser ghia ( apa ada ford laser ghia ( . Atau ghia = Gala apa Champ ? ) yg hatchback .
    Brp harganya ? ..... Pajak stnk nya brp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama ghia dipakai untuk tipe tertingginya (dalam hal aksesori, misal kalo kijang innova ada tipe g sama v). kalau yang hatchback digenerasi ini modelnya liftback namanya champ mesin 1800cc injeksi. kalau yang hatchback lebih umum adanya digenerasi sebelum ini. ada yang 5 pintu ada yang sporty 3 pintu namanya tx3. bahasannya disini. kalau harga tergantung kondisi antara 15an sampai 40an. pajak tahunan tergantung wilayah. kalau jateng cuma 300 ribuan

      Delete
  4. Salam kenal saya user ford laser GL th 90

    ReplyDelete
  5. Salam kenal juga. Saya adi di balikpapan, user ford laser sonic th 1992. Kayaknya cuma satu laser sonic yg beredar di kota ini hehe

    ReplyDelete
  6. Aku punya yg tahun 87 jenis apa itu bang..??

    ReplyDelete
  7. Ford laser gala konsumsi bbm nya dalkot lukot berapa ya perbandingan nya tiap 1 liter bbm..makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kaki sama kondisi mobilnya juga sih. Tapi kombinasi yakin deh bisa 1:12

      Delete
  8. Trims. Saya baru aja dapat ford gala. Memang saya penggemar mobil2 lama yg seneng banter. . Hhhh. .. Tapi ini masih dibengkel. Kata pemilik yg lama mibil ini barubganti pir sekher. Tapi hasilnya belum optimal mungkin ada saran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar saja, bersihin filter-filter, bersihin kerak karbon (porting polish kalau mau lebih), ganti belt, bersihin injektor,

      Delete
  9. Malam.ak baru aja beli ford gala thn 90 ,,ada rusak di pusat control.power window supir..apakah benar hargnya smpi 2.5 jt..kaget jg sy denger nya..itu cari dimana ya ..yg terjankau.trimkasih

    ReplyDelete
  10. Mantap infonya salam seduluran sonic klaten jateng

    ReplyDelete
  11. Salam kenal saya alfian d banjarmasin. GALA dgn Ghia 1600 cc..apakah sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Alfian, Gala pada dasarnya tipe tertinggi dibagian fitur sementara Ghia tipe model mesinnya ayng 1600cc.

      Delete
  12. Klo boleh tau adakah persamaan sparpart ford laser sonic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaki-kaki bisa pakai punya Mazda interplay atau Timor. Kalau mesin nggak ada/nggak tau

      Delete

Post a Comment