Daihatsu Hijet Zebra S88 & Zebra 1.3 S89

Daihatsu Zebra bodytech

Daihatsu Zebra merupakan pengembangan dari Daihatsu Hijet yang sudah malang melintang di jalanan Indonesia sejak awal 1970an. Sejak dulu, nama Daihatsu Hijet dan Zebra dikenal sebagai transportasi rakyat yang murah meriah. Awalnya mobil ini diperkenalkan dengan nama Hijet Zebra bermesin 1000cc dengan kode S88 namun pada tahun 1990, dikenalkan versi 1300cc dengan kode S89.

Mesin yang digunakan pada Daihatsu Hijet Zebra S88 adalah Daihatsu CB23 SOHC 3 silinder berkapasitas 1000cc yang sama dengan Daihatsu Hijet 1000. Mesin yang juga dipakai Mitsubishi Jetstar ini terkenal handal di tanjakan. Untuk Daihatsu Zebra 1.3 S89 sudah menggunakan mesin Daihatsu HC-C 4 silinder SOHC berkapasitas 1300cc dengan tenaga maksimum 74Hp. Mesin ini sudah menggunakan teknologi SOHC 16valve atau 4 valve persilindernya yang menjadikannya yang pertama dikelas minibus dan pickup. Kedua mesin ini masih mengandalkan platina untuk pegapiannya dan karburator untuk pasokan bahan bakarnya.

Nama Daihatsu Zebra pertama kali muncul pada tahun 1987 dengan nama Daihatsu Hijet Zebra dengan kode S88 dengan tampilan yang jauh lebih modern dibandingkan Hijet 1000. Awalnya bagian depannya hanya berupa sepasang lampu kotak tanpa hiasan grill. Pada sekitar tahun 1988 keluar model facelift dengan lampu yang masih kotak dengan tambahan cover yang membentuk seperti grill memanjang penuh dari ujung lampu kiri ke lampu kanan. Bentuk belakangnya untuk versi pickup sama persis dengan lampu sein dan stoplamp kotak dan lampu mundur yang hanya ada 1 disisi kanan. Daihatsu Hijet Zebra ini keluar sampai tahun 1989 sebelum digantikan oleh Daihatsu Zebra 1.3.

Akhir tahun 1989, dengan body yang bentuknya tetap sama keluar varian baru dengan mesin SOHC 16valve 1300cc dengan membuang nama Hijet. Daihatsu Zebra baru ini diberi nama oleh Daihatsu dengan nama Daihatsu Zebra 1.3 atau D130. Bentuk keseluruhan masih sama persis dengan Hijet Zebra namun terdapat perbedaan di bagian lampu depan dengan tambahan berupa aksesori disekitar lampu utama. Sekitar tahun 1993 muncul Daihatsu Zebra dengan lampu depan kotak kecil 4 buah dengan dashboard baru yang bentuknya mirip dengan dashboard sedan. Pada tahun 1994 keluar facelift terakhir dengan lampu memanjang dan grill yang juga memanjang penuh. Untuk versi pickupnya diberi nama Daihatsu Zebra D130 dengan bagian belakang masih sama dengan pendahulunya.

Pada generasi mesin 1300cc, muncul varian long wheel base (LWB) yang versi minibusnya diberi nama Zebra Megavan sementara versi pickupnya diberi nama Zebra D130 Jumbo. Perbedaan secara visual dengan varian sasis pendek adalah kaca belakang yang lebih panjang. Secara fitur dan mesin, masih sama persis dengan Zebra standar hanya saja diklaim Zebra LWB ini diberi reinforce pada bagian sasis dan suspensi untuk menopang sasis panjangnya. Masih sama dengan varian SWB, terdapat varian karoseri Trooper maupun karoseri resmi Astrea hatchback. Hanya saja pada varian LWB ini tidak terdapat pintu geser.

Versi minibus untuk Daihatsu Zebra ada versi karoseri lokal dan karoseri pabrikan. Untuk karoseri lokal ada banyak jenis dan pembuatnya mulai dari karosei Tugas kita sampai karoseri New Armada. Masing masing karoseri memiliki ciri khas masing masing untuk bagian belakangnya. Rata rata pintu belakang dibuka kesamping dengan ukuran penuh atau hanya 3/4 seperti Kijang super atau ada yang hanya berupa pintu bagasi tanpa adanya pintu penumpang belakang. Untuk pintu tengah kebanyakan hanya ada 1 disisi kiri karena rata rata kursi penumpang belakang berhadap hadapan. Versi karoseri pabrikan bernama Zebra Astrea Bodytech yang bagian belakangnya mirip dengan Daihatsu Hijet Minivan atau Hijet Atrai diluar negeri dengan row ke 3 yang lebih panjang. Jok belakang sudah menghadap ke depan semua dan untuk tipe terakhir sepertinya sudah dilengkapi dengan AC double blower. Yang spesial, pada awalnya pintu tengahnya belum dilengkapi dengan sliding door, namun pada akhirnya Zebra Bodytech ini sudah dilengkapi dengan sliding door manual yang menjadikannya praktis untuk keluar masuk. Pintu belakang karoseri pabrikan ini sudah menganut model terbuka keatas.

Kelebihan Daihatsu Zebra adalah harganya yang murah meriah untuk transportasi rakyat atau untuk usaha. Mesinnya masih lumayan bertenaga dan lumayan jago ditanjakan untuk yang 1000cc. Luas kabin dan bak belakangnya rasanya yang terbesar dikelasnya dan duduk dibelakang versi minibusnya terasa sangat lega. Bensin lumayan irit bisa sekitar 1:13 untuk rute kombinasi. Untuk minibus karoseri pabrikan (Astrea Bodytech) sudah dilengkapi dengan pintu geser yang memudahkan akses keluar masuk penumpang belakang. Sebagai mobil angkot dan mobil barang, tentunya perawatan mesin yang tergolong bandel ini murah dan sparepartnya masih banyak tersebar.

Kelemahannya Hijet Zebra bermesin 3 silinder adalah getarannya lumayan terasa sehingga sering membuat part part lainnya serasa copot dan terdengar bunyi bunyian yang menggangu. Letak distributor yang terlalu rendah membuat mesinnya gampang mbrebet bahkan mati ketika melewati genangan atau banjir. Hal ini bisa diatasi dengan menutup tempat distributor dengan penutup khusus atau pakai kantong kresek seperti yang dilakukan para sopir angkot. Karena mesinnya berada dibawah kabin, kadang panas mesin terasa sampai kedalam kabin. Sebagai transportasi murah jangan berharap lebih ke fitur fiturnya seperti power steering dan perangkat elektronik lainnya. Selain itu karena dari dulu sering dijadikan workhorse, sangat jarang menemukan unit yang masih mulus dijalan.

Spesifikasi Daihatsu Hijet Zebra S88 & Zebra 1.3 S89 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Hijet Zebra S88 & Zebra 1.3 S89
Jenis Pickup
Minibus
Tipe S88 (1000cc)
S89 (1300cc)
Mesin CB23 SOHC 996cc 3 silinder
HC-C SOHC 1300cc 4 silinder
Bore X Stroke 76.0 X 73.0 mm (CB23)
76.0 X 71.4 mm (HC-C)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.080 mm (SWB)
2.120 mm (LWB)
Panjang 3.835 mm (SWB)
4.045 mm (LWB)
Lebar 1.560 mm
Tinggi 1.860 mm


Comments

  1. Komunitas zebra di mana ya Bandund

    ReplyDelete
  2. Komunitas zebra di mana ya Bandund

    ReplyDelete
  3. Letak no mesin zebra s88 dmna ya? Th 1989 pickup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di belakang radiator buka dari dalam kabin samping bangku supir

      Delete
  4. Mobil santai n enak di bawa santai n kuat ditanjakan masih punya hijet s88 th 1986

    ReplyDelete
  5. Saya baru beli zebra pikup s89 second, trus ada keluar asap putih gitu. Kira2 apa ya yg bermasalah? ..

    ReplyDelete
  6. Zebra s89 gigi maju nya ada brp yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1000cc cuma 4 speed, yang 1300cc sudah 5 speed

      Delete
    2. punya saya 1300cc tapi masih 4 speed tahun 1990
      masuknya S88,5 kali ya sebelum S89. haha..

      Delete
    3. berarti s90 tipe bawah. Biasanya begitu sih

      Delete
    4. Yg 1300cc mulai 1992 akhir sampai th 1995 ada 2 tipe trnsmisi, 4 speed (rem dpn tromol), 5 speed (rem dpn cakram)

      Delete
    5. Punya saya tahun 90, depan cakram, tapi 4 speed. (Saya beli bekas)

      Delete
    6. Punya saya depan cakram dan belakang tromol itu masih 4speed tp thn 1992

      Delete
  7. Karet pintu depan zenbra itu orinya yang karet nya ikut lekukan bodi atau tidak

    ReplyDelete
  8. apakah sama sasis s88 dengan s89 yang sama-sama SWB?

    ReplyDelete
  9. apakah memang ada zebra thn 93 yg gigi majunya 4

    ReplyDelete
  10. berapa kapasitas Liter tangki BBM s88 gan?(maksudnya kalo pas mau isi bbm penuh muat berapa liter)

    ReplyDelete
  11. Dimanakah bila ingin ganti chasis untuk zebra jumbo D1.3?

    ReplyDelete
  12. Gan apakah dudukan mesin S88 ,,sama dengan dudukan mesin punya s89..??

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Stel n cek setelan platina dan stel setelan angin juga

      Delete
  14. Nannya gen espas minibus th 94 saya k gigi maju cuma 4 ap benar ap ad kesalahan ? ?
    sblme trmksh

    ReplyDelete
  15. Kapasitas tangki zebra 1,3 berapa liter y ?

    ReplyDelete
  16. S89. Konsumsi bbm berapa liter/km? Trimakasih

    ReplyDelete
  17. Ukuran berapa sepuyer yang pas untuk zebra 88 ..maksihvan tasjawababnya..

    ReplyDelete
  18. Punyaku zebra 13 tahun 91 gigi majunya cuma 4

    ReplyDelete
  19. Punya sy thn 1995.masih jos

    ReplyDelete
  20. Sebra banyak sekali variasinya sayasampek bingung punya saya th 94 tranmisi masih 4 rem depan masih tromol

    ReplyDelete

Post a Comment