Toyota Soluna AL50

Toyota Soluna AL50
Toyota Soluna merupakan sedan kecil Toyota seukuran Starlet yang didesain khusus untuk pasar Asia Tenggara. Mengambil rancang bangun dari Tercel yang kecil, Soluna dibuat untuk mengisi pasar Corolla generasi sebelumnya dimana Corolla Altis saat itu membesar untuk bersaing dikelas diatasnya. Nama Soluna berasal dari bahasa Spanyol dimana merupakan gabungan kata Sol yang berarti matahari dan Luna yang berarti bulan.

Boleh dibilang Toyota Soluna merupakan Toyota Tercel yang di-Asia Tenggara-kan. Toyota Soluna dibangun menggunakan cetak biru Toyota Tercel generasi kelima yang didesain ulang menjadi sedan 4 pintu dengan beberapa ubahan desain untuk menyesuaikan selera pasar Asia Tenggara. Toyota Soluna pertama kali dijual di Thailand pada 1996 sementara Indonesia baru mendapat Soluna pada bulan April tahun 2000. Penjualan Soluna begitu laris di Thailand yang membuat ketika Toyota Vios diluncurkan pada 2003, Vios versi Thailand memakai nama Toyota Soluna Vios.

Pertama kali diluncurkan, Soluna memiliki ciri khas berupa grill depan model 2 palang besar dengan lampu depan kaca buram dan lampu sein oranye. Dibagian belakangnya lampu belakangnya tersusun warna putih dan merah gelap. Pada 2001, terjadi facelift dimana perbedaannya ada pada lampu depan yang berubah menjadi model kristal multi reflektor berbahan mika, lampu sein bening, grill garis kecil, lampu belakang dengan 2 bulatan berwarna putih dan merah model kristal dan terdapat lampu mundur dikap bagasi. Pada 2002 akhir terdapat facelift kembali dengan model yang mirip sebelumnya hanya saja memakai side body moulding lebih besar dan lampu sein belakang agak oranye tidak lagi bening.

Mesin yang digunakan Toyota Soluna adalah mesin Toyota 5A-FE dengan konfigurasi SOHC 2 cam dimana salah satunya slave yang digerakkan cam utama 16 valve berkapasitas 1500cc. Mesin yang masih sebangun dengan mesin 4A-FE milik Great Corolla ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 100Hp pada 5600Rpm dan torsi 138Nm pada 4400Rpm. Untuk menggerakkan roda depan digunakan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan otomatik 4 percepatan konvensional pada tipe GLi. Ketangguhan dan iritnya konsumsi bahan bakarnya yang mencapai sekitar 1:10 dalam kota dan 1:14 untuk luar kota terbukti pada armada taksi.

Untuk pasar Indonesia, Toyota memperkenalkan varian GLi dan XLi untuk Soluna. Perbedaan antara Toyota Soluna GLi dan XLi pada bagian eksteriornya antara lain list kaca chrome pada GLi sementara XLi hitam, side body moulding pada GLi, velg racing palang 6 pada GLi sampai akhir 2002 dan 2003 menjadi model kipas sementara XLi memakai velg kaleng 13 inch dengan dop, pillar yang diblackout pada, spion sewarna bodi , dan handle pintu sewarna bodi pada GLi. Pada bagian interiornya lebih banyak lagi karena pada GLi terdapat kaca spion day/night view, takometer, wiper intermitten, konsol rem tangan, seatbelt belakang, speaker belakang sampai alarm yang tidak ada pada varian XLi. Untuk bahan interiornya sendiri GLi beludru sementara XLi kain. Untuk fiturnya sendiri, GLi memiliki power window, central lock, electric mirror yang tidak ada pada XLi.

Soluna Tom's Thailand by somporn@

Selain itu, Toyota juga sempat memperkenalkan varian Soluna Tom's. Edisi spesial ini kurang lebih merupakan Soluna GLi yang kemudian diberi aksesori dari Tom's. Perbedaan pada eksteriornya dibandingkan dengan Soluna GLi antara lain bumper dimana Soluna Tom's memiliki lubang lebih besar tanpa foglamp yang memenuhi bumper, sideskirt, bodykit belakang sampai spoiler besar dengan logo Tom's disisi kanan kirinya. Untuk bagian interior, terdapat perbedaan berupa setir palang 3 dengan sisi atas dan bawah bermotif kayu, woodpanel atau carbon panel pada konsol power window dan konsol tengah, jok dengan bahan vinyl bermotif ngejreng, handle pintu chrome dengan embos soluna, sampai beberapa aksesori seperti kantong barang pada jok model jaring. Varian Tom's ini terbagi menjadi 2 yaitu Tom's Touring Version dan Tom's Street Version. Untuk varian Street Version memiliki warna yang lebih ngejreng pada eksteriornya dengan opsional visor/spoiler topi pada kaca belakang.

Untuk membedakan Soluna bekas taksi atau tidak paling mudah bisa dilihat dari faktur atau BPKB karena terdapat status awal apakah untuk keperluan taksi atau pribadi. Selain melihat dari fiturnya, perhatikan rumah head unit karena mesin argo yang ukurannya lebih besar dan mau tidak mau harus mengikis atau memotong rumah head unit. Jika mengincar unit bekas taksi karena harganya yang lebih murah, perhatikan bagian mesin dan kaki kaki karena mobil taksi tiap harinya selalu bekerja menempuh minimal ratusan kilometer perharinya dengan kondisi jalan yang bervariasi. Part mobil ini memang agak murah tapi tentunya sangat tidak enak kalau tiap minggu mampir kebengkel terus. Jika unit yang diincar terasa sangat kurang, langsung saja ganti incaran ke unit yang lain.

Kelebihan Toyota Soluna adalah mesin yang reliable dan irit bahan bakar. Perusahaan taksi tentunya memilih mobil untuk armadanya dengan poin penting berupa mesin yang reliable dan irit BBM. Kaki kainya juga termasuk bandel dan minim perawatan karena konstruksinya yang simple. Karena image taksi, harga jualnya murah dan bisa menjadi pilihan jika ingin sedan agak muda namun dana cekak.

Kelemahan Toyota Soluna adalah desainnya yang kuno untuk ukuran mobil tahun 2000an karena desain ini pertama kali hadir di Jepang tahun 1994. Bodynya ringan (sekitar 900Kg saja) karena plat tipis. Bagian interior terutama ruang kaki blakang sempit namun dikompensasi dengan bagasi yang luas. Suspensinya sederhana kurang fun to drive namun dikompensasi part yang super murah dan mesin irit.

Spesifikasi Toyota Soluna AL50 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Soluna AL50
Jenis Sedan
Tipe AL50
Mesin 5A-FE DOHC 1500cc
Bore X Stroke 78.7 X 77.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (GLi)
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 4.120 mm
Lebar 1.646 mm
Tinggi 1.351 mm


Comments

  1. Sedan merakyat ya..tapi ditinjau dari harga bekasnya mending GreCo sekalian kyny hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih... secara kelas aja soluna udah dibaawh corolla
      cuma buat orang yang mau sedan muda murah perawatan kayak greco ya bisa pilih soluna

      Delete
  2. Jd mn yg lebih baik ni. Greco ataau soluna

    ReplyDelete

Post a Comment