Holden Lincah / Holden Raider

Holden Lincah / Holden Raider

Holden Lincah adalah KBNS atau Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana versi Holden yang muncul pada era 80an. Konon awalnya mobil ini tersedia dalam bentuk pickup seperti KBNS lainnya pada era 70an seperti Kijang atau Morina. Namun mungkin untuk memikat lebih banyak konsumen, dibuatlah versi berbody utuh yang bentuknya terlihat seperti jip. Untuk desainnya yang walaupun mirip dengan Holden Jackaroo, namun tetap saja mobil ini memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan Holden Jackaroo. Oleh karena itu, bisa diasumsikan bahwa desain mobil ini dibuat oleh orang Indonesia.

Mobil ini tersedia dalam 2 pilihan yaitu sasis panjang dan pendek sama seperti Trooper yang mirip dengan mobil ini. Varian sasis panjangnya memiliki 5 pintu dan dijual dengan nama Holden Lincah sementara sasis pendek hanya tersedia dengan bodi 3 pintu dengan nama Holden Raider. Karena masuk sebagai KBNS, bodi mobil yang juga disebut Lincah Gama ini dikerjakan oleh perusahaan karoseri lokal dengan bentuk yang mirip Holden Jackaroo. Holden Jackaroo sendiri merupakan sebuah SUV varian dari Isuzu / Chevrolet Trooper yang diproduksi oleh Holden untuk pasar mobil Selandia Baru dan juga Australia.

Karena mengambil basis dari Holden Jackaroo serta bodinya dibuat oleh perusahaan karoseri, ada beberapa perbedaan dengan Chevrolet Trooper yang dikenal di Indonesia. Bagian depannya tidak memakai bentuk kotak khusus seperti Trooper melainkan menggunakan lampu kotak universal. Pada bagian samping, terdapat ciri khas berupa pillar B yang diberi cetak timbul seperti kisi angin yang cukup tebal. Bagian pintunya juga berbeda karena pada Holden Lincah hanya tersedia pada sebelah kiri. Dibagian belakang dari Holden Lincah dan Holden Raider nya sendiri masih mirip dengan Chevrolet Trooper.

Mesin yang digunakan mobil ini adalah mesin diesel dari Isuzu tepatnya Isuzu C223 yang memang melegenda di Indonesia sejak era Chevrolet LUV. Mesin berkapasitas 2238cc tanpa turbo ini memiliki tenaga maksimal 62Hp pada 4300Rpm dan torsi 130Nm pada 2000Rpm. Tenaga sebesar itu didapat dengan perbandingan kompresi 21:1 yang normal untuk ukuran mesin diesel. Tenaga yang dihasilkan mobil ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 4 percepatan. Mesin dan transmisi yang digunakan oleh Holden Lincah ini sepertinya sama persis dengan yang dipakai oleh Isuzu Phanter generasi pertama.

Kapasitas muat Holden Lincah adalah 7 penumpang karena menggunakan konfigurasi bangku 3 baris. Untuk Holden Raider sendiri, bangkunya hanya 2 baris dimana baris belakangnya memakai model adu lutut seperti angkot. Fiturnya sendiri tidak terlalu banyak untuk sektor kenyamanan penumpang didalam. Namun dengan suspensi double wishbone dan batang torsi, pengereman cakram didepan dengan booster dan pompa distributor rotary sudah menunukkan kalau mobil ini cukup handal untuk usaha. AC sudah menjadi perlengkapan standar pada Holden Lincah. Di Jawa Timur Holden Lincah maupun Holden Raider sempat menjadi angkutan travel Tirta Jaya jurusan Surabaya Malang. Travel ini menjadi travel pertama yang sudah full AC pada trayek Surabaya Malang.

Holden Raider Holden Lincah 3 pintu

Selain versi SUV commercial yang sudah di produksi masal, nama Holden Lincah juga ada dalam versi prototype sedan yang menggunakan body Holden Aska. Prototype sedan ini bermesin 2000cc diesel dari Isuzu ini konon sudah memiliki kandungan komponen dalam negeri mencapai 80 persen. Kandungan komponen lokal sebanyak ini kira-kira sama dengan Toyota Kijang Innova yang juga 80 persen pada tahun 2003.  Bagian body dibuat oleh PT Amalgam yang memiliki mesin press. Untuk mesinnya dibuat oleh Isuzu Indonesia. Baterai oleh PT Intryda dan Velg buatan PT Inkoasku. Bagian-bagian yang sulit seperti transmisi sudah dibuat oleh Wahana Eka Pratama. Untuk komponen kecil yang sudah lama bisa dibuat didalam negeri seperti ban, karet kaca sampaimat floor entah sudah berapa banyak jumlahnya. Selain itu juga ada prototype lain berbentuk SUV dengan body yang terbuat dari fibreglass dan memakai mesin dari Isuzu Trooper.

Kini unit aslinya sudah tidak pernah lagi muncul dijalanan. Walaupun mesin yang diusungnya terkenal sangat tanguh dan bandel sampai ada yang bilang susah rusaknya, namun sepertinya untuk body tidak berlaku seperti itu. Konon karena keterbatasan mesin produksi pada saat itu, kualitas bodi mobil ini sangat kurang dan harus ditambah dengan dempul yang sangat banyak untuk menutupi kekurangannya. Selain itu, mobil ini juga tidak terjual dalam jumlah yang banyak disebabkan promosinya yang kurang. Untuk keperluan promosi hanya mengandalkan beberapa kali iklan televisi, stand di PRJ dan juga pameran industri dalam negri. Versi SUV komersilnya saja sudah sangat jarang ditemukan dalam kondisi bangkai apalagi dalam kondisi hidup, untuk versi sedan dan bodi fiberglassnya yang entah sudah produksi massal atau belum setelah tahun 1986. Setelah PT Udatimex selaku ATPM Holden tutup tahun 1991, entah kenapa informasi mobil ini juga hilang begitu saja.

Spesifikasi Holden Lincah / Holden Raider ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Lincah / Holden Raider
Jenis Jip / Minibus
Tipe Lincah Gama / Raider
Mesin C223 OHV 2300cc
Bore X Stroke 88.0 X 92.0 mm
Sistem Bahan Bakar Diesel
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.600 mm (Long Wheel Base)
2.370 mm (Short Wheel Base)
Panjang 4.540 mm (LWB)
4.210 mm (SWB)
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.920 mm


Comments

  1. punya ane masih beroprasi full gan. cuman kulit sudah 50% modifikasi di bagian bawah. bagian tengah ke atas masih bentuk aslinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab, ada kendala nggak gan? cerita soal mobilnya dong...

      Delete
    2. Konsumsi bbm nya 1liter dpt brp km boz?

      Delete
    3. Konsumsi bbm nya 1liter dpt brp km boz?

      Delete
    4. Yg jelas klo zaman sekarang harga solar masih seperti tahun 1994an, jakarta-bali cukup 44k

      Delete
  2. punya ane jg masih joss alm bokap beli dari baru sampe sekarang masih ganteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Can you send pictures to my email address?
      This car fascinates me.

      Bisakah Anda mengirim gambar ke alamat email saya?
      Mobil ini mempesona saya.

      dave@garageofawesome.com.au

      Delete
  3. Pas jalan-jalan pagi, sy pernah lihat mobil aneh terparkir dan bentuknya gak jauh2 dari Panther Miyabi. Dan ternyata itu Holden toh...

    ReplyDelete
  4. punya ane masih jos jugaa, pajak hidup. udah di modif jadi kaya mobil jip sii, tapi 80% masi orisinil��

    ReplyDelete

Post a Comment