Chevrolet Chevy II / Nova

Chevy II Chevrolet Nova 2JZ

Dekade 60an merupakan masa keemasan pabrikan mobil Amerika karena dijaman itu pabrikan Amerika masih bebas berkreasi tanpa memikirkan aturan-aturan yang ada seperti emisi gas buang sampai konsumsi bahan bakar yang meluluhlantahkan industri mobil Amrik di era 70an. Dijaman itu, GM dengan Chevrolet sedang bersaing ketat dengan Ford dimana Chevrolet bakal melakukan apa saja untuk mendominasi penjualan mobil di Amerika Serikat yang saat itu dikuasai Ford. Setelah Chevrolet Corvair yang memakai mesin boxer 6 silinder dibelakang seperti Porsche kurang disukai rakyat Amerika dilihat dari penjualannya dibandingkan dengan Ford Falcon, GM kemudian meluncurkan Chevy II yang memakai mesin didepan seperti Ford Falcon untuk kemudian bersaing pada tahun 1962.

Nama resmi dari mobil ini adalah Chevrolet Chevy II. Pada awalnya terdapat beberapa trim level yang ditawarkan yaitu 100, 300 dan 400 Nova dengan pilihan bodi sedan 4 pintu, sedan 2 pintu, hardtop coupe, station wagon 5 pintu dan convertible yang hanya dijual antara 1962 hingga 1963 saja. Pada tahun 1964, baru ditambahkan varian dari Chevy II yang bisa dibilang sebagai muscle car yaitu Nova SS yang sayangnya memakai mesin 6 silinder. Baru setelah setahun kemudian muncul Nova SS bermesin V8 yang membuatnya resmi disebut sebagai muscle car. Nama Chevy II sendiri akhirnya dibuang dan digantikan menjadi Nova setelah 1968 ketika generasi ketiganya muncul.

Menurut desainer Chevrolet saat itu, Clare MacKichan menyebutkan bahwa dalam proses desain mobil ini dilakukan dengan cepat dimana tujuan utamanya adalah membuat mobil Chevrolet kecil yang serba basic. Tidak seperti Corvair yang didesain sebagai mobil revolusioner, Chevy II dibuat sebagai alternatif mobil kecil seukuran Corvair yang tradisional dengan mesin depan gerak roda belakang. Dengan bekerja siang dan malam, 18 bulan setelah ide membuat mobil Chevrolet kecil dicetuskan akhirnya jadilah apa yang kini kita sebut sebagai Chevy II. Rancang bangun Chevy II ini menjadi salah satu yang tercepat dalam sejarah Chevrolet sampai sekarang.

Di Indonesia, mobil ini cukup banyak dipakai sebagai mobil dinas pejabat seperti pegawai negeri di Departemen Pekerjaan Umum serta PLN. Tersedia dalam trim level 100 dan bentuk bodi sedan 4 pintu yang diimpor di Amerika Serikat. Meskipun dimpor dari Amerika, namun Chevy II yang beredar di Indonesia masih tetap setir kanan karena sebelum 1968 pabrikan Amerika belum menyerahkan produksi mobil setir kanannya ke cabang-cabangnya yang bermarkas dinegara dengan setir kanan seperti Inggris atau Australia. Karena trim level 100, maka mesin yang dipakai kebanyakan adalah mesin 4 silinder meskipun konon ada yang bermesin 6 silinder.

Seperti yang dijelaskan diatas, di Indonesia Chevy II banyak yang memakai mesin 4 silinder. Mesin 4 silinder dengan konfigurasi OHV 8 valve berkapasitas 153 cu in atau sekitar 2500cc dengan karburator ini konon dirancang untuk memenuhi keinginan konsumen yang kurang menyukai desain radikal Corvair yang memakai mesin boxer. Dengan rasio kompresi 8,5:1 mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 90Hp. Untuk menyalurkan tenaga mesinnya digunakan transmisi manual 3 percepatan dengan sinkromesh. Meski begitu, ada juga mesin 6 silinder segaris 3200cc, V8 4600cc sampai V8 5300cc dengan transmisi manual 4 percepatan hingga otomatik powerglide 2 percepatan.

Chevy II nova belakang

Kini populasi Chevy II maupun Nova sudah cukup langka di Indonesia. Sebenarnya tidak cuma Chevy II 100 sedan 4 pintu bermesin 4 silinder namun ada kemungkinan varian lain seperti sedan 2 pintu, hardtop atau bahkan Nova SS. Meski begitu, tidak sedikit Chevy II maupun Nova yang kemudian dijadikan bahan mobil custom seperti pada foto diatas misalnya, bodi Chevy II duduk diatas sasis Toyota Crown beserta mesin 2JZ-GE dari Toyota Crown. 

Spesifikasi Chevrolet Chevy II / Nova ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet Chevy II / Nova
Jenis Sedan
Tipe Chevy II 100
Mesin 4 silinder OHV 2500cc
Bore X Stroke 98.0 X 92.6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.794 mm
Panjang 4.648 mm
Lebar 1.798 mm
Tinggi 1.372 mm


Comments