Daewoo Matiz M100 & Chevrolet Spark M150

Daewoo Matiz M100

Memasuki milenia baru Daewoo diambil alih oleh Chevrolet setelah chaebol tersebut bangkrut karena krisis ekonomi yang melanda Asia pada tahun 1997. Setelah dibawah kendali GM, Daewoo perlahan mulai membangun mobilnya secara original tidak hanya sekedar mengambil basis mobil merk lain yang kemudian ditempel merk Daewoo seperti Daewoo Tico (Suzuki Alto) yang merupakan pendahulu mobil ini.


Desain mobil ini dilakukan oleh rumah desain Italdesign Giugiaro yang sudah terkenal membuat desain mobil cantik sejak 1960an. Basis desain mobil ini tidak dibuat mentah karena merupakan pengembangan dari konsep desain mobil Italdesign Lucciola yang sebenarnya akan diplot sebagai Fiat Cinquecento tahun 1993 yang sayangnya desainnya ditolak Fiat. Pada tahun 1997 desain ini kemudian diambil oleh Daewoo (General Motor) untuk dijadikan Daewoo Matiz dengan kode M100. Versi faceliftnya yang masuk ke Indonesia dengan nama Chevrolet Spark dengan kode M150 mengambil penyempurnaan dari desain Lucciola ini.


Pertama kali hadir di Indonesia sebagai Daewoo Matiz pada tahun 2000 dengan ATPM Daewoo saat itu, PT Stars Auto Dinamika. Mobil ini hanya hadir dalam pilihan mesin 800cc saja. Sekitar 2002, Daewoo memperbarui Matiz dengan menghadirkan Matiz II dengan facelift yang mirip dengan Spark. Chevrolet Spark sendiri baru muncul pada tahun 2003 setelah Daewoo pergi dari Indonesia dengan menjual 2 pilihan mesin yaitu 800cc dan 1000cc. Sama seperti Blazer, perbedaan antara Daewoo Matiz dengan Chevrolet Spark hanya ada pada logo didepan dan disetir. Sisanya termasuk merk yang menempel pada sparepartnya masih sama buatan Daewoo.

Mesin yang digunakan kedua mobil ini adalah mesin Daewoo S-TEC yang dikembangkan bersama dengan Suzuki. Mesin 800cc mobil ini memiliki konfigurasi 3 silinder SOHC 6 valve EFI yang juga dipakai Suzuki Alto. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 48Hp pada 6000Rpm dan torsi 71Nm pada 4000Rpm. Khusus untuk Chevrolet Spark, ada juga varian mesin 1000cc dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve EFI. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 65Hp pada 5400Rpm dan torsi 91Nm pada 4200Rpm. Kedua mesin ini hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5 percepatan untuk menggerakkan roda depan tanpa ada pilihan transmisi otomatis. Kalaupun ada yang memakai transmisi otomatis 3 percepatannya, populasinya sangat langka di Indonesia.

Chevrolet Spark M150

Fitur yang disediakan untuk mobil ini standar saja untuk jamannya. Power steering, power window, central lock, AC dengan pemanas. Konsol meternya berada ditengah sama seperti Vios dan Yaris pertama tanpa adanya tachometer. Untuk keselamatan, hanya ada sabuk pengaman 3 titik, rem cakram depan dan teromol dibelakang.

Versi "palsu" dari mobil ini adalah Cherry QQ yang juga sempat masuk ke Indonesia pada tahun 2006 bersamaan ketika produksi Chevrolet Spark dihentikan di Indonesia. Jika diperhatikan detail, memang ada sedikit perbedaan namun secara keseluruhan keduanya sama persis. General Motor kemudian menuntut Cherry atas pelanggaran hak cipta. Berbeda dengan Daewoo dan Chevrolet yang memakai mesin 800 dan 1000cc, Cherry QQ memakai mesin 1100cc.

Kelebihan dari Matiz dan Spark adalah mesinnya yang cukup bertenaga untuk varian 800cc. Walaupun ruang belakangnya sempit, tapi rasanya masih sedikit lebih manusiawi dibandingkan dengan city car seangkatannya walau tetap kalah jauh kalau dibandingkan Karimun kotak. Berhubung bodinya kecil, mobil ini cukup lincah dan terasa pas untuk menyusuri jalan tikus maupun gang menghindari macet serta gampang parkir. Yang paling mengesankan mungkin ada pada konsumsi bahan bakarnya dimana angka 1:15 untuk rute kombinasi sangat mudah dicapai.

Kelemahan kedua mobil ini yang paling dikeluhkan pemiliknya biasanya ada pada kualitasnya dimana handle pintu patah sudah sangat biasa. Sparepart walau yang 800cc cukup mudah didapat lain cerita dengan versi 1000cc. Penyakit umum pada mobil ini ada pada kelistrikannya dimana kabel biasanya lapuk sehingga mudah menyebabkan konslet. Kabel original Daewoo juga memiliki ketahanan yang payah belum lagi versi KW nya sehingga ada baiknya mengganti kabel bodi mobil ini menggunakan part aslinya untuk mencegah kebakaran.

Spesifikasi Daewoo Matiz M100 & Chevrolet Spark M150 adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daewoo Matiz M100 & Chevrolet Spark M150
Jenis City car, Hatchback
Tipe M150
Mesin S-TEC SOHC 796cc
S-TEC SOHC 995cc
Bore X Stroke 68.5 X 72.0 mm (800cc)
68.5 X 67.5 mm (1000cc)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.340 mm
Panjang 3.495 mm
Lebar 1.495 mm
Tinggi 1.485 mm

1 Response to "Daewoo Matiz M100 & Chevrolet Spark M150"

  1. ini mobil papa ku dulu jadi ingat aku... sekarang sudah jarang sekali kelihatan mobil ini... Agen Sbo

    ReplyDelete