DKW Munga

DKW Munga 4

DKW di Indonesia terkenal sebagai pembuat sepeda motor yang tangguh dan cukup populer pada dasawarsa 50an. Namun selain sepeda motor, pabrikan asal Jerman ini juga sempat membuat mobil dimana salah satu produk roda 4 nya adalah jip bernama Munga. Nama Munga sendiri berasal dari singkatan Mehrzweck UNiversal Geländewagen mit Allradantrieb atau kurang lebih bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia adalah jip universal serbaguna dengan penggerak empat roda.


Secara bentuk, sama seperti jip sekaligus mobil perang jaman 50an lainnya dimana bentuk yang cantik adalah tidak penting. Ciri khas dari Munga ini adalah spakbor depannya yang bebentuk segitiga 45 derajat. Secara default, mobil ini dirancang tidak punya pintu namun mampu mengangkut 4 orang. Di Indonesia, jenis inilah yang paling banyak beredar dengan nama Munga 4. Jenis lain adalah Munga 6 dan Munga 8 dimana angka dibelakang ini menunjukkan jumlah dudukan untuk kursi penumpang. Selain itu Munga 6 memiliki bentuk berupa pickup dan Munga 8 sebagai pickup panjang.


Mesin yang digunakan masih mengandalkan mesin DKW sendiri sebelum terjadi perang dunia kedua. Mesin yang sama dengan yang digunakan DKW 3=6 sedan dengan spesifikasi 3 silinder 2 tak mobil ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal 80 km per jam. Tentu hal ini sudah sangat memadai untuk kendaraan yang dirancang jarang melihat aspal. Untuk menggerakkan keempat rodanya, digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Ada cerita menarik mengenai jip ini di Indonesia. Sekitar 1958, Angkatan Bersenjata RI sedang memilih kendaraan tempur ringan seperti jip untuk menggantikan kendaraan peninggalan jaman agresi militer Belanda dengan syarat selain tangguh juga dapat tampil bersahaja dan dapat membaur dengan masyarakat. Menurut laporan dari Mikhail Tsyganov, seorang wartawan asal Russia mengatakan bahwa pada saat itu ABRI melakukan serangkaian tes untuk memilih jip mana yang akan dipakai oleh ABRI. Ada 5 jip yang menjadi pesertanya, yaitu GAZ 69, Land Rover Series II, Austin Gipsy, Styr Puch Halflinger dan DKW Munga.

Kelima jip ini diharuskan melewati rintangan mengelilingi pulau Jawa sebanyak dua kali dalam perlombaan selama 50 hari dengan jarak 4.000 kilometer. Perlombaan itu disebut sebagai ‘uji coba terbesar dan terberat untuk mobil-mobil Eropa yang pernah ada di Indonesia’ oleh salah satu koran Indonesia. Medan yang dilalui sangatlah sulit. Mobil-mobil itu berkeliling di tengah pasir vulkanik hitam pesisir Jawa, memanjat hutan di sekeliling gunung berapi dan cukup sering tidak diizinkan berhenti selain mengisi bahan bakar, memberi pelumas dan pergantian pengemudi. Selain itu, kondisi pada waktu itu sangat berbahaya karena sepertiga Jawa Barat dikuasai oleh kelompok Darul Islam yang setahun sebelumnya mencoba membunuh Bung Karno, namun gagal. Sayangnya DKW Munga gagal dalam tes ini karena terjugkal sewaktu menanjak melewati bukit.

Spesifikasi DKW Munga 4 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi DKW Munga 4
Jenis Jip
Tipe Munga 4
Mesin 900cc 2 stroke 3 cyl
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "DKW Munga"

Post a Comment