Nissan Patrol MQ 130

Nissan Patrol 130 MQ Kaliurang

Ketika Toyota Motor Corp masih sibuk mengembangkan Toyota Jeep yang kelak menjadi Toyota Land Cruiser pada awal 1951, Nissan juga diam-diam sibuk mengembangkan sendiri mobil jip mereka sendiri yang kemudian dinamakan Nissan Safari di Jepang atau Patrol diluar Jepang. Patrol generasi pertama muncul pada September 1951 di Jepang. Pada 1980, Nissan kemudian mengganti ulang desain Patrol melalui generasi ketiganya yang memiliki kode 130 atau yang biasa juga disebut Patrol MQ di Australia.

Di Indonesia, Patrol ini masuk mulai 1980 sampai sekitar 1985 saja bersamaan ketika Toyota Land Cruiser angkat kaki dari pasar Indonesia. Ketika Nissan di Indonesia masih dijual dengan nama Datsun, hanya Patrol inilah yang dijual oleh Indokaya Nissan selaku ATPM mobil-mobil Datsun (Nissan) di Indonesia yang menggunakan merk Nissan.

Desain Patrol 130 ini sudah tidak lagi mengikuti model Jeep Willys dengan muka menyempit dan fender depan lebar. Bentuk Patrol ini malah cenderung mengotak seperti International Harvester Scout ataupun Ford Bronco. Facelift pertamanya cukup mudah dikenali karena memiliki lampu depan berbentuk bulat dengan lampu sein dibawah. Model ini muncul antara 1980 sampai sekitar 1985. Pada 1985 keatas, model lampu mobil ini berubah menjadi kotak dengan lampu sein disamping.

Mesin Patrol ini sebenarnya cukup banyak pilihannya. Indokaya sendiri hanya menjual Patrol bermesin bensin dengan mesin Nissan P (P40) yang memiliki konfigurasi 6 silinder segaris OHV sidevalve berkapasitas 4000cc. Tenaga yang dihasilkan mesin yang juga dipakai truk dan bus Nissan ini cukup besar dengan 104Hp pada 3400Rpm. Selain itu, ada juga Patrol yang dibekali dengan mesin diesel SD33 6 silinder segaris OHV berkapasitas 3300cc yang menghasilkan tenaga hingga 80Hp pada 3800Rpm. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakang, mobil ini menggunakan transmisi manual 4 percepatan yang rasio giginya pendek-pendek. Untuk menyalurkan tenaga keroda depan, digunakan transfercase yang tuasnya bersebelahan dengan tuas versneling.

Ada beberapa model bodi yang ditawarkan Nissan Patrol ini mulai dari yang bersasis panjang maupun yang bersasis pendek. Di Indonesia sendiri pada generasi ketiga sepertinya lebih populer Patrol dengan sasis pendek. Pilihan bodinya sendiri ada beberapa yaitu hardtop, softtop serta pickup. Di Indonesia sendiri model yang paling populer adalah hardtop 3 pintu dengan atap belakang warna putih yang terbuat dari fiberglass. Namun karena atap belakangnya bisa dilepas, jadilah bodi Patrol ini bisa disesuaikan dengan selera pemiliknya. Pintu belakangnya sendiri dibuat model split 50:50 mirip seperti ambulans jaman dulu. Untuk versi soft top dan pickup, pintu belakangnya memakai model yang sama seperti mobil pickup kebanyakan yang cara bukaanya adalah dibuka turun.

Nissan Patrol 130 MQ Kaliurang belakang


Instansi pemerintah Indonesia sendiri juga cukup suka dengan Nissan Patrol ini. Tercatat dinas PU dan BKKBN membeli mobil ini untuk digunakan sebagai kendaraan penyuluhan keluarga berencana maupun untuk memantau pembangunan diera orde baru. Patrol yang dibeli kedua instansi ini adalah Nissan Patrol SWB 3 pintu dengan atap soft top. Yang paling ikonik? sudah tentu Patrol milik BKKBN yang kadang masih ada 1 atau 2 buah berwarna biru dikantor mereka.

Kini Nissan Patrol termasuk kedalam jajaran mobil 80an yang cukup sulit dicari karena populasinya yang memang tidak sebanyak Toyota Land Cruiser, Suzuki Jimny atau Daihatsu Taft. Mobil ini masih tetap dicari meski harganya tinggi dan tidak masuk akal karena kelebihannya berupa mesinnya yang sangat tahan banting serta kemampuan off roadnya yang mumpuni bahkan mengalahkan Land Cruiser dibeberapa aspek seperti kemampuan menyebrangi sungai. Kelemahannya sendiri sama seperti Nissan jadul lainnya yaitu kesulitan mencari onderdilnya meski dijaman sekarang sudah mulai tertolong dengan adanya internet. Top speed mobil ini juga cukup lambat karena rasio giginya yang meski enak untuk blusukan masuk kedalam hutan, namun kurang nyaman untuk jalanan luar kota yang mulus.

Spesifikasi Nissan Patrol 130 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Patrol 130
Jenis Jip
Tipe 130
Mesin P OHV 4000cc
SD33
Bore X Stroke 85.7 X 115.3 mm (P)
83.0 X 100.0 mm (SD33)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.350 mm (SWB)
2.970 mm (LWB)
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. tentamg yamaha DT100 DONG BANG

    ReplyDelete
  2. Anak-anak patrol, terkadang klo kesulitan nyari part mesin, umumnya engine swap, pengecualian utk yg variant diesel SD33, biasanya jarang. Klo yg mesin bensin, karna tdk ada persamaan mobil yg bermesin P40, jadinya, pd beralih/ ganti ke mesin landcru seperti 2F, atau klo ga mau ribet & relatif lebih aman ketika engine swap, msh bisa diganti pake mesin nissan terrano. Walaupun dari kapasitasnya dibawah mesin bawaan, sebenarnya, keluaran dr mesin terrano, malah menyamai dr mesin jadul tersebut. Karna design mesin terrano relatif lebih modern, jadinya, keluaran tenaga masih cukup besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung karena yang pakai SD33 bukan cuma Patrol ya, masih ada Cedric misalnya sehingga partnya tidak terbatas.

      Delete
  3. utk material asli difrential transmisi apakah banyak masalah juga ngga ya

    ReplyDelete
  4. Tambahan informasi juga, selain dipasarkan dimari dgn variant mesin bensin P40 6 silinder 4000cc & diesel SD33 (N/A) , sebenarnya ada satu mesin lagi, berkode L28 6 silinder 2800cc bensin, yg variant ini , muncul di akhir-akhir patrol dimari, dan utk mensiasati pajaknya biar murah. Dan cuman variant L28 saja, yg diberikan transmisi 5 speeed, sementara variant P40 & SD33 transmisinya cuman 4 speed. Utk sparepart, ga beda jauh nasibnya sama variant P40, sama-sama susah. Jika P40 saja yg beredar dimari jumlahnya cukup bnyk tapi msh kesulitan nyari partnya, apalagi variant L28 yg hny dijual di akhir-akhir dimari, jauh lebih susah nyari partnya

    Selain itu, patrol gen 3 yg berkode MK120/160, ada juga variant facelift (*updatenya), yaitu berkode MK260, dimana, variant ini, sebenarnya peralihan ke gen 4 (*y60). Ciri khas dr MK260 ini, bentuk grill + lampu + spakbor depan & belakang, persis dgn variant Y60 (patrol gen 4), tapi chassis & konstruksi kaki-kaki sama dgn MK120/160 (patrol gen 3), hardtop fibernya juga ga setinggi MK120/160 (cenderung datar dgn atap bagian depan) dan ciri khas utamanya, pintu belakang dibuka atas & bawah. Interiornya pun, panel bodinya sudah full ketutup cover plastik, tdk seperti gen 3 (120/160) yg sebagian panel bodi masih logam dr bodinya, sehingga variant MK260 terlihat lebih modern. Walaupun sebenarnya, MK260 ini, hanyalah variant dr 120/160 yg dipasangkan bodi gen 4 (*y60)

    ReplyDelete

Post a Comment