Datsun / Nissan Laurel C31

Datsun Laurel C31

Setelah ATPM Datsun di Indonesia berganti menjadi Wahana Wirawan pada tahun 1980, hampir tidak ada lagi model Datsun baru di Indonesia saat itu. Semua berubah ketika memasuki tahun 1984 dimana Datsun jor-joran menghadirkan beberapa macam model mulai dari Patrol, Sunny 130Y Stanza, dan Laurel C31 yang menjadi sedan paling mewah Datsun yang kelak kemudian berganti nama menjadi Nissan Laurel C31.


Nissan Laurel sendiri di Jepang pada tahun 1984 sudah berganti model menjadi Laurel C32. Namun khusus untuk pasar Indonesia, Laurel yang dihadirkan adalah Laurel C31 yang awalnya diperkenalkan pada tahun 1980 di Jepang. Sama seperti triplet Toyota Mark ii, Chaser dan Cresta, Nissan Laurel ini masih memiliki banyak persamaan dengan sedan menengah FR Nissan lainnya seperti Skyline R30, Leopard, Cedric, dan Gloria. Di Indonesia sendiri mobil ini bersaing secara langsung dengan Toyota Corona Mark ii X60 dan Toyota Cressida X70.

Bentuk mobil ini mencirikan gaya 80an yang sangat khas serba mengotak. Desain aslinya dirancang oleh orang yang sama yang juga mendesain Nissan Skyline R30 yaitu Shinichiro Sakurai. Meskipun lahir telat 1 generasi di Indonesia, versi Indonesia punya ciri khas tersendiri dibandingkan Laurel C31 di Jepang. Bentuk lampu depannya mirip Laurel facelift tahun 1982 dengan grill chrome besar ditambah lis diatasnya yang sedikit berbeda dengan versi Jepang. Selain itu lampu belakangnya juga berbeda dimana susunannya adalah sein, lampu rem dan lampu mundur yang disusun secara horisontal sejajar tidak seperti Laurel diluar negeri. Diatas dudukan plat nomor terdapat tulisan Nissan kecil diikuti dengan Laurel dengan merk Datsun tertempel diplat kap bagasi belakang. Untuk versi facelift yang muncul pada 1986, lampu belakangnya berubah posisinya dimana lampu rem dan stop berada diatas lampu sein dan lampu rem. Selain itu bentuk grill dan bumper sedikit berbeda.

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang bermesin lebih besar serta terdapat pilihan mesin diesel, Mobil ini memiliki mesin yang lebih kecil. Mesin yang diusung mobil ini hanya tersedia pilihan mesin bensin Nissan L20 SOHC karburator yang masih mirip dengan mesin Datsun Cedric generasi 230 dan 330. Mesin dengan konfigurasi 6 silinder segaris SOHC 12 valve dengan karburator ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 115Hp saja pada 5600Rpm. Mesin ini digabungkan dengan transmisi manual 5 percepatan untuk menggerakkan roda belakang mobil ini.

Laurel di Indonesia hanya tersedia dalam 1 pilihan trim level yaitu Laurel GLsaja. Pada awal peluncurannya tahun 1984, mobil ini dijual hanya sekitar 16 juta rupiah saja sementara diakhir masa edarnya pada 1988 mobil ini dijual sekitar 45 juta. Harga ini cukup murah karena sedan yang kelasnya dibawahnya seperti Toyota Corolla GL saja sudah 15 juta rupiah. Meski begitu, fitur yang ditawarkan masih cukup lengkap seperti adanya power window, takometer, jam digital, AC dengan pemanas, electric mirror, central lock, rem cakram depan berventilasi, jok kain dan velg kaleng dengan dop. Meski begitu, desain interiornya sendiri terasa sangat sederhana apalagi bila dibandingkan dengan lawan aslinya, Toyota Mark ii dan Cressida.

Mobil ini dijual sampai 1988 dimana bukan Laurel C33 yang menggantikan Laurel C31 ini di Indonesia melainkan Nissan Cefiro A31. Populasi Laurel di Indonesia cukup sedikit entah mengapa mungkin karena penjualannya yang kurang bagus tidak seperti Datsun-Datsun lain yang dijual dijaman ATPM Indokaya Nissan. Kelebihan mobil ini untuk sekarang hanyalah murah saja seharga motor bekas dibawah 3 tahun dan tentunya jauh lebih nyaman dibandingkan sedan kecil sementara kelemahan utamanya sudah pasti karat yang khas mobil Jepang tahun 80an.

Spesifikasi Datsun / Nissan Laurel C31 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Datsun / Nissan Laurel C31
Jenis Sedan
Tipe C31
Mesin L20 SOHC 12 valve 1998cc
Bore X Stroke 78.0 X 69.7 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.670 mm
Panjang 4.635 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.360 mm

Comments

  1. Bagian belakangnya mirip Crown Robot apa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepintas memang sedan Jepang era itu agak mirip-mirip

      Delete
  2. Replies
    1. lumayan. seberapa lumayan? itu yang difoto atas punya toko sparepart dan sudah jogrok lama sekali.

      Delete

Post a Comment