Chevrolet AK series / Chevy Jambrong

Chevrolet AK pickup custom Chevy Jambrong

Ditengah perang dunia kedua yang telah berkecamuk di Eropa sana, Chevrolet tidak berhenti mendesain mobil pickup baru untuk menggantikan Chevrolet Master yang sudah cukup tua. Masih sama dengan pendahulunya, Chevrolet AK pickup saling berbagi sasis dengan mobil penumpang Chevrolet Deluxe hanya saja dengan berbagai modifikasi agar lebih kuat sebagai mobil barang. Di Indonesia, Chevrolet AK series truck ini lebih sering disebut sebagai Chevy Jambrong.

Nama Jambrong sendiri bermakna rambut yang lebat (gondrong) tidak beraturan/acak-acakan. Alasan mengapa Chevy Jambrong dinamai begitu adalah karena desain bumper depan mobil ini mirip dengan jenggot. Dengan aksen chrome vertikal yang banyak membuatnya terlihat seperti jenggot yang mana kebanyakan orang dengan jenggot lebat pada jaman itu tidak menyisir dan merapikan jenggotnya sehingga terlihat acak-acakan dengan istilah Jambrong. Diluar sana, Chevy Jambrong lebih dikenal dengan julukan art deco trucks karena mengikuti gaya desain arts décoratifs yang populer antara 1920an sampai 1940an.

Sebagai mobil niaga serbaguna, Chevy Jambrong memiliki berbagai pilihan ukuran yang tersedia. Ada light duty dengan kapasitas 1/2 ton dan 3/4 ton, ada medium duty dengan kapasitas 1 1/2 ton dan heavy duty dengan kapasitsa 2 ton. Varian pertama Chevy Jambrong memakai kode C yang dijual antara 1941 sampai 1945 dan kode E untuk keluaran 1946 sampai 1947. Bodinya sendiri terbagi menjadi 2 yaitu C (kode CC atau EC) untuk kap mesin panjang dan F (kode CF atau EF) untuk model cab over dengan kap depan pendek. Versi minibus untuk varian terkecilnya dinamakan Chevrolet Carryall atau Suburban dengan tampang yang sama dengan versi pickup hanya saja memiliki 2 varian lagi yaitu 3106 dengan ciri pintu belakang belah 2 seperti ambulans dan 3116 dengan pintu belakang model bagasi yang membuka kebawah.

Bentuk Chevy Jambrong terkesan sangar dengan ciri khas berupa grill vertikal dilapis chrome dimana pada bagian atasnya menggunakan ornamen chrome berbentuk garis horisontal. Kap mesinnya sendiri belah tengah dengan engsek ditengah dimana untuk membukanya dari samping kanan atau kiri. Kaca depannya karena belum ditemukan teknologi pembuatan kaca yang maju membuatnya memiliki kaca depan datar dengan frame belah tengah dimana pada beberapa varian kaca ini bisa dibuka mirip seperti jip. Untuk versi cab over, jenong kap mesinnya lebih tinggi dibandingkan varian bonnet panjang. Pintunya sendiri memakan setengah rumah roda dimana pintu Jambrong juga dibuat lebih tinggi.

Mesin yang digunakan Chevy Jambrong adalah mesin bensin 6 silinder segaris dengan konfigurasi OHV 12 valve. Tersedia pilihan mesin berkapasitas 3500cc bertenaga 90hp dan 3700cc bertenaga 93hp. Mesin ini merupakan mesin pengembangan baru dan sama dengan yang dipakai Chevrolet keluaran 1940an lainnya termasuk truk perang CMP buatan Chevrolet. Untuk menyalurkan tenaga kedua roda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan yang tuasnya terletak pada kolom setir kemudi. Kedua mesin ini dipakai untuk semua jenis dan ukuran Chevrolet AK series yang diproduksi.

Selain untuk kebutuhan sipil seperti pedagangan, karena lahir pada masa perang membuat Chevy Jambrong juga cukup sering dipakai untuk berperang. Tentara Belanda dalam perang revolusi selain menggunakan Dodge W series atau truk CMP yang memang disediakan untuk perang juga menggunakan Chevrolet AK series yang saat itu sudah diproduksi di Tanjung Priok sejak 1941 meskipun terhenti pada 1942 ketika tentara Jepang datang dan berlanjut pada 1946. Selain itu, pada peristiwa 1965 truk Chevy Jambrong juga digunakan untuk mengangkut korban pembantaian peristiwa 1965.

Dengan bentuk yang unik berhubung tampang Chevy Jambrong yang terkesan sangar dan menyeramkan membuat mobil ini banyak dipakai untuk kebutuhan custom. Memang bukan sasis maupun mesin Chevrolet AK series asli karena kebanyakan bodi Chevy Jambrong hidup menempel pada sasis lain seperti sasis Chevrolet LUV sampai Toyota Crown. Harga jual Chevy Jambrong sekarang juga sudah sangat gelap karena banyak yang dibesi tuakan pada dasawarsa 70an karena dianggap tidak ekonomis untuk usaha.

Spesifikasi Chevrolet AK series ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet AK Jambrong
Jenis Pickup
Truk
Tipe AK C/E
Mesin Inline 6 OHV 3500cc
Inline 6 OHV 3700cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments

  1. Mobil Pak Kumis...😁😁😁, bempernya lucu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disisi lain ada yang bilang tampang mobil ini sangar dan menyeramkan....

      Delete

Post a Comment