Chevrolet Action Line & GMC Glamour C/K (1967 - 1973)

Chevrolet C10 Action Line pickup custom

Berdasarkan namanya, nama C atau K pada pickup asal General Motors ini memakai awalan huruf C didepan menandakan mobil ini memakai penggerak 2WD roda belakang sementara untuk awalan huruf K menandakan penggunaan penggerak 4 roda atau 4WD. Versi minibus penumpang mobil ini diberi nama Chevrolet / GMC Suburban. Tidak seperti generasi pendahulunya yang memiliki nama khusus seperti Task Force atau Advance Design, generasi kedua dari seri C/K ini pada awalnya tidak diberi nama. Namun ketika generasi kedua dari C/K muncul, barulah model pikap ini diberi nama Action Line untuk Chevrolet dan Glamour untuk GMC. Sama seperti generasi pendahulunya, pickup C/K ini tersedia dengan berbagai ukuran yang diukur dari kapasitas muatnya. Versi kecil yang biasa dipakai sebagai pickup komersil disebut dengan nama Apache sementara versi besar yang biasa dipakai sebagai truk dan bus dikenal dengan nama Viking.

Bentuk dari pickup Apache ini cukup modern dimasanya dengna bentuk serba kotak yang lebih sederhana dibandingkan dengan Chevrolet C/K generasi sebelumnya yang terkesan bertumpuk pada bagian moncongnya. Pickup ini tersedia dalam 2 merk yaitu Chevrolet dan GMC sama seperti generasi-generasi sebelumnya. Untuk versi Chevrolet, ciri khasnya ada pada lampu depan berbentuk bulat yang hanya sepasang dan grill palang 1 besar dengan embos CHEVROLET besar dan lampu sein didalam palang grillnya. Versi GMCnya lebih sporti dengan 4 lampu bulat dan grill berbentuk palang dengan logo GMC besar ditengahnya.

Varian yang paling populer di Indonesia adalah Chevrolet C10 yang berukuran 1⁄2 ton, diatasnya terdapat varian ¾ ton dengan kode C20 yang varian 1 ton dengan kode C30. Ketiganya merupakan varian light duty dengan ukuran yang paling kecil. Selanjutnya terdapat varian 1 1⁄2 ton dengan kode C40, light 2 ton dengan kode C50 serta 2 ton dengan kode C60 yang juga masih disebut Apache. Untuk GMC, sistem penamaanya menggunakan angka 1500, 2500 dan 3500 yang kembar dengan Chevrolet 1⁄2 ton, ¾ ton dan 1 ton.

Berbeda lagi untuk versi besarnya yang diberi nama Viking dimana ciri khas nya ada pada lampu depan 4 buah yang posisinya ditumpuk secara vertikal. Hal ini dilakukan untuk mengadopsi bentuk kap mesin yang meninggi. Versi besar alias heavy duty ini hanya tersedia dalam merk Chevrolet dengan Chevrolet light 2 1⁄2 tonne dengan kode C70 serta 2 1⁄2 tonne dengan kode C80.

Varian bak pikap yang tersedia ada beberapa macam baik versi Chevrolet maupun versi GMC. Secara umum, terdapat 2 varian bak yaitu bak kuping dengan ciri khas rumah roda belakang menjorok kebelakang dan terdapat pijakan kaki didepan bak serta bak rata bodi dengan dek yang juga rata. Chevrolet memberi nama Stepside untuk versi bak kuping dan Fleetside untuk versi bak rata. GMC sendiri memberi nama versi pickup bak kuping dengan nama Fenderside sementara bak ratanya diberi nama Wide-Side.

Mesinnya sendiri sebenarnya cukup beragam mulai dari inline 6, V6 dan V8 termasuk mesin Chevy Small Block 350 cu in yang legendaris. Di Indonesia sendiri sepertinya lebih banyak yang memakai mesin 6 silinder segaris dengan konfigurasi OHV 12 valve berkapasitas 250 cu in atau sekitar 4100cc. Mesin yang merupakan generasi ketiga dari mesin yang menghidupi lini pickup Chevrolet dan GMC sebelumnya ini untuk varian 250 cu in mampu menghasilkan tenaga sebesar 115Hp dan torsi 318Nm. Untuk menggerakkan rodanya digunakan transmisi manual Muncie SM465 4 percepatan atau otomatik 3 percepatan Turbo-Hydramatic TH350.

Di Indonesia, populasi pickup ini tergolong sudah cukup langka tidak seperti generasi sebelumnya. Ini karena mobil-mobil General Motor di Asia termasuk Indonesia sudah mulai menggunakan mobil Jepang (Isuzu) seperti LUV yang dijual dengan merk Chevrolet. Pengguna paling banyak ada pada area pertambangan dan perkebunan di Sumatera dan Kalimantan yang membutuhkan mobil pikap 4WD. Tidak heran kalau kemudian kini ketika pikap Action Line maupun Glamour naik pamor karena pengaruh media massa membuat harganya mahal.

Spesifikasi Chevrolet Action Line & GMC Glamour C/K (1967 - 1973) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chevrolet Action Line C/K (1967 - 1973)
Jenis Pickup
Truk
Tipe C / K
Mesin 250 cu in OHV 12 valve 4100cc
Bore X Stroke 98.4 X 89.7 mm (250 cu in)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Otomatik 3 Speed
Wheelbase 2.921 mm (short)
Panjang 4.788 mm (short)
Lebar 2.006 mm
Tinggi 1.779 mm


Comments

  1. Sayang sekali, padahal mobil tersebut bisa dibilang tangguh dan kuat segala medan, dulu Ayah dari ibu saya (buyut) pernah punya, yang lampu empat / C. Terakhir liat kesisa kepalanya aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang sekali ya, sekarang bahkan bodi kepalanya saja bisa mahal karena dicari untuk dipasangkan ke sasis pikap baru macam Strada atau Hilux misalnya.

      Delete
  2. Setengah ton berat juga ya?😀😀😀

    ReplyDelete

Post a Comment