Holden JE/JJ Aska

Holden Aska 2000

Holden Aska merupakan upmarket dari Holden JB Camira dimana pada dasarnya keduanya adalah mobil yang sama. Pada awalnya, Aska merupakan mobil buatan Isuzu yang kemudian dijual dengan merk-merk General Motor lain seperti Holden di Indonesia. Nama Aska sendiri berasal dari nama Asuka yang merupakan tempat bersejarah Jepang kuno.

Di Indonesia, Holden Aska pada dasarnya memiliki bentuk berupa Holden Camira facelift 1984 di Selandia Baru yang berbeda dengan Holden Camira di Australia. Lampu depannya mengotak lebih besar sedikit dibandingkan Holden JB Camira dan lampu belakangnya model polos tidak seperti Camira yang memakai model belimbing. Sisanya, untuk panel bodinya masih sama persis dengan Holden Camira dengan sedikit penyesuaian.

Mesin yang digunakan Holden Aska adalah mesin Isuzu tidak seperti Camira yang buatan Opel. Mesin Isuzu 4ZC1 dengna konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve yang juga diusung oleh Isuzu Trooper bensin. Pada Holden Aska mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 100Hp pada 5400Rpm dan torsi 167Nm pada 5400Rpm. Untuk menggerakkan 2 roda depan tenaga mesin dihubungkan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Jargon "ASKA Tekno Maju" menandakan penggunaan fitur modern pada jamannya. Fitur pada Holden Aska cukup lengkap dimana Holden Aska memakai power steering yang bisa mengubah setir dari ringan, sedang dan berat menggunakan VSS (Vehicle Speed Sensor) seperti mobil modern. Lainnya terdapat pengaturan kaca spion elektrik, lampu kabin yang mati otomatis ketika pintu ditutup, central lock serta power windoe yang menjadi standar. Cukup berbeda jika dibandingkan dengan Camira yang masih serba manual.

Holden Lincah sedan diesel 2000cc

Varian lain dari Holden Aska ini adalah Holden Lincah 2000 yang merupakan Holden Aska dengan kandungan lokal sangat tinggi dan bermesin diesel. Berbekal dari cita-cita membuat mobil sendiri, di Indonesia juga dibuat varian sedan dari Holden Lincah 2000cc dengan nama demikian. Mesinnya menggunakan mesin diesel Isuzu buatan Mesin Isuzu Indonesia dengan 80% komponen lokal. Mesin pres dari PT Amalgam bertanggung jawab membuat bodi mobil yang mirip dengan Holden Camira dan Aska. Shockbreakernya disuplai oleh PT Ionuda. Aki dibuat oleh PT Intryda sementara velk buatan PT Inkoasku. Bagian yang cukup sulit seperti transmisinya merupakan buatan Wahana Eka Pratama.

Holden Aska juga sempat mengalami facelift dengan penggunaan aksen chrome lebih besar pada grill depannya hingga penggunaan warna two tone. Namun sama seperti Holden lainnya yang lahir pada dasawarsa 80an, peminatnya cukup sedikit membuatnya menjadi langka saat ini. Diperparah lagi minat masyarakat Indonesia saat ini yang lebih memilih untuk merestorasi Holden-Holden tua era 60an dan 70an membuat Holden Aska dan juga Camira menjadi terlupakan.

Spesifikasi Holden JE/JJ Aska ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden JE/JJ Aska
Jenis Sedan
Tipe JE
Mesin Isuzu 4ZC1 SOHC 8v 1995cc
Bore X Stroke 88.0 X 82.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.580 mm
Panjang 4.440 mm
Lebar 1.670 mm
Tinggi 1.375 mm


Comments

  1. Pernah naik mobil holden aska di Surabaya tuk taxi. Seingat saya tahun 1987 an. Ini mobil tuk armada taxi di surabaya yaitu taxi surya.

    ReplyDelete

Post a Comment