Holden HK/HT/HG Belmont, Kingswood, Premier

Holden HK Belmont

Akhir dasawarsa 60an di Amerika sedang terjadi persaingan sengit di pasar otomotif. Tidak kalah, Australia juga mengalami persaingan yang cukup sengit dimana Ford menjagokan Falcon XR serta Chrysler Valiant VE. Holden sendiri tidak berdiam diri, pada tahun 1968 Holden juga memperkenalkan model baru dengan generasi HK yang dilanjut HT dan HG. Sistem penamaan tipenya juga berubah sedikit untuk melawan kedua seterunya serta peluncuran tipe baru berupa Monaro serta Brougham.

Berbeda dengan Holden Special yang menjadi pendahulunya, generasi keenam dari sedan Holden ini terlihat lebih kotak meninggalkan desain  dengan dekorasi space race yang ditampilkan oleh Holden EJ dan EH. Desainnya sendiri menganut model coke bottle dimana desain ini disebut demikian karena tampilan profil sampingnya terlihat seperti botol coca cola dari samping lalu ditambahkan atap. 

Sesuai namanya, Holden membagi generasi keenam dari sedannya kedalam 3 sub generasi berupa HK yang muncul sejak 1968, HT sejak 1969 dan HG sejak 1970. Untuk kelengkapan dan kastanya sendiri Belmont yang menggantikan Holden Standard sebagai tipe termurah, Kingswood yang menggantikan Special sebagai tipe menengah, dan Premier sebagai tipe baru untuk varian paling mewah. Pada generasi ini juga diperkenalkan Brougham yang merupakan tipe yang lebih mewah lagi serta Monaro yang merupakan tipe paling sporty. Di Indonesia sendiri sepertinya hanya Holden Belmont dan Kingswood sedan serta station wagon saja yang diproduksi oleh PT Udatimex Surabaya.

Untuk membedakan antar sub generasinya, bagian yang mudah untuk mengidentifikasinya adalah dilihat dari belakang. Holden HK memiliki lampu belakang yang kecil dengan lis chrome besar dibagian luar sementara dibagian dalam kluster lampu terdapat lis chrome kecil. Holden HT memiliki lampu belakang model kotak split atas bawah dengan palang tengah sewarna bodi dan lis lampu chrome kecil serta terdapat lis chrome kecil yang menyambung dari kanan ke kiri dibagian atas. Holden HG memiliki lampu belakang kotak besar dengan lis chrome besar mengikuti lekukan pada bodi bekalakang  yang menyambung dari kanan ke kiri serta atas dan bawah.

Sementara itu, untuk membedakan antar tipenya dari bagian eksteriornya bisa dilihat pada Belmont dan Kingswood menggunakan lampu depan bulat sepasang saja sementara Premier serta Brougham yang lebih mewah lagi menggunakan lampu depan bulat 4 buah. Belmont memakai atap sewarna bodi sementara tipe lainnya menggunakan atap two tone dimana pada generasi HK warna keduanya juga ada disekeliling kaca belakang sementara generasi HT dan HG sekeliling kaca belakangnya sewarna bodi utama. Untuk Premier dan Brougham, bagasinya lebih panjang serta khusus unutk Brougham memiliki lampu belakang model vertikal bukannya horisontal seperti yang lainnya.

Tidak hanya model, penamaan tipe serta tipe baru saja yang baru. Mesin yang digunakan adalah mesin baru dengan mesin Holden red 186 ci dengan konfigurasi OHV 6 silinder segaris berkapasitas 3048cc. Dengan pemasok bahan bakar karburator, mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga sebesar 145Hp. Untuk menggerakkan roda belakangnya digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Terlahir sebagai mobil yang besar dengan kemewahannya yang tidak terlalu mencolok, membuat Holden termasuk seri HK, HT dan HG ini cukup populer digunakan sebagai mobil dinas pemerintahan. Permintaannya cukup banyak karena juga digunakan sebagai mobil dinas perusahaan swasta maupun perusahaan minyak. Sayangnya karena stigma boros bensin, akhirnya banyak Holden-Holden seperti ini dibuang dan dihancurkan pada dasawarsa 90an. Tidak heran kalau kemudian populasinya menjadi cukup langka saat ini.

Spesifikasi Holden HK/HT/HG Belmont, Kingswood, Premier ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden HK/HT/HG Belmont, Kingswood, Premier
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe HK
HT
HG

Mesin Holden Red i6 186 ci / 3000cc
Bore X Stroke 92.07 X 76.25 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.819 mm
Panjang 4.694 mm
Lebar 1.814 mm
Tinggi 1.412 mm


Comments