Hillman Mink Mark I sampai VIII

Hillman Minx Indonesia

Merk Hillman pada awalnya adalah pembuat sepeda kecil lalu menjadi pembuat mobil yang bangkrut karena krisis moneter akhir tahun 1920an. Untungnya group Rooters menyelamatkan Hillman dan memulai lagi Hillman dengan menghadirkan Hillman Wizard. Gagal total secara penjualan membuat Hillman berkreasi membuat Hillman Minx yang lebih kecil dan kemudian cukup sukses di jalanan Inggris sana.

Hillman Minx pertama kali membuat Hillman Minx pada tahun 1931 setelah kegagalan Hillman Wizard yang berukuran lebih besar dan menjanjikan banyak hal. Bentuknya masih mirip-mirip dengan desain sedikit membulat khas mobil era 1920an. Pada saat perang dunia kedua, Hillman mengurangi sementara produksi mobilnya untuk membantu keperluan perang dan kemudian melanjutkan kembali produksi mobil-mobilnya pada 1946. Model pasca perang inilah yang kemudian dikenal sebagai Hillman Minx Mark I sampai Mark VIII.

Hillman Minx Mark I pada dasarnya masih memiliki bentuk yang mirip dengan Hillman Minx sebelum perang dengan daya desain yang disebut sebagai art deco. Ciri khasnya adalah spakbor model terpisah dengan grill menjulang tinggi dan sedikit membulat agar aerodinamis. Lampu depannya sendiri memakai model terpisah dengan gagang yang tertancap diantara grill depan dan spakbor. Antara tahun 1947 dan 1948, muncul pembaruan dengan Hillman Minx Mark II dimana masih mengusung model art deco ala 1930an namun posisi lampunya kini berada diujung spakbor depan. Bentuk spakbor depannya juga menjadi lebih tinggi ala bentuk fender mobil era setelahnya.

Memasuki 1948, muncul model baru dari Hillman Minx dengan desain yang disebut dengan Ponton dimana kap mesin dan fender depan menyatu dengan bentuk membulat. Model ini disebut sebagai Hillman Minx Mark III. Nomenklatur Mark baru diperkenalkan pada generasi ini sementara 2 generasi sebelumnya lebih kearah penyebutan tidak resmi dari para fans dan pengguna Hillman Minx. Pada tahun 1949 muncul Hillman Minx Mark IV dengan perbedaan adalah penggunaan mesin 1265cc yang baru sementara Minx generasi sebelumnya masih menggunakan mesin 1100cc. Tahun 1951 muncul Hillman Minx Mark V dengan perbedaan tambahan lis chrome disamping body serta rem tangan yang posisinya berada dilantai bukan lagi didashboard.

Tahun 1953 muncul Hillman Minx Mark VI dengan model baru terutama ubahan pada bagian grill depan, setir palang 2 serta bagian ujung depan kap mesin yang tidak terlalu menonjol. Pada tahun 1953 muncul Hillman Minx Mark VII yang masih sama dengan Mark VI hanya saja bagian belakangnya sedikit berbeda karena menggunakan mud guard yang lebih panjang dan bagasi yang lebih besar. Iterasi terakhir muncul pada tahun 1954 dengan Hillman Minx Mark VIII dimana perbedaannya hanya dibagian mesin yang kini menggunakan mesin 1390cc.

Hillman Minx belakang

Pada awalnya, mesin yang digunakan adalah mesin 1185cc yang masih sama dengan Hillman Minx sebelum perang dunia kedua. Setelahnya digunakan mesin 1265cc lalu terakhir digunakan mesin 1390cc. Semua mesin ini menggunakan konfigurasi yang sama dengan mesin 4 silinder segaris OHV dan karburator. Untuk menyakurkan tenaga mesin ke roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan dengan sinkromesh pada semua gigi sejak Hillman Minx Mark VI.

Pilihan bodinya sendiri ada banyak. Pada awalnya hanya sedan 4 pintu yang tersedia ditemani dengan station wagon 5 pintu dan drophead coupe alias convertible 2 pintu. Memasuki generasi Minx Mark VI, muncul varian hardtop coupe yang disebut sebagai Hillman Minx Californian dimana ciri khasnya adalah 2 pintu atap hardtop tanpa pillar B dan bentuk kaca belakang yang berbeda.

Hillman Minx selain diproduksi di Inggris juga diproduksi di negara-negara persemakmuran Inggris seperti Australia dan Selandia Baru. Karena diproduksi di Australia, Hillman Minx juga dimodifikasi untuk menyesuaikan selera pasar lokal Australia dengan dihadirkannya Hillman Minx Ute atau pickup. Meski begitu sebenarnya Hillman Minx pickup sudah ada sejak awal perang dunia kedua di Inggris yang populer disebut Minx Tilly. Namun kemudian hanya Australia dan Selandia Baru saja yang melanjutkan versi pickup ini sementara di Inggris selesai perang maka produksinya juga dihentikan.

Isuzu Hillman Minx

Sebelum membuat mobilnya sendiri, Isuzu sempat membuat Wolseley A9 dan membuatnya sebagai mobil penumpang pertama buatan Jepang. Saat itu Isuzu masih bernama Tokyo Ishikawajima shipbuilding & engineering. Tahun 1949 kemudian didirikan Isuzu Motors. Pada dasawarsa 1950an, Isuzu yang ingin menjual mobil ke pasar ekspor seperti Amerika belum mampu untuk membuat mobil sendiri sementara Wolseley A9 sudah terlalu tua karena pada dasarnya merupakan mobil tahun 1920an. Oleh karena itu kemudian Isuzu membuka kerjasama dengan Rooters dimana dengan aturan-aturan untuk industri otomotif Jepang membuat Isuzu bisa membuat Hillman Minx versi Isuzu untuk dijual di Jepang maupun eksport.

Model pertama yang dibuat Isuzu ini adalah Hillman Minx Mark VI yang diberi kode oleh Isuzu sebagai PH10 pada tahun 1953. Karena Hillman Minx terus diperbarui tiap tahun sementara Hillman Minx rakitan Isuzu ini dirakit secara CKD, maka Isuzu juga memperbaru Minx rakitannya setiap tahun meski terlambat setahun dibandingkan Minx dari Inggris. Hillman Minx Mark VII dikenal sebagai PH11 dan Minx Mark VIII dikenal sebagai PH12.

Memasuki tahun 1957, biaya impor kit CKD dari Hillman membengkak hingga 30% membuat Isuzu kemudian mengembangkan Hillman Minx dengan 100% komponen lokal Jepang. Hillman Minx 100% Jepang ini muncul pada tahun 1957 dan dijual bahkan bersamaan dengan pengganti Minx yang dikenal sebagai Audax Minx. Pengalaman membuat Hillman Minx inilah yang kemudian menghantarkan Isuzu untuk membuat mobil mereka sendiri seperti Isuzu Bellel dan Isuzu Bellett yang kemudian menjadi pengganti Minx versi Isuzu..

 Spesifikasi Hillman Minx ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Hillman Minx
Jenis Sedan
Tipe Minx
Mesin 1185cc
1265cc
1390cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.362 mm
Panjang 4.061 mm
Lebar 1.575 mm
Tinggi 1.524 mm


Comments