Toyota Hiace H10

Toyota Hiace H10 Pickup Indonesia

Kultur otomotif berupa van bisa ditelusuri awal mulanya pada dekade 60an dimana kendaraan yang bisa mengangkut banyak orang maupun barang. Tidak hanya itu, mobil-mobil van ini banyak yang berasal dari light commercial vehicle yang kemudian dimodifikasi menjadi kendaraan penumpang. Memang tidak sepopuler di Amerika pada dekade 70an, namun di Jepang salah satu van yang kemudian menjadi ikon tersendiri dimulai dari Toyota yang menghadirkan Toyota Hiace generasi pertama.

Hiace sendiri pada awalnya diluncurkan pada tahun 1967 di Jepang sana menanggapi Prince Motor yang digabungkan kedalam Nissan dimana Prince Motor memiliki Prince Homer pickup dimana versi minibusnya juga tersedia dengan nama Prince Homy yang kemudian menjadi Nissan Homy sejak 1965. Desainnya sendiri mengikuti trend mobil cab over yang populer di Eropa dan trend di Amerika sana dengan VW Kombi, Ford Ecoline, sampai Dodge A100.

Di Indonesia, Toyota Hiace generasi pertama ini sebenarnya sudah masuk sebelum adanya PT Toyota Astra Motor. Bentuk bodinya juga ada bermacam-macam, mulai dari pickup, pickup dengan kanopi untuk bisa membawa penumpang macam angkot dan mobil omprengan, van alias minibus yang dilengkapi dengan pintu geser serta panel van atau yang sekarang lebih populer disebut sebagai blind van. Pada tahun 1974, PT Toyota Astra Motor mulai membuat versi CKD dari Toyota Hiace meskipun yang diproduksi di Indonesia ini hanyalah varian pickupnya saja. Varian minibus dari Hiace yang masih dibuat diluar negeri ini cukup banyak digunakan oleh instansi pemerintahan. Sementara itu, Hiace pickup di Indonesia juga banyak yang dikaroseri menjadi minibus dengan bentuk yang berbeda dengan versi luar negerinya.

Untuk bagian mesin, Hiace ditawarkan dalam berbagai macam mesin, mulai dari 1300cc, 1500cc, 1600cc sampai 1800cc dimana semuanya menggunakan mesin 4 silinder. Namun di Indonesia yang diproduksi lokal adalah mesin 12R dengan konfigurasi 4 silinder segaris berkapasitas 1600cc. Mesin ini diklaim sanggup mengahasilkan tenaga sebesar 83Hp pada 5400Rpm SAE. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Kini tidak banyak Toyota Hiace generasi pertama yang tersisa. Selain karena memang penjualannya yang lebih sedikit dibandingkan misalkan Mitsubishi Colt T120 dan Toyota Hiace H20 yang menjadi penerusnya juga karena karat dan keropos yang jamak menyerang mobil-mobil Jepang. Terlebih lagi mobil-mobil sebelum era 80an dimana teknologi anti karat dalam proses produksinya masih belum bagus.

Spesifikasi Toyota Hiace H10 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Hiace H10
Jenis Pickup
Tipe H10
Mesin R12 SOHC 1600cc
Bore X Stroke 80.5 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.350 mm
Panjang 4.305 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.890 mm


Comments