Suzuki Carry L50/L60

Suzuki Carry L50 pickup

Sebelum menjadi legenda dikalangan pengusaha di tanah air memasuki medio 80an, Suzuki Carry sudah jauh sebelum itu menjadi andalan para pengusaha. Mobil yang kecil, murah dan irit bahan bakar menjadi resep andalan Suzuki Carry bahkan sejak dulu. Tidak heran kalau kemudian Suzuki Carry generasi kelima dengan kode bodi L50 yang diperkenalkan tahun 1972 ini menjadi mobil pickup kei paling laris di Jepang saat itu.

Setelah sebelumnya Suzuki memakai jasa Giorgetto Giugiaro dari rumah desain Italdesign, Carry generasi kelima ini memakai model yang disemupurnakan dan memperbaiki desain yang terlalu canggih dari rumah desain ternama agar lebih bisa diterima calon konsumen komersil yang lebih menginginkan bentuk yang lebih sederhana dan murah. Perbedaan lainnya bisa dilihat pada lampu yang kini menjadi bulat, tidak adanya jendela kupu didepan, sampai posisi lampu sein yang pindah dari yang tadinya diatas lampu depan menjadi disamping lampu depan.

Generasi kelima dari Suzuki Carry ini terbagi dalam 2 kode bodi yaitu L50 untuk kei can L60 untuk non kei. Perbedaan paling utama ada pada mesinnya dimana L50 memakai mesin 360cc sesuai peraturan kei jidosha di Jepang sana sementrara L60 menggunakan mesin 450cc untuk menyesuaikan kebutuhan dimana pasar luar Jepang tidak terlalu berpengaruh menggunakan mesin yang lebih besar. Selain pickup bak standar, juga ada pilihan bak 3 way dengan kode bodi ditambah angka 1 menjadi misalnya L61. Pilihan bodinya sendiri juga ada 2 untuk semua varian. Varian pickup sebagai varian default dan varian minibus dimana kode bodinya ditambah huruf V menjadi misalnya L60V. Untuk varian minibus ini, pintu belakangnya sudah memakai model sliding door.

Seperti yang dijelaskan diatas, untuk seri L50 menggunakan mesin L50 dengan konfigurasi 2 tak 2 silinder segaris berkapasitas 356cc. Mesin ini sudah menggunakan sistem pelumasan CCI dan karbuator mikuni serta pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 29Hp pada 5500Rpm dan torsi 36Nm pada 5000Rpm. Untuk seri L60 menggunakan mesin L60 yang masih sama dengan mesin L50 hanya saja kapasitas mesinnya dinaikkan menjadi 450cc. Untuk menggerakkan kedua roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Di Indonesia, Suzuki Carry generasi ini hadir ketika ATPM mobil Suzuki masih dipegang oleh PT Azeyma. Nama Azeyma sendiri merupakan singkatan dari para pendiri perusahaan yaitu Abdullah Manaf dan Zeyn Manaf yang merupakan kakak beradik pengusaha asal Aceh. Keagenan mobil Suzuki ini kemudian berpindah ke PT Indomobil Suzuki pada tahun 1976. Carry generasi L50 ini sendiri dijual antara tahun 1973 sampai sekitar 1974 atau 1975. Populasi Carry L50 maupun L60 sudah semakin langka karena kalah pamor dibandingkan dengan Suzuki ST20 yang lebih sesuai dengan kondisi Indonesia. Tidak heran kalau kemudian sulit sekali menemukan Carry sebelum generasi truntung di jalanan Indonesia.

Spesifikasi Suzuki Carry L50/L60 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Carry L50/L60
Jenis Pickup
Tipe L50
Mesin FB L50 2 tak 2 silinder 360cc
Bore X Stroke 61.0 X 68.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A


Comments