Fiat 500 Topolino

Fiat 500 Topolino C

Jalanan kota besar di Italia yang merupakan bekas peninggalan kekaisaran Romawi yang dibangun ribuan tahun sebelum adanya mobil membuat mobil kota sangat populer di Italia. Salah satu pionir mobil perkotaan ini adalah Fiat 500 yang juga dijuluki Fiat Topolino. Topolino sendiri merupakan sebutan untuk Fiat 500 generasi pertama ini meruapakan kata dari bahasa Italia yang berarti "tikus kecil", bayi tikus atau cindil. Nama Topolino sendiri juga dipakai tokoh kartun Walt-Disney versi Italia yang di Indonesia lebih dikenal sebagai Mickey Mouse.

Jauh sebelum adanya quadricycle, bubble car maupun micro car yang populer setelah perang dunia kedua, Fiat 500 Topolino ini menjadi salah satu mobil paling kecil didunia saat itu. Kapasitas muatnya hanya 2 orang dengan panjang tidak sampai 3,3 meter. Meskipun hanya didesain untuk muat 2 orang, namun banyak juga orang Italia saat itu yang menyalah gunakannya dengan memuat 4 orang yang akhirnya membuat Fiat memperkuat suspensi belakangnya dengan menambah lembar per daun selain juga sedikit menambah panjangnya meski tidak terlalu signifikan.

Fiat 500 Topolino dijual antara tahun 1937 sampai 1955. Dalam rentang masa produksinya tersebut, Fiat Topolino mengalami setidaknya 3 kali ubahan dimana setiap ubahannya menambah suffix A, B, dan C. Model pertama dari Fiat 500 ini adalah Fiat 500 A dengan ciri muka depannya melengkung mengikuti garis lekukan body dari samping dengan grill depan besar yang dibekali dengan palang vertikal. Lampu depannya juga memakai model terpisah tidak menyatu dengan body.

Pada tahun 1948, muncul Fiat 500 B yang memiliki bentuk sama persis dengan Fiat 500 A. Hanya saja mesinnya mengalami ubahan total dimana bila sebelumnya memakai mesin side valve, kini sudah menggunakan mesin OHV. Tenaganya pun naik menjadi 16Hp dari yang sebelumnya hanya 13HP. Fiat 500 B ini sayangnya hanya diproduksi sangat sebentar saja sampai tahun 1949 yang akhirnya membuatnya sangat langka didunia.

Fiat Topolino

Memasuki tahun 1949, Fiat memperbarui Fiat 500 dengan memperkenalkan Fiat 500 C. Bentuk muka depannya berubah menjadi lebih menyatu dengan fendernya meninggalkan desain art deco menjadi ponton. Lampu depannya menyatu dengan fender depan ditambah lagi grill depannya menjadi horiontal meninggalkan aksen vertikal. Sisanya, masih murip dengan Fiat 500 B termasuk juga mesinnya. Ciri khas Fiat 500 yang memiliki atap model rag top serta pintu model suicide masih dipertahankan pada model terakhir pada generasi ini.

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf diatas, mesin yang dipakai Fiat 500 ini ada 2. Pada awalnya digunakan mesin Fiat dengan konfigurasi 4 silinder segaris side valve dengan kapasitas 569cc. Mesin yang diletakkan di bagian depan mobil ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 13 Hp saja. Sejak 1948 ketika Fiat 500 B diperkenalkan, mesin ini mengalami ubahan dengan konfigurasi tetap 4 silinder segaris berkapasitas 569cc hanya saja kini menjadi OHV. Untuk menggerakkak kedua roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan yang sudah dilengkapi dengan sinkromesh.

Di Indonesia, Fiat Topolino sepertinya cukup populer karena harganya yang cukup murah karena ukurannya yang kecil. Memang sepertinya tidak banyak yang selamat seperti mobil lainnya dimana ketika tentara Jepang masuk pada tahun 1942, ada banyak mobil-mobil rakyat Hindia Belanda yang dirampas untuk dilebur dijadikan bahan baku senjata untuk perang. Salah satu importir Fiat 500 ini di Indonesia adalah N.V. Automobiel Mij. Fiat Java yang mana jauh sebelum adanya PT Daha Motor yang kelak menjadi ATPM Fiat di Indonesia.

Spesifikasi Fiat 500 Topolino ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat 500 Topolino
Jenis Sedan
Tipe 500
Mesin Fiat i4 side valve 569cc
Fiat i4 OHV 569cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.000 mm
Panjang 3.215 mm
3.245 mm
Lebar 1.275 mm
Tinggi 1.377 mm


Comments