Fiat 500 Giardiniera & Belvedere

Fiat 500 Giardiniera off road

Selain dibuat dalam bentuk sedan, Fiat 500 atau yang lebih dikenal sebagai Fiat Topolino juga tersedia dalam bentuk van atau minibus. Nama Topolino sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti tikus kecil. Untuk varian minibusnya setelah perang dunia kedua diberi nama Fiat 500 Giardiniera. Namanya sendiri juga sangat sesuai dengan tugasnya. Dalam bahasa Italia, Giardiniera artinya adalah tukang kebun. Sangat pas karena di Indonesia, mobil ini banyak dipakai oleh dinas perkebunan untuk melakukan tugasnya pada jamannya.

Pada dasarnya, mobil ini adalah varian van atau minibus dari Fiat 500 Topolino sedan dan lebih tepatnya Fiat Topolino C yang merupakan facelift ketiga. Hanya saja, mobil ini keluar ketika terjadi krisis material di Eropa. Setelah perang dunia kedua usai, bahan baku dan industri belum bisa sepenuhnya bangkit dari kerusakan sampai fokus untuk produksi mesin perang. Karenanya mobil-mobil dijaman itu kemudian dibuat dari bahan kayu untuk bagian bodynya dimana ternyata masyarakat juga senang dengan hal ini. Di Amerika sendiri populer sebutan woody untuk mobil-mobil seperti ini.

Fiat Topolino sendiri pada dasarnya merupakan mobil yang sangat kecil. Karenanya meski sebagai van, mobil ini hanya dibekali dengan 3 pintu dan tetap hanya bisa memuat 2 orang saja. Bagian pintu dan body belakangnya terbuat dari kayu dimana konstruksinya memamerkan bagian tulang kerangka kayunya dan baru kemudian diberi lembaran kayu tipis untuk menutup keseluruhan bodinya. Kurang lebih body seperti ini lebih dikenal seperti body oplet oleh orang Indonesia.

Setelah kelangkaan besi di Eropa mulai teratasi sehingga Fiat mampu untuk kembali memproduksi mobil berbody besi, Fiat kemudian mulai merevisi Fiat 500 Giardiniera dengan bodi yang terbuat dari besi. Untuk membedakan dengan Fiat 500 Giardiniera yang menggunakan material kayu, mobil ini kemudian diberi nama Belvedere. Belvedere sendiri memiliki makna berupa bangunan semacam menara untuk melihat kesekeliling.

Meskipun dibuat dari metarial besi, namun bentuk body Fiat 500 Belvedere ini tidak polos seperti Fiat 500 van yang sudah hadir sebelum perang dunia kedua. Bentuk Fiat Belvedere sendiri dibuat mirip dengan Fiat Giardiniera dimana sepintas terdapat tulangan rangka bodi mirip Giardiniera hanya saja terbuat dari besi pun begitu dengan lembaran penutupnya. Dibagian pintu misalnya bila pada Giardiniera terdapat 3 palang untuk rangka kayu, pada Belvedere hanya terdapat 1 palang saja.

Untuk rancang bangun sasis dan mesinnya, mobil masih sama persis dengan Fiat Topolino. Mesin yang digunakan juga ada 2. Pada awalnya digunakan mesin Fiat dengan konfigurasi 4 silinder segaris side valve dengan kapasitas 569cc. Mesin yang diletakkan di bagian depan mobil ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 13 Hp saja. Sejak 1948 ketika Fiat 500 B diperkenalkan, mesin ini mengalami ubahan dengan konfigurasi tetap 4 silinder segaris berkapasitas 569cc hanya saja kini menjadi OHV. Untuk menggerakkak kedua roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan yang sudah dilengkapi dengan sinkromesh.

Spesifikasi Fiat 500 Giardiniera & Belvedere ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Fiat 500 Giardiniera & Belvedere
Jenis Minibus
Tipe 500
Mesin Fiat i4 side valve 569cc
Fiat i4 OHV 569cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.000 mm
Panjang 3.315 mm
Lebar 1.288 mm
Tinggi 1.377 mm


Comments