Holden HD/HR Standard, Special dan Premier

holden hd hr sedan indonesia

Mengikuti selera masyarakat yang terus berubah, Holden kemudian memperbarui lini mobil mereka dengan menghadirkan generasi baru Holden HD pada tahun 1965. Tidak lama berselang, Holden memperbarui generasi sedan Holden dengan munculnya generasi HR pada tahun 1966.

Dilihat dari bentuknya, Holden HD tampil jauh lebih sederhana dibandingkan Holden EH yang digantikannya. Holden HD menjadi lebih minim lekukan dan dekorasi pada lipatan bodinya membuatnya tampil lebih timeless karena terbukti desain kotak Holden HD ini kemudian populer didasawarsa 80an. Bentuk dari Holden HD ini menjadi mirip dengan Vauxhall Victor generasi FC di Inggris yang muncul sejak 1963. Menurut desainernya, Leo Pruneau membuat Holden HD ini tinggi dibandingkan sedan lain seangkatannya dengan cara meratakan lantai dan menaikkan sedikit atapnya sehingga mobil ini muat 6 orang dewasa.

Pada tahun 1966, Holden memperbarui Holden HD dengan menghadirkan generasi Holden HR. Perbedaan antara Holden HD dengan Holden HR adalah bentuk atap dimana pada Holden HR dibuat sedikit lebih panjang mengakomodir kaca belakang yang lebih besar pada Holden HR. Kemudian bentuk grill depannya juga berbeda dengan model sebelumnya selain juga lampu belakang. Pada generasi HR ini jugalah Holden mulai memasang piranti keselamatan wajib seperti sabuk pengaman, washer kaca depan sampai sun visor.

Pada awalnya, Holden HD hanya tersedia dalam pilihan mesin Holden Red dengan konfigurasi 6 silinder segaris 2400cc OHV serta 2900cc OHV. Mesin 2400cc menjadi standar dan untuk mesin 2900cc menjadi opsional kecuali di Holden Premier dimana 2900cc menjadi standar. Pada generasi HR, karena persaingan dengan Ford Falcon, Chrysler Valiant sampai Studebaker Lark Cruiser yang mesinnya lebih besar, Holden menyematkan mesin Holden Red dengan konfigurasi 6 silinder segaris 2600cc menggantikan versi 2400cc dan 3000cc menggantikan 2900cc. Untuk transmisinya digunakan manual 3 percepatan meski ada opsional otomatik 2 percepatan yang disebut Powerglide.

Seperti biasanya, Holden HD dan HR ini dibagi menjadi beberapa trim level. Paling murah ada Holden Standard, kemudian untuk tipe tengah ada Holden Special, dan terakhir untuk tipe paling mewah ada Holden Premier. Ketiga trim level tadi tersedia dalam bentuk sedan maupun station wagon. Selain itu juga tersedia ilihan body lainnya dengan ute atau pickup serta panel van yang kurang lebih berupa station wagon tanpa jendela seperti mobil blind van jaman sekarang.

Untuk fiturnya, tergantung dengan trim level yang dipilih. Holden Standard interiornya masih menggunakan material kain sementara Holden Special menggunakan material vinyl dan Holden Premier kulit. Selain itu, untuk pertama kalinya Holden menawarkan pilihan rem depan cakram menggantikan standarnya yang masih teromol. Kemudian untuk transmisinya tersedia juga opsi otomatik 2 percepatan dari GM Powerglide Automatic.

Di Indonesia, Holden HD dan HR ini sudah cukup langka karena lahir dijaman yang tidak enak ketika Indonesia sedang mengalami krisis dan huru hara baik politik maupun ekonomi yang mengakibatkan orang yang mampu membeli baru mobil ini jarang. Ditambah lagi, nasib mobil tua seangkatannya banyak yang sudah habis pada era 80an dan 90an ketika mobil-mobil seperti ini dianggap tidak berharga sama sekali.

Spesifikasi Holden HD/HR Standard, Special dan Premier ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden HD/HR Standard, Special dan Premier
Jenis Sedan
Tipe HD
HR
Mesin Holden Red i6 OHV 2400cc (HD)
Holden Red i6 OHV 2600cc (HR)
Holden Red i6 OHV 2900cc (HD)
Holden Red i6 OHV 3000cc (HR)

Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatik 2 Speed
Wheelbase 2.692 mm
Panjang 4.600 mm
Lebar 1.778 mm
Tinggi 1.481 mm


Comments