Ford Mainline, Customline, Fairline 1955 - 1956

1955 Ford Fairline

Memasuki tahun 1955, persaingan mobil di Amerika antara grup Ford, General Motor dan Chrysler Coorporation untuk kelas bawah yang diisi Ford, Chevrolet dan Plymouth mulai panas. Bagaimana tidak, saat itu negara-negara asia dan eropa hancur karena perang sementara Amerika Serikat yang rakyatnya 10 tahun sebelumnya dapat uang setelah dipaksa bertempur bisa beli mobil yang menjadi simbol status sebelumnya. Didukung dengan ekonomi kapitalis dan peningkatan ekonomi membuat pabrikan berlomba-lomba merebut hati pelanggannya dengan mobil-mobil yang semakin baik. Tidak ketinggalan Ford yang memperbarui mobil mereka pada tahun 1955 dengan Mainline, Customline dan Fairline.

Bila dilihat lebih mendalam, ternyata mobil baru Ford tahun 1955 ini masih mirip dengan mobil Ford tahun 1952 secara mekanikal seperti kaki-kaki sampai mesinnya. Secara kasar, hanya bodi saja yang dibuat menjadi lebih modern mengikuti trend tahun 1950an pertengahan. Meninggalkan desain ponton, Ford tahun 1955 mulai bereksperimen dengan desain jet age yang memiliki ciri sayap batman dan inspirasi pernik desain ala roket dan luar angkasa yang awalnya diperkenalkan oleh Cadillac pada 1948.

Untuk versi dasar, namanya adalah Ford Mainline. Untuk versi tengah, nama mobil ini menjadi Ford Customline. Sementara itu versi tinggi namanya Ford Fairline. Perbedaan antar ketiganya selain pada kelengkapan dan bahan interior serta aksesorisnya ada pada jenis bodi yang ditawarkan. Ford Mainline tersedia dalam sedan 4 dan 2 pintu serta coupe. Ford Customline tersedia sebagai sedan 2 dan 4 pintu serta hardtop coupe 2 pintu. Tipe paling atas ada Ford Fairline yang tersedia sebagai sedan 2 dan 4 pintu, hardtop 2 dan 4 pintu, serta convertible 2 pintu. Nama Fairlane sendiri berasal dari nama semacam desa atau dusun tempat tinggal Henry Ford, pendiri Ford Motor Company yang berada di Dearborn, Michigan.

Bagi yang masih belum puas dengan Ford Fairline, ada juga Ford Fairline Crown Victoria Transparent Top. Mobil yang punya nama panjang ini punya hal spesial dimana atapnya transparan karena menggunakan bahan akrilik. Kurang lebih mungkin bisa dibilang mirip dengan moonroof pada mobil modern. Sekeliling pillar dan sekeliling atap akriliknya dihiasi dengan lapisan chrome yang membuatnya tampil lebih mewah. Pada tahun 1956, model ini berganti nama menjadi Ford Fairlane Crown Victoria Skyliner.

Selain sedan, mobil ini juga ditawarkan dalam bentuk station wagon. Terdapat 3 model station wagon yang ekuivalen dengan versi sedannya untuk kelengkapan aksesoris dan interiornya. Model wagon tersebut antara lain Ford Ranch Wagon, Ford Country Sedan, dan Ford Country Squire. Tipe wagon ini juga punya versi spesialnya bernama Ford Parklane dimana bodinya station wagon 2 pintu dengan kelengkapan aksesori dan interior seperti Ford Fairlane.

Untuk mesin yang ditawarkan, model standar menggunakan mesin Ford Mileage Maker inline 6 berkapasitas 223 cubic inch atau sekitar 3700cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 120Hp. Selain itu, konsumen bisa memilih opsional berupa mesin V8 Ford Y block berkapasitas 272 cubic inch atau sekitar 4200cc dengan tenaga 162Hp serta 292 cubic inch atau sekitar 4800cc dengan tenaga 188Hp. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 3 percepatan yang diletakkan di kolom setir, manual 3 percepatan dengan overdrive atau otomatik 3 percepatan Fordomatic yang bisa dipilih konsumen.

Secara fitur meski Ford menjadi merk mobil kelas bawah, namun Ford tidak pelit untuk hal ini. Pada tahun 1955 sabuk pengaman 3 titik baru saja ditemukan oleh engineer Volvo namun pelanggan Ford saat itu bisa memesan sabuk pengaman bila mau. Memang secara pabrikan, sabuk pengaman ini tidak dipasang ketika mobil diproduksi melainkan dijadikan semacam dealer option yang instruksi pemasangannya terdapat pada service buletin. Selain itu tahun 1955 juga menjadi pertama kalinya mobil Ford diapasang AC sebagai standar. Opsional AC ini diberi nama Select Aire dimana lubang AC-nya berada dikanan kiri radio atau diatas dashboard.

Spesifikasi Ford 1955 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford 1955
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe Ford
Mesin Mileage Maker i6 OHV 3700cc
Y-Block V8 OHV 4200cc
Y-Block V8 OHV 4800cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatik 3 Speed
Wheelbase 2.934 mm
Panjang 5.042 mm
Lebar 1.928 mm
Tinggi N/A


Comments