Mazda MR90 dan Baby Boomers


Mazda MR90 original

Mazda MR90 aslinya adalah sebuah varian hatchback dari Mazda 323 Familia yang diproduksi tahun 1978 sampai 1980. Rancang bangun mobil ini dibeli oleh Soebronto Laras selaku bos Indomobil dengan niat mengembangkan mobil nasional namun sayangnya proyek ini bisa dibilang sebuah proyek gagal. Disebut gagal karena pada pertengahan tahun 90an diluncurkan mobil Timor yang harga dan desainnya jauh lebih bisa diterima masyarakat Indonesia. Walau diplot sebagai mobil Indonesia, namun ternyata ada MR90 yang sampai ke negeri seberang seperti Fiji misalnya.


Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 oleh Indomobil Group dengan nama Mazda MR90. Nama Mazda MR awalnya merupakan singkatan dari Mobil Rakyat. Sejarah dari mobil ini bisa dilihat pada era 80an dimana pada saat itu Indomobil sudam memiliki mesin sendiri namun membutuhkan sasis dan bodi untuk membuat proyek mobil nasional. Karena dirasa mahal, akhirnya Indomobil membeli moulding atau cetakan untuk Mazda 323 keluaran 70an untuk dikembangkan menjadi mobil rakyat. Memasuki dekade 1990an, akhirnya proyek mobil rakyat ini berjalan dengan lumayan mulus dengan diluncurkannya Mazda MR. Mazda MR juga sempat gencar ditayangkan iklan televisi dan brosurnya dengan jargon "Anda Bukan Barang" dimana disitu terdapat sebuah sasis pickup jadul dengan jok yang diduduki oleh karung .

Sayangnya Mazda MR90 gagal diterima sebagai mobil nasional, nama MR sendiri akhirnya berubah menjadi MisteR Ninety (90). Kegagalan mobil ini disebabkan karena harga jualnya yang pada saat itu dirasa mahal karena mobil ini masuk kategori sedan dengan pajak barang mewah yang tinggi. Pada saat itu Toyota Kijang yang menjadi target utama Mazda MR hanya seharga 18 juta sedangkan Mazda MR dengan fitur yang hampir mirip (AC tanpa PS dan PW) dijual dengan harga 24 juta. Pada tahun 1993 mazda MR mengalami facelift dan meninggalkan nama MR90 dan menggantinya dengan nama Mazda Baby Boomers. Proyek mobil ini kemudian berlanjut diteruskan oleh Mazda Vantrend yang berbentuk station wagon.

Perbedaan mendasar antara Mazda 323 Familia tahun 70an yang menjadi basis mobil ini dengan Mazda MR90 ini adalah bentuk headlamp yang mirip dengan Mazda 626 GC pada MR90 sedangkan Mazda 323 Familia masih menggunakan headlamp bulat/kotak. Selain itu pada bagian belakang terdapat garnish pada MR90 sedang Mazda 323 Familia tidak. Untuk bumper depan dan belakangnya juga berbeda karena pada Mazda 323 Familia masih mengandalkan bumper besi berlapis chrome dengan ujung karet sedang Mazda MR sudah memakai bumper plastik yang lebih modern.

Perbangingan 323 Familia hatchback vs Mazda MR90 dan Baby Boomers

Yang unik dari mobil ini adalah walaupun mobil ini berbentuk hatchback, mobil ini memiliki sistem penggerak RWD (gerak roda belakang / Rear wheel drive) dengan layout FR (mesin depan gerak roda belakang). Rata rata hatchback yang beredar diIndonesia semuanya memiliki sistem penggerak roda depan (FWD). Selain MR90 ini, hatchback yang memiliki sistem penggerak RWD ini adalah Starlet KP61 yang tidak dipasarkan diIndonesia atau BMW seri 1 yang muncul belasan tahun kemudian. Keuntungan dari RWD sendiri adalah lebih handal di tanjakan. Hal ini bisa dianalogikan lebih ringan mendorong sebuah gerobak di tanjakan daripada menariknya.

Perbedaan mendasar antara Mazda MR90 dengan Baby Boomer antara lain :
Mazda MR90
  • Bumper depan dan belakang terbuat dari plat besi
  • Velg standar (kaleng) ring 13 inch
  • Speedo meter, temp meter dan fuel meter sama dengan 323 lama.
  • Masih menggunakan platina
Mazda Baby Boomer
  • Bumper depan dan belakang terbuat dari bahan fiber / plastik
  • Adanya rear wing dan rear wiper
  • Velg racing ring 13 inch
  • Speedo meter, temp meter, dan fuel meter sama dengan Mazda Vantrend
  • Menggunakan CDI
Selain itu, ada juga varian terbatas yang diberi nama Mazda Mister GLX. Perbedaan MR90 GLX dengan MR90 biasa ada pada bumper dan velg standar yang digunakan. Sepintas, MR90 GLX sama dengan Mazda Baby Boomer hanya saja terdapat perbedaan minor. Warna yang ditawarkan MR90 GLX juga lebih ala anak muda dengan kuning, hijau, dan merah cerah ditambah stripping.

Dipasaran, mobil ini dihargai dengan harga yang cukup murah. Harganya berkisar antara 10juta sampai 20juta saja. Mobil ini merupakan pilihan paling baik untuk keluarga kecil yang menginginkan transportasi untuk 4 orang penumpang namun tidak memiliki banyak biaya atau yang menginginkan naik mobil namun hanya punya dana yang hanya cukup untuk membeli motor. Selain harganya yang murah, perawatan dan pemeliharaan mobil ini juga tergolong murah karena teknologi yang digunakan masih sangat sederhana dan banyak bengkel bisa menanganinya. Bahkan jika mau, andapun juga bisa memperbaikinya sendiri.

Kelebihan mobil ini adalah perawatannya yang mudah dan murah. Hanya saja karena didesain untuk menjadi mobil yang terjangkau bagi seluruh kalangan, ada beberapa part yang seharusnya terbuat dari besi malah terbuat dari karet atau plastik yang berakibat pada durabilitas. Handling mobil ini cukup enak meski bagian belakang mengayun jika tidak ada penumpang. Konsumsi BBM juga terkenal sangat irit walaupun teknologi jadul. Kelemahan atau kekurangan mobil ini ada pada masalah mesin yang mudah overheat. Pada bagian belakang juga lumayan sempit karena mobil RWD membutuhkan ruang untuk gardan belakang. Selain itu PCD mobil ini juga termasuk jarang dengan PCD 4X110 sehingga agak menyulitkan untuk penggantian velg.

Spesifikasi Mazda MR90 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda MR90
Jenis Hatchback
Tipe MR90
Mesin Mazda UC SOHC 1415cc
Bore X Stroke 77.0 X 76.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2,311 mm
Panjang 3,820 mm
Lebar 1,595 mm
Tinggi N/A

30 Responses to "Mazda MR90 dan Baby Boomers"

  1. Nompang tanya mas : apa jenis bbm yg coocok utk mazda mr90 (premium, pertalite atau pertamax).?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai premium udah pas kok, toh dijaman mr90 keluar bensin cuma ada premium sama premix 92 (itupun jarang)
      berhubung premium bakal dihapus, pakai pertalite juga nggak apa-apa, toh kijang super saya pakai pertalite terus sampai sekarang masih tetap oke

      Delete
  2. Saya punya MR 90, tapi kok rasanya Boros BBM ya ? Apa yang salah dan apa solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boros itu relatif, penyebabnya ada banyak faktornya sih...bisa busi, filter2, sampai karbu. coba bersihkan dulu karburator dan filter2. jangan lupa setting ulang karena bisa saja setingannya berubah

      Delete
    2. ganti aja karburator
      kijang kotak. dan ganti cdi.

      Delete
  3. saya sudah coba....mobil ini mantappp....sudah saya pakai naik di gunung anjasmoro...ngacirrrr broooo.........

    ReplyDelete
  4. Ane punya nih.. dulu pernah punya tapi dijual buat benerin rumah.
    kemudian punya duit dapetnya Ford Laser, eh ford laser udah rapih ada yg naksir ya ane lepas.
    Jodoh Gak kemana setelah sabar hunting cari kemana2 cari yg bagus malah dapet dekat rumah bekas bu Dokter masih mulus cakep dan standar pokoknya keren...
    cintaku kembali lagi.. insyaallah gak bakal dijual lagi soale cakep banget.. hehehee...

    ReplyDelete
  5. Ni mobil emang mantap bro... Punya ane mazda glx baby boomer, ampe skarang paling cm urusan kaki2 doang yg harus di perhatiin. Maklum medan offroad kalimantan. N baru2 ini mobil gw ditaksir orang n mau di pinang 30 jeti bro. Mantab

    ReplyDelete
  6. Dimana teknisi mazda mr 90. Minta alamatnya

    ReplyDelete
  7. Spesialis mengatasi overheat mesin MR 90/ vantrend hubungi 08128189913 dengan SMS.

    ReplyDelete
  8. Spesialis overheat MR 90 hubungi dengan SMS 08128189913.

    ReplyDelete
  9. iy nich, baru beli jg. keren bgt klu dah jalan...

    tp gmn cara ngatasin overheadny yah

    ReplyDelete
  10. mazda sy udah sedikit ngasap,,,berapa kira2 biaya colter...dan apakah boros ke BBm trims

    ReplyDelete
  11. mazda sy udah sedikit ngasap,,,berapa kira2 biaya colter...dan apakah boros ke BBm trims

    ReplyDelete
  12. mazda saya baru oversize 50 ko kebal starter...

    ReplyDelete
  13. Ane punya mazda mr90 emang mudah overhead tapi klo dibawa jalan pelan antara 20 km tapi klo 30km bertahan ditengah jarum hotnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana ya? klo jalan pelan malah overheat begitu? mungkin fan (kipas) udah mulai melemah, coba dicek. soalnya kalau jalan agak kencang, radiator secara otomatis juga dapat hembusan angin segar seiring mobil melaju

      Delete
    2. Kalo mau gak overheat ganti pulley fan kecil dan fan kijang dijamin mau panas panasan di jakarta macet total pun gak bakalan OH , mau lebih dingin pakein aja radiator 2ply kalo yg standar masih serasa kurang.. MR saya gak pernah OH karena udah banyak dirombak kelemahannya.

      Delete
  14. Kalo cerita Mazda MR lucu juga kalau ditanya orang "mas mobil taun berapa?" pasti dikira taun 70 an secara kap mesin kebuka kedepan bukan kebelakang kayak mobil 80an keatas karena basic awalnya memang 323 HB taun 78 yang cuma di rebranding ulang.sedikit sharing karena mobil ini adalah mobil pertama saya yang saya beli dari nabung sekolah. sekarang saya punya mobil ini di umur 20tahun lumayan keki kalo liat modelnya yang emang Prematur :D hahaha secara muka sama body gak simetris kayak banyak oplas muka sama bokong. haha tapi alasan saya ambil ini mobil jujur estetika body saya kurang suka tapi karena alasan karena RWD ( penggerak belakang ) karena saya punya cita cita kenapa Si MR gak ada yang pakai lagi di dunia balap padahal RWD bisa masuk sana sini Rally , drifting , slalom dan turing padahal di jamannya ini mobil dipake hampir di seluruh event rally nasional karena mesin lumayan besar 1.4L dan bobot ringan serta penggerak belakang dimana dijaman itu jarang sekali 90'an hatchback penggerak belakang rivalnya cuma starlet KP yang harganya bisa 10biji mobil MR , jadi saya tetep pertahanin rawat MR karena gak sulit sulit amat penyakit bawaan MR hanya OH overheat bisa diakalin dengan ganti pulley kecil dan ganti FAN kijang , Dudukan kopling sering lepas karena sangat ringkih bisa diakalin dengan pakai custom bracketnya joni motor bahal besi , masalah klasik KARBU ( maklum umur ) bisa ganti karbu kijang kalo mau beli baru , kelistrikan paling biar jos ganti koil racing dan kabel busi bluefire dan businya yg bagus , sama kekurangan di booster rem yang emg udah bawaan MR remnya ABS ( asal brenti sukur ) bisa ganti booster dan master kijang dijamin jos.. saya pakai Daily PP Jak-Boo 130km +/- tiap hari dan biasa geber di jalur kanan max 170kmh asal brani hehehe banyak potensi bisa digali di mobil ini secara harganya ramah buat kantong mahasiswa kaya saya apalagi yang berduit bisa dijadiin bahan buat mainan kalau nabrak pun gak sayang sayang amat. tinggal beli lagi haha atau swap Rotary 13b sekalian biar kayak di australia..

    salam MBL Reg 1
    gallery IG : @gieeboys

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sharingnya om, wah masternya turun gunung...
      setuju. mobil ini pada awalnya hanya dibuat sebagai transportasi rakyat. tapi karena kelasnya 323, beratnya ringan + rwd mobil ini potensial buat dioprek. klo saya daripada pasang rotary, mendingan pasang bp atau b6 dohc nya astina/mx5 miata/lantis... capek ganti seal tiap 10rb km soalnya

      Delete
  15. Ane juga punya gan mazda baby boomer thn 94. Tapi emg kelemahannya ya itu kayak yg agan" bilang, gampang OH kalo udh dimacet"an dan cuaca panas bgt. Trus acnya juga kurang dingin kalo dicuaca panas. Padahal udh tambah freon dan pasang ac nmr 3. Tapi kurang berasa om. Sama minus dilampu om, menurut ane lampu depan dari mobil ini posisinya terlalu menyorot ke atas, sehingga jadi krg terang untuk kejalan.dan terakhir body gampang berkarat karna kaleng gan hehs Selebihnya ane udh bawa pulang ini mobil jakarta-medan 2x gak pernah masalah/mogok dijalan gan. Tahun lalu bawa avanza malah mogok.trimsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantab, memang ada harga ada rupa tapi percaya ga percaya mobil ini menawarkan lebih dari apa yang dibayar.
      moga awet dan sehat terus gan boomernya

      Delete
  16. Pengalaman sy,bapak saya pernah pny Baby Boomer thn 1993 itupun mobil pertama,kejadian tegangnya patah baut roda ditol krn slek maklum dah uzur. Pp jakarta-solo ±1:12 bensinnya. Plg ke jkt geber 110km/jam lawan peugeuot krn "bawel" itu mobil😁. Mobil kedua MR90 keluaran 1991 ayah sy paling suka mesinnya krn dapen alus bener,syg ban kanan dpn bocor serep bocor dan mekanik kunci kontak dol. Yg ketiga/terakhir sm2 MR tp thn 1992 mobil "paling buruk" seumur hidup itu, rem rada blong,mesin ga stabil,nap roda kiri depan slek semua. Dl biru muda agak hijau lalu timpa white doff pk dana paint top color. Banyak dandan tp malah jual rugi. Yg 1991 sm 1992 jual rugi tp baby boomer jual mahal. Top lah ini mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. parah amat ya 😁
      denger MR90 biru muda kok jadi inget MR90 yang dulu pernah dikasih ke TNI AU.

      Delete
  17. Ah emang rewelan.. Susah di stel.. Maklumlah barang murah mau sampai dimana yaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, ada harga ada rupa. tapi kalau dikasih kesempatan, saya pingin lho punya MR90 direstorasi kekondisi seorisinal mungkin termasuk stiker "assembled by indoswedish" dikaca belakang.

      terus mobilnya dipake slalom karena wheelbase yg pendek + rwd dan posisi nyetirnya yang enak karena sedan.

      Delete
  18. BLOG WALKING

    http://www.mblreg1.ml/2017/10/hall-of-fame.html

    ReplyDelete