Suzuki Carry 1000 ST100

Suzuki Carry 1000 adalah mobil pick up dan van/minibus yang diproduksi oleh Suzuki Indomobil Sales antara tahun 1983 sampai 2006. Setelah discontinue, mobil ini bahkan masih bisa dipesan melalui pesanan khusus sampai kira kira tahun 2009. Kepopuleran Suzuki Carry 1000 sebagai mobil ekonomis yang membuatnya masih sangat bisa diandalkan sampai saat ini. Mobil ini dimaksudkan untuk menggantikan Suzuki ST20 atau truntung yang memakai mesin 2 tak. Nama Carry sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti membawa/mengangkut.

Suzuki Carry 1000 ST100 box


Salah satu hal mengapa Suzuki Carry 1000 terkenal sebagai mobil yang awet dan bandel adalah karena mesinnya. Mesin F10A SOHC 970cc dengan karburator ini terkenal bandel dan irit BBM. Selain spare part mesin F10A ini harganya murah dan sangat mudah dicari karena juga dipakai pada mobil Suzuki lainnya seperti Forsa dan Katana. Tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan mesin ini hanyalah sebesar 44Hp pada 5.300Rpm dan torsi puncak 75Nm pada 3.200Rpm. Walaupun kecil namun angka segitu sudah lebih dari cukup untuk mengangkut barang asal tidak terlalu overload.


Pertama keluar tahun 1984 dengan lampu bulat. Suzuki Carry ini kemudian dikenal dengan nama Carry Bagong di beberapa daerah. Pada tahun 1986, muncul versi facelift dengan bentuk lampu yang berbentuk trapesium. Sayangnya karena lampu depannya langka, tidak sedikit yang malah mengganti dengan lampu bulat model sebelumnya. Terakhir pada tahun 1988 muncul Suzuki Carry 1000 dengan lampu kotak dan bagian depan yang sedikit lebih maju. Carry ini kemudian diberi julukan Carry Extra sesuai pada tulisan yang ada di pintu jendela depan. Pada akhir dekade 80an ini, Suzuki Carry Extra dilengkapi dengan spion besar yang memiliki tangkai dibagian atas.

Suzuki Carry 1000 bagong


Pada awalnya, Suzuki Carry 1000 hanya dijual dalam bentuk pickup dan chasis untuk dijadikan minibus atau angkot oleh perusahaan karoseri. Namun memasuki tahun 2000, Indomobil akhirnya ikut tergiur memasarkan Suzuki Carry 1000 dalam bentuk minibus dengan nama PV 1.0. Nama PV sendiri merupakan singkatan dari Personal Van. Carry PV 1.0 ini bisa dikenali dari jendela belakang baris ke2 dan ke3 bertipe geser dan pintu belakang yang hanya 3/4 seperti Toyota Kijang Super.

Sejak pertama kali diperkenalkan ada banyak perusahaan karoseri lokal yang membuat body minibus untuk Suzuki Carry 1000 ini. Beberapa diantaranya adalah Adi Putro, Alexander, New Armada, ABC, Tugas Anda, Tugas Kita dan sebagainya. Untuk Suzuki Carry 1000 minibus Adi Putro, dipasarkan dengan nama Suzuki Carreta. Ciri khas karoseri Adi Putro ini adalah bodynya yang membulat dengan label Dynamic Round Body. Suzuki Carry Adiputro ini untuk pasaran bekasnya dihargai lebih mahal dibandingkan Suzuki Carry minibus lainnya karena dianggap memiliki kualiatas yang baik.

Kelebihan Suzuki Carry 1000 adalah perawatannya yang mudah dan murah. Setiap bengkel harusnya paham akan Suzuki Carry 1000 ini. Untuk ketangguhannya tidak usah diragukan lagi karena banyak Suzuki Carry yang dipakai sebagai angkot dan masih layak jalan sampai sekarang. Konsumsi BBM mobil ini juga terkenal sangat irit. Untuk rute luar kota rata rata bisa 1:15 sedang dalam kota sekitar 1:13 dengan BBM sekelas premium. Daya angkut lumayan besar bahkan untuk versi minibus bisa sekalian ajak tetangga jalan jalan plus oleh-oleh karena rata rata muat 9 orang penumpang. Harganya yang lumayan murah cocok bagi yang kantongnya pas pasan.

Kelemahan Suzuki Carry 1000 adalah suspensi lumayan keras karena bagian belakang masih mengandalkan per daun seperti mobil barang. Tenaga juga terasa sangat kurang apalagi katika dipasang AC dan AC dihidupkan. Selain itu karena mesin kolong tepat dibawah jok depan, kadang panas mesin bisa menyusup masuk ruang kabin. Selain itu mobil juga terasa limbung karena tinggi.

Spesifikasi Suzuki Carry 1000 ST100 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Carry 1000 ST100
Jenis Pickup / Minibus
Tipe ST100
Mesin F10A SOHC 1000cc
Bore X Stroke 65.5 X 72.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 1.940 mm
Panjang 3.530 mm
Lebar 1.465 mm
Tinggi 1.720 mm


Comments

  1. Memang sangat ekonomis...apalagi untuk keluarga kecil yg beranggotakan 5 orang...kemana2 bisa terangkut semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, 9 orang aja masih muat. kalau cuma 5 orang, yang duduk dibaris ke2 masih nyaman karna ruang kakinya lega. blom lagi kalai pulang kampung masih bisa borong oleh2 buat tetangga sekomplek.

      Delete
  2. Replies
    1. Bang berapa kapasitas tangki carry bagong?

      Delete
  3. Saya punya mobil carry 85 tolong beri informasi perawatan yang baik soalnya kalau jalan agak nyendak dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil seperti carry ini asal ada api sama bensin sudah bisa jalan sebenarnya. perawatannya mudah aja, filter bersih, oli 20w-50, karbu bersih, busi ganti pas waktunya dijamin mesin f10a mobil ini bakal siap diajak keliling dunia.
      soal nyendak (mksudnya nyendal kan?) bisa saja dari stelan platina, busi minta ganti, atau juga stelan karbunya.. cmiiw

      Delete
    2. Gan sy punya carry podojoyo th 93 mesin normal dan gk pernah rewel sampe skrg kir2 dh 8bln sy beli. Sy mau tany gmn cr merawatnya mesinnya biar awet untuk gnti oli hrs brp bln dn kosumsi bbm nya brp? sy tggl d pedesaan. Trimakasi

      Delete
  4. Dulu bapak saya pernah punya Carry, sekarang udah ganti Honda City. Yg paling saya kenang dari mobil ini, walaupun tangguh melibas jalan rusak, ujung2nya badan sakit semua. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan irit... duit bensin bisa dipake buat pijet... hehehe

      Delete
  5. Mobil irit dan bertenaga... walau gobyoss d kemacetan.. saya suka saya suka

    ReplyDelete
  6. saya punya carreta 97 : anak 4 joss mantaf

    ReplyDelete
  7. sy masih miara carry extra alexander 97, tipikal sy banget.. sederhana, bandel, kuat, irit.., buat kondangan ke gunung sama keluarga besar, buat jalan2 ke pantai, buat belanja dagangan ke kota .. terobos hujan dan banjir lancar jaya gak ada masalah... dan bisa kita utak-atik sendiri krn mesinya sederhana..

    ReplyDelete
  8. Carry memang mwntep dch saya punya adiputro thun 90

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adiputro karoseri bagus tuh... kalau kata teman saya minibus kalo bukan Adiputro = jelek

      Delete
  9. saya punya carry minbus tahun 1990 karosesri tugas anda, sampe sekarang mesin tetap OK .. tapi sudah 4 tahun mobil nganggur mau dijual sayang bnayak kenangan indah bersama suzuki carry super minibus

    ReplyDelete
  10. mohon info kalau ada komunitas penggemar suzuki carry pengin banget ikut bergabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suzuki Carry Club Indonesia/SCCI.
      Lihat di fb, sdh ada pengurusnya sampai ke daerah2.

      Delete
  11. yup ...ikutan juga dong klo aada komunitas suzuki carry 1000 minibus...

    ReplyDelete
  12. Mntap ku punya carreta1000 thn 96

    ReplyDelete
  13. Mntap ku punya carreta1000 thn 96

    ReplyDelete
  14. Konsumsi carry 1.5 karbu 2003 normalnya brapa gan?

    ReplyDelete
  15. Komunitas carry ada bos, suzuki carry club indonesia...scci
    Cari di fesbuk dgn kata kunci itu

    ReplyDelete
  16. saya punya suzuki carry 89.ke kebon oke.ke desa oke.ke kota lanjut.

    ReplyDelete
  17. Saya sopir carry ini. Mobil milik sekolah, karna newbie sy bingung olinya ukuran brp liter ya? Trs seal di tutup olinya itu jebol semua, apakh ada yg jual seal nya...trs ganti olinya itu tiap berapa kilometer ya? Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oli Carry 1000 (juga Katana, Forsa sampai Karimun) cukup pakai 10W-40 3,5 liter. soal seal, gampang lah. tinggal bawa aja contohnya ntar yang jaga toko tau.

      Delete
  18. Pingin minang Carry 10 2001 mantan angkot, mudahan barang nya masih ome

    ReplyDelete
  19. Saya punya cery thn 84 saya buat kerja nyales alkhdllh gk pernh rewel tp baru dpt 3 bulan tlng infonya biar awet mesin biar gk rewel ap yg kita utamakan atw rawatan yg penting tiap harinya om tlng mntk infonya

    ReplyDelete
  20. Jadi yg terbaik emang Adiputro ya?

    ReplyDelete
  21. Adipotro is best pny q carry careta 1996 ..tiap hr d pakai belanja k pasarr..mantapp

    ReplyDelete
  22. Bedanya carry adiputro dan karoseri alexander itu apa ya.. ? Lebih bagus mana... ?Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda yang buat sama model (mski beberapa ada yang sama berhubung sama-sama resminya). adiputro yang populer modelnya membulat tapi ada juga adi putro versi atap trepes, belakangnya membulat lampu belo (tergantung tahun). alexander yang populer pintu belakangnya model sedan (bukan akses keluar masuk penumpang tapi cuma barang). ada juga yang atap tinggi mirip katana, pintu belakang model kijang super sama hatchback. bagus mana sama saja sepertinya, tapi yang favorit buatan adi putro.

      Delete
  23. Gan?... saya punya mobil adi putro 1992,kalau pakai oli s20w-50.bisa ?...makasih

    ReplyDelete
  24. Gan sy punya carry podojoyo th 93 mesin normal dan gk pernah rewel sampe skrg kir2 dh 8bln sy beli. Sy mau tany gmn cr merawatnya mesinnya biar awet untuk gnti oli hrs brp bln dn kosumsi bbm nya brp? sy tggl d pedesaan. Trimakasi

    ReplyDelete
  25. gan no rangka carry extra tahun 88 sebalah mana ya?

    ReplyDelete
  26. Saya pakai carry 94, panca tunggal bekas angkot...di modiv jadi pick up

    ReplyDelete
  27. Kapasitas olinya brapa liter ya?

    ReplyDelete
  28. selamat siang semua
    mau tnya harga carry 1000
    yg masih joss ke luar kota
    harga nya ksaran barapa ??
    mkasih

    ReplyDelete
  29. selamat siang semua
    mau tnya harga carry 1000
    yg masih joss ke luar kota
    harga nya ksaran barapa ??
    mkasih

    ReplyDelete
  30. Gan kalau carry st 100 muat berapa kuintal ya dalam jumlah barang? ��

    ReplyDelete
  31. Kapasitas tanki bensine berapa liter suzuki cary 1.0?broo

    ReplyDelete
  32. Saya punya carry st100 tapi nda tau seri apa tahun 1994 pintu 4 dg belakang 3/4 akses penumpang
    Kalau mau tahu jenisnya buatan karoseri apa bagaimana ya kak? Apakah kalau bukan adiputro itu tidak bagus dari segi mesin dan lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karoseri tidak pengaruh sama mesin. Paling hanya kualitas bodynya saja. Untuk karoseri mana kalau tidak ada gambarnya sulit juga untuk identifikasinya.

      Delete
    2. Sebenernya ngidem sama pickup carry 1.0, pas ada yg cocok waktu coba masuk kabin kaki g masuk, dengkul masih mentok sama dasboard padahal udah posisi mengemudi. Kalo posisi dengkul lurus harus diangkat, tinggi tubuh 178

      Delete

Post a Comment