Suzuki Grand Escudo 1.6 & 2.0 SE416 & SE420

Suzuki Grand Escudo 2.0

Setelah cukup sukses dengan trio Vitara, Escudo dan Sidekick diera 90an, Indomobil Suzuki kembali melanjutkan medium SUV ini dengan menghadirkan Grand Escudo 1.6 pada tahun 2001. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memakai 3 nama sekaligus, Suzuki kini hanya memakai nama Escudo untuk SUV ini. Nama Escudo diambil dari nama mata uang Portugal sebelum digantikan oleh Euro.

Desain baru Escudo ini menjadi lebih membulat dan stylish dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang tampil serba kotak. Khas Suzuki di Indonesia yang memberikan fitur lebih dibanding merk lain, Escudo ini tampil makin berisi dengan overfender dan side mould di sekujur bodinya yang membuatnya makin gagah. Interiornya masih berasa seperti generasi sebelumnya namun terasa lebih mewah dengan desain dashboard sporti. Masih dengan format SUV 5 penumpang membuat bagasinya lumayan besar dibandingkan dengan SUV 7 penumpang dimasanya dikarenakan ban cadangannya berada diluar.

Pertamakali diperkenalkan, Escudo baru ini dibekali dengan mesin 1600cc Suzuki G16B 4 silinder SOHC 16 valve yang masih mirip dengan pendahulunya. Bedanya, kali ini Suzuki membekali mesin ini dengan multipoint fuel injection. Untuk menggerakkan roda belakang, Suzuki menggabungkan mesin ini dengan transmisi manual 5 percepatan saja. Untuk versi mahalnya, diberikan mesin 2000cc Suzuki J20 4 silinder DOHC 16 valve dengan multipoint injection. Mesin 2000cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 127Hp pada 6000Rpm dan torsi 182Nm pada 3000Rpm. Khusus untuk mesin J20 ini, diberikan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Walau terdapat pilihan mesin yang lebih besar, sayang tidak ada lagi varian 4WD seperti Suzuki Vitara.

Model pertama dari SUV 5 penumpang ini memiliki ciri berupa grill palang 3 horizontal dan tidak adanya fog lam di bumper karena tempat foglampnya tertutup. Velg yang digunakan menggunakan velg alloy palang 6. Dibagian belakang tempat rear foglamp juga tidak tersedia karena tertutup. Pada bagian interiornya bentuk dashboardnya terkesan masih mirip dengan pendahulunya dengan desain serba membulat dan kisi AC tengah bersebelahan. Pada tahun 2003 Grand Escudo mengalami minor facelift dengan beberapa perubahan. Dibagian depan grill berubah menjadi lebih sederhana dengan palang dilapis dengan chrome. Dibagian bumper depan dan belakang terdapat foglamp. Velg yang digunakan berubah menjadi alloy palang 5. Dibagian interior terdapat perubahan berupa dashboard yang lebih mewah dengan desain baru yang terasa lebih proporsional dengan kisi AC tengah di samping kanan kiri head unit.

Secara fitur, Grand Escudo ini memiliki fitur yang tergolong sangat lengkap dibanding SUV Jepang lainnya. Versi terendah sudah memiliki optitron meter cluster, AC dan ventilasi yang diatur secara elektrik serta memilki sensor kualitas udara, lampu kabin dilengkapi dengan dimmer, immobilizer key, wiper dengan intermirrent dengan interval waktu yang dapat diatur dan wiper belakang dengan intermirrent. Untuk versi 2000cc diberi tambahan berupa interior yang lebih mewah dengan jok kulit dan sebagainya serta ABS untuk peranti keselamatan walau belum ada airbag. Dibagian eksterior diberi tambahan berupa penutup ban cadangan serta spion tanduk. Fitur yang lebih lengkap sebetulnya ada namun terbatas hanya untuk Suzuki Escudo XL-7.

Lebih lanjut tentang Suzuki Grand Escudo XL-7

Kelebihan Suzuki Grand Escudo adalah interiornya mewah dan serba nyaman baik untuk penumpang depan maupun belakang. Tampilan eksteriornya berkesan metroseksual sehingga dipakai main ke pelosok masih oke namun untuk dilayani valet parking di hotel masih pantas. Tenaga mesinnya terkesan besar terutama untuk varian bermesin 2000cc. Secara umum, baik mesin terutama untuk mesin 1600cc nya serta kaki-kakinya terkenal bandel.

Kelemahan Suzuki Grand Escudo versi Indonesia adalah tidak adanya varian 4WD seperti Suzuki Vitara yang muncul pada awal 90an. Konsumsi BBM mobil ini juga terkenal agak boros mengingat beratnya yang mencapai 1,3 ton lebih. Rata-rata dalam kota berkisar antara 1:7 sampai 1:8. Lainnya, walau terasa nyaman namun interiornya terasa sempit mungkin karena kesan aksesori bodi serta door trim yang tebal.

Spesifikasi Suzuki Grand Escudo SE416 & SE420 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Grand Escudo SE416 & SE420
Jenis Jip
Tipe SE416 & SE420
Mesin G16B SOHC 16 valve 1590cc (SE416)
J20 DOHC 16 valve 1995cc (SE420)
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm (G16B)
84.0 X 90.0 mm (J20)
Sistem Bahan Bakar Multipoint injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (J20)
Wheelbase 2.479 mm
Panjang 4.178 mm
Lebar 1.781 mm
Tinggi 1.709 mm


Comments

  1. Kalo yf xl 7 itu brp cc ya gan? Request artikelnya dong :D thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang XL7 2500cc V6. itu linknya diatas, atau ini http://www.mobilmotorlama.com/2015/11/suzuki-grand-escudo-xl-7.html

      Delete
  2. Kalo yg 2.0 thn. 2005 itu konsumsi bbm nya boros gak ya....? Kan katanya udah injeksi...
    Perbandingannya dgn yg 1.6 lebih irit mana ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sering luar kota atau jalannya nanjak-nanjak yang 2000cc lebih irit rasanya (tenaganya lebih dan ada terus > lebih jarang injek pedal gas dalam-dalam > bensin lebih irit)

      Delete
  3. Kalau yg tipe SE 420 sebenarnya msuk dlam cluster seri yg mana y gan??
    Trutama dari segi engine ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya saya membuat kesalahan. Setelah ditelusuri lebih lanjut, versi SE Escudo generasi ini adalah rakitan Indonesia sementara SQ versi luar (3 pintu).

      Delete
  4. utk gardan escudo 1.6 dengan 2.0 apakah sama?

    ReplyDelete
  5. Sy pakai escudo 2.0i tahun 2001 selama hampir 9th an..mesinnya bandel brow

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaakah mesin 2.0 i itu boros pak?

      Delete
    2. apaakah mesin 2.0 i itu boros pak?

      Delete
    3. Yang penting tergantung orangnya dlm pemakean keras apa kalem..boros dan tdk nya bbm....pak bos

      Delete
    4. Sejak 2010 sampai sekarang (2022), Saya masih pakai 2000cc. KM sudah mencapai 311.000. Wkwkwk. Sering jalan, tapi Tetap BANDEL.

      Boros atau enggaknya, Saya sepertinya gk kepikiran disana. Yang penting, Saya merasa mobil yang satu ini Bandel betul (5 Tahun gk pernah cek kaki-kaki, padahal jalan jauh terus). Sebenarnya gk terlalu boros juga, kalau dibandingkan competitornya (Jgn dibandingkan dengan City Car. Hehe). Ya, paling tidak sesuailah minyak yang dikeluarkan sama tenaganya.

      BTW, sepertinya mobil ini dirancang untuk muatan penuh. Kalau sendiri, shock terasa keras. Tapi kalau berisi penuh, jadi empuk. Wkwkw

      Delete
  6. Sy pake escudo 1.6 XC minta ulasannya singkat om

    ReplyDelete
  7. Saya baru mau beli yg thn 2002 kira2 bagus gak yaj

    ReplyDelete
  8. Saya juga baru dapat esmade thn 2000.pemakaian 2001.mungkin ada saran dan masukannya dari para Suhu🙏. Kondisi full Ori semua.

    ReplyDelete
  9. Klo sy simak spesifikasinya cocok tp pas lihat konsumsi bensin boros jd mikir lagi.
    Apa iya escudo jlx boros..?

    ReplyDelete
  10. Kapasitas tangki bbm berapa liter ya pak. Saya baru dapat tahun 2001 matic

    ReplyDelete
  11. Klo sm crv 2.0 mending mana pa bos?

    ReplyDelete
  12. Yg 2000 CC menurut saya tdk boros,..

    ReplyDelete
  13. Ya, soalnya yang 2000cc rasaya pas seperti didesain untuk mobilnya sementara yang 1600cc rasanya underpower jadi harus memperbanyak bensin yang dibakar untuk kompensasi tenaganya yang kurang.

    ReplyDelete
  14. Mau tanya dong, sebelumnya saya pernah pakai Vitara Jlx dari 1992 s/d 2010 (18 tahun) dan Sekarang saya ada rencana mau beli Escudo 2.0 2003/2004, apa sudah ada tilt steering & telescopic nya? Terima Kasih

    ReplyDelete
  15. Man nanya dong, saya pke escudo 2.0,kalau pake AC mobil, mesin nya sering mati kenapa ya, padahal setelahnya low aja, Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Juragan. Mau tanya nih. As roda belakang escudo xl7 dengan escudo 1,6 apakah sama as roda nya juragan..

    ReplyDelete
  17. Permisi tanya: jika timing belt Escudo/Grand Escudo putus, apakah klep dan piston bengkok/rusak? Terima kasih

    ReplyDelete
  18. Kapasitas oli mesin, oli transmisi manual, dan oli gardan masing2 berapa liter bang, untuk escudo 20?

    ReplyDelete

Post a Comment