Suzuki Every GA413

Suzuki Every CBU Jepang

Sebelum munculnya Suzuki APV, di Indonesia Suzuki sempat menjual mobil "contoh" sebagai tes pasar akan mobil berbentuk seperti APV. Mobil yang pertama kali masuk sekitar 2003 dan hanya dijual sampai sekitar 2004 ini diberi nama Suzuki Every yang sepintas merupakan Carry JDM minibus. Sedikit berbeda dengan Carry yang beredar di Indonesia, Suzuki Every ini berbeda dengan versi kei truck (pickup) nya dengan beberapa ubahan dibagian kaki dan transmisi.


Mobil ini pada awalnya merupakan mobil spesifikasi JDM dengan nama Suzuki Every Landy yang kemudian dibawa ke Malaysia. Disana, unit sisa yang tidak laku kemudian diekspor ulang ke Indonesia setelah mengalami beberapa penyesuaian seperti pemasangan emblem serta tuning mesin dan catalytic converter untuk menyesuaikan kualitas BBM yang lebih rendah bersamaan dengan Suzuki Jimny Caribian. Total hanya ada sekitar 550 unit saja yang dijual di Indonesia.


Model mobil seukuran Carry 1000 ini terlihat cukup keren bila dibandingkan dengan mobil cab over yang banyak beredar di Indonesia seperti Carry Futura misalnya. Bentuknya masih terlihat seperti minibus roti tawar kata beberapa orang walau bagian depannya sudah punya moncong. Karena ukurannya yang mirip, tidak sedikit orang yang menganggap mobil ini merupakan Karimun 7 seater atau Karimun melar.

Mesin yang digunakan mobil ini sama seperti mesin Jimny Caribian dan Carry Futura 1.3 dengan kode G13. Mesin ini memiliki konfigurasi 4 silinder segaris SOHC 16 valve pendingin air dengan pemasok bahan bakar injeksi. Mesin ini terletak dibawah jok depan sementara dibalik bonnetnya hanya terdapat radiator, oil cooler, tangki washer wiper, tangki minyak rem, motor wiper dan dongkrak. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi otomatis 4 percepatan tanpa ada pilihan transmisi manual di Indonesia untuk varian yang dijual oleh Indomobil.

Sebagai mobil dengan spesifikasi JDM, fitur yang tersedia pada mobil ini cukup banyak. Sun roof besar, jok tengah model captain seat, electric power steering, single air bag di depan, sabuk pengaman sampai baris ke 3, AC double blower yang kisinya terletak diatas jendela dan sampai ke baris ke3, power window, central lock yang bisa diaktifkan lewat remote menjadi fitur standar pada mobil ini. Di bagian eksteriornya, velg yang digunakan sudah alloy tidak seperti versi JDM atau Malaysia yang masih kaleng, spoiler belakang, wiper belakang, defoger belakang, pintu samping belakang sudah menganut model sliding door, dan lampu kabut dibagian depan. Dibandingkan dengan MPV (Minibus) lainnya dimasanya, bisa dibilang Every memiliki fitur yang sangat lengkap bahkan kalau dibandingkan dengan MPV kelas diatasnya.

Kelebihan Suzuki Every adalah fiturnya yang sangat lengkap serta build quality Jepang yang sesungguhnya. Mesinnya cukup tangguh seperti Suzuki Carry pada umumnya dan irit dimana konsumsi BBM nya bisa mencapai 1:12. Populasinya yang sedikit juga membuatnya berpeluang menjadi mahal dimasa depan selama semuanya masih standar.

Kelemahan Suzuki Every ada pada sparepart slow movingnya yang walau masih bisa dipesan melalui dealer resmi Suzuki, namun masa indent nya cukup lama. Bagasi mobil ini cukup kecil bila jok baris ketiganya dinaikkan. Suspensinya cukup keras dan baru terasa empuk dan nyaman kala mobil ini diisi penuh penumpang. Transmisi mobil ini juga cukup menghentak dan sering pindah gigi karena rasionya ayng pendek.

Spesifikasi Suzuki Every GA4133 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Every GA413
Jenis Minibus
Tipe GA413
Mesin G13B SOHC 1300cc
Bore X Stroke 74.0 X 75.5 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.350 mm
Panjang 3.675 mm
Lebar 1.505 mm
Tinggi 1.905 mm

1 Response to "Suzuki Every GA413"

  1. Pernah dapati every dijual disitus jubel online dgn transmisi manual..itu diganti / gmn pdhl info diatas yg dibawa indomobil semua A/T

    ReplyDelete